Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Analisa dan Desain dalam Penelitian
Nur Cahyo Wibowo, SKom, MKom
2
Analisa dan Desain Bab ini menjelaskan tentang :
Deskripsi kebutuhan dan Rancangan solusi sistem (software/ aplikasi) yang akan dibuat.
3
Deskripsi Kebutuhan Menjelaskan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak.
4
Spesifikasi Kebutuhan
Spesifikasi bisa berupa dokumen tertulis, model grafis, model matematika, skenario penggunaan, prototype, atau kombinasi diantaranya. Menyajikan dasar untuk rekayasa h/w, s/w, database dan manusia. Menjelaskan fungsi dan kinerja Sistem Berbasis Komputer yang akan dibuat. Juga menjelaskan informasi tentang input dan output sistem.
5
Model Pembagian Fungsi
6
Pemodelan Sistem
8
Pemodelan Data Memodelkan data, atribut dan relasinya.
9
Model Relasi Data
10
Kardinalitas Relasi
11
Contoh ERD
13
Model Aliran Informasi
14
Diagram Transisi Keadaan
15
Dokumen Hasil Analisa Kebutuhan
Diagram fungsi sistem (semacam menu). Flowchart sistem. ERD (CDM). Context Diagram. DFD.
16
Desain Sistem
17
Proses Desain Desain yang baik: Mengakomodasi semua kebutuhan sistem.
Dapat dibaca & dipahami. Menyajikan gambaran utuh perangkat lunak : data, fungsi, tingkah laku.
18
Isi Dokumentasi Desain
Ruang lingkup desain berdasar spesifikasi sistem. Desain data database, file. Desain arsitektur. Desain antarmuka. Desain komponen. Batasan desain ex. memori. Data tambahan algoritma, data tabular, dll
19
Desain Data Menerjemahkan ERD di tahap analisa kebutuhan menjadi model data/ informasi dalam sudut pandang pengguna atau customer. Tambahan: Dalam Power Designer dikenal sebagai Physical Data Modelling (PDM).
20
Desain Arsitektur Arsitektur perangkat lunak adalah struktur sistem yang menggambarkan komponen perangkat lunak, properties-nya dan relasi diantaranya. Arsitektur perangkat lunak terdiri dari desain data dan desain arsitektur.
21
Gaya Arsitektur Data centered
22
Gaya Arsitektur Data flow
23
Gaya Arsitektur Call and return : menggambarkan hubungan antara program utama dan sub program. Object oriented : membungkus data dan operasi menjadi satu Class. Berlapis/ layered.
25
Desain Antarmuka Aturan “emas”: Catatan: bukan capture aplikasi.
Tempatkan user dalam kendali. Kurangi penggunaan memori oleh user. Buatlah antarmuka yang konsisten. Catatan: bukan capture aplikasi.
27
Desain Level Komponen Disebut juga desain prosedur.
Desain data, arsitektur, dan antarmuka harus diterjemahkan menjadi perangkat lunak yang bisa dijalankan. Bentuknya: Notasi grafis : flowchart. Notasi tabular : tabel. Program Desain Language : pseudocode.
28
Contoh Flowchart
29
Contoh Pseudocode
30
Dokumen Hasil Desain Desain arsitektur sistem. Desain database (PDM).
Kamus data (penjelasan struktur tabel database). Desain antarmuka (form). Desain proses (pseudocode).
31
Kesimpulan Bagian analisa dan desain yang baik berisikan:
Deskripsi kebutuhan sistem Perancangan sistem Arsitektur sistem. Perancangan Basis Data CDM PDM atau class diagram Kamus data Perancangan Proses Diagram Konteks (/use case). DFD minimal level 2 (/diagram-diagram UML). Perancangan antarmuka. Rancangan antarmuka. Pseudocode/ flowchart proses-proses utama.
32
Sumber Pustaka Slide Kuliah RPL, Nur Cahyo Wibowo.
Panduan Skripsi Progdi SI 2010.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.