Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehZaka Jack Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
JULI ASWAN NUGROHO, 2501404124 Ekspresi Musikal Rasta Lines Band Semarang dalam Pementasan Musik
2
Identitas Mahasiswa - NAMA : JULI ASWAN NUGROHO - NIM : 2501404124 - PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Musik) - JURUSAN : Seni Drama, Tari, dan Musik - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - EMAIL : popo_juelex pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Slamet Haryono, M.Sn - PEMBIMBING 2 : Drs. M. Muttaqin, M.Hum - TGL UJIAN : 2009-03-10
3
Judul Ekspresi Musikal Rasta Lines Band Semarang dalam Pementasan Musik
4
Abstrak Rasta Lines Band Semarang merupakan sebuah grup band yang pertama kali beraliran reggae, khususnya di kota Semarang. Selain itu Rasta Lines juga sudah terkenal dalam kancah dunia pertunjukan musik khususnya Semarang. Popularitas grup ditandai dengan seringnya Rasta Lines Band diundang menjadi bintang tamu dalam acara musik yang diselenggarakan oleh EO (Event Organizer) kota Semarang. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk ekspresi musikal dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ekspresi musikal Rasta Lines Band dalam pementasan musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan faktor-faktor yang mempengaruhi ekspresi musikal Rasta Lines band dalam pementasan musik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Civitas Akademika sebagai informasi dalam pengembangan penelitian selanjutnya. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini berisi uraian tentang ekspresi yang mencakup “tempo, dinamik, warna nada”, unsur-unsur musik yang mencakup ”harmoni, irama, melodi, bentuk lagu, ekspresi, tempo, dinamik, warna nada” dan musik reggae yang mencakup sejarah musik reggae, musisi reggae, bentuk lagu reggae. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang Ekspresi Musikal Rasta Lines Band Semarang Dalam Pementasan Musik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model air, yaitu Reduksi data, Sajian data, dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa dari semua pementasan musik yang dilakukan oleh Rasta Lines Band Semarang, sudah dilakukan dengan ekspresi yang baik, karena dalam pementasannya Rasta Lines berusaha memperhatikan tempo, mengekspresikan dinamika, dan memilih warna nada dengan sangat hatihati, sehingga menyebabkan audien tertarik dan merasa ingin menonton musik yang dibawakan Rasta Lines. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekspresi musikal Rasta Lines band Semarang sudah dilakukan dengan baik, karena dalam pementasannya Rasta Lines berusaha memperhatikan tempo, mengekspresikan dinamika, dan memperhatikan warna nada dengan sangat hati-hati, sehingga audien tertarik dan merasa ingin menonton musik yang dibawakan Rasta Lines. Berdasarkan simpulan, disarankan kepada Rasta Lines Band agar: 1) Rasta Lines Band dapat menjaga kualitas penampilannya dengan tidak menyepelekan hal-hal yang dapat mempengaruhi ekspresi musikal seperti proses latihan yang teratur untuk mempersiapkan materi, kekompakan, gaya, dan menyusun strategi untuk performen mereka. 2) Rasta Lines band dalam menyajikan musik dapat lebih berinteraksi dengan penonton salah satunya dengan mengajak penonton untuk bernyanyi. 3) Rasta Lines diharapkan agar sering menonton sebuah pertunjukan musik baik itu lokal maupun luar daerah yang tergolong profesional.
5
Kata Kunci ekspresi musikal, pentas musik
6
Referensi Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT.Bima Aksara. Andra. 2006. Cool Buckle For Boys. Jakarta : Aneka. Avolites, catalog. 2004. Avolites. England : Avolites. Bastomi, Suwaji. 1992. Apresiasi Kesenian Tradisional. Semarang : Semarang Press. Bayyin. 2005. Park City Live Concert. Jakarta : Audiopro. Edmund Prier, Karl. 1988. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Hadi, Sutrisno. 1985. Seni Musik. Klaten : PT. Intan Pariwara. Hardjana, S. 1983. Estetika Musik. Jakarta : Depdikbud. Harmunah. 1987. Musik Keroncong. Yogyakarta : PML Harymawan, RMA. 1988. Dramartugi. Bandung : CV ROSDA Hornby, AS, 1987, Oxford Advanced learners Dictionary of Current. English. Oxford University Press Jamalus. 1988. Musik dan Praktek Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jakarta : CV. Titik Terang. _______. 1998. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta : Depdikbud. Jazuli, M. 2001. Manajemen Produksi Seni Pertunjukan. Yogyakarta : Yayasan Lentera Budaya. _______. 1994. Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang : IKIP Semarang Press. Josep, Wagiman. 2001. Teori Musik Dasar. Semarang Koentjaraningrat. 1991. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : PT. Gramedia. Kusmayati, Hermin. 2000. Arak-Arakan Seni Pertunjukan dalam Upacara Tradisional di Madura. Lestari, Wahyu. 1993. Teknologi Rias Panggung. Hand Out: IKIP Semarang Press. Maryoto. 1989. Sejarah Musik. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi. Moleong. 1989. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya. Nazir, Moh. 1983. Metode Penelitian. Semarang : Ghalia Indonesia. Prier, KE, Sj. 2000. Menjadi Dirigen II: Membentuk Suara. Yogyakarta: PML. Purwodarminto. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Poerwasoenoe, titi da Moc Djon. 1984. Tata Rias Wajah, Panggung Pentas. Jakarta: Karya Utama. Rochaeni. 1989. Seni Musik III. Bandung : Ganesa Exact. Rohidi. 1993. Analisis Data Kualitatif dalam Matthew M. Milesdan A Michael Huberman (terjemahan). Jakarta: UI Press. Sudarsono, 1991. Pendidikan Seni Musik. Jakarta : Departemen P&K. Sukohardi, 1987. Teori Musik Umum. Yogyakarta : PML. Sumardjono, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung: ITB. Sunarko, Hadi. 1985. Seni Musik. Klaten: PT. Intan Pariwara. Tim Penyusun, 2000. Buku Informasi: Semarang. UNNES. Walgito. 1994. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Psikologi UGM. Widya, Emir. 2004. Watt Vs SPL. Audiopro. Jakarta: Media Audio Profesional. http // www.indoreggae.com. Musik Reggae. 2008.
7
Terima Kasih http://unnes.ac.id
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.