Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA SISTEM Rekayasa Perangkat Lunak
2
Cakupan Materi Pengertian rekayasa sistem Pemodelan sistem
Hierarki sistem Bussiness Process Engineering Arsitektur sistem Perencanaan strategi infomasi Penentuan tujuan dan sasaran Analisis area bisnis Rekayasa produk Pemodelan sistem dengan UML
3
Rekayasa Sistem Elemen sistem berbasis komputer : Software Hardware
People Database Documentation Procedures Sistem : Hierarki dari elemen makro
4
Pemodelan Sistem Menentukan proses yang melayani kebutuhan sesuai dengan konsideran yang ada. Menampilkan perilaku proses dan asumsi dimana perilaku itu berada. Secara eksplisit menentukan input exogen (dari Luar) dan endogen (dari dalam) pada model. Menampilkan seluruh kaitan (termasuk output) yang memungkinkan engineer mempunyai pemahaman yang lebih baik.
5
Hierarki
6
Bussiness Process Engineering
Menggunakan sekumpulan prosedur, metode dan tool yang terpadu untuk menentukan bagaimanan sistem informasi dapat memenuhi tujuan strategis perusahaan. Fokus pada perusahaan, baru kemudian ke area bisnis.
7
Bussiness Process Engineering
Menciptakan model enterprise, model data dan model proses. Menciptakan bingkai kerja untuk distribusi dan kontrol manajemen informasi yang lebih baik
8
Arsitektur Sistem Tiga arsitektur yang berbeda harus dianalisis dan didesain dalam konteks tujuan bisnis: Arsitektur data Arsitektur aplikasi Arsitektur teknologi Arsitektur data menyediakan bingkai kerja untuk kebutuhan infromasi dari bisnis atau fungsi bisnis
9
Arsitektur Sistem Arsitektur aplikasi mencakup elemen-elemen sistem yang mentransformasi objek dalam arsitektur data untuk tujuan bisnis Arsitektur teknologi menyediakan pondasi untuk arsitektur data dan arsitektur aplikasi
10
Hierarki Bussiness Process Engineering (BPE)
Information Strategy Planning (ISP) Tujuan strategis ditentukan Faktor sukses/aturan bisnis ditentukan Model perusahaan dibuat Business Area Analysis (BAA) Proses/layanan dimodelkan Inter-relasi proses dan data
11
Hierarki BPE Application Engineering RPL
Pemodelan aplikasi/prosedur yang merujuk pada BAA dan batasan-batasan ISP Construction and delivery menggunakan CASE dan 4GTs, pengujian
12
Information Strategy Planning
Isu Manajemen Menentukan tujuan bisnis strategis Isolasi critical success factors Melakukan analisis pada pengaruh teknologi Melakukan analisis pada sistem strategis
13
Information Strategy Planning (ISP)
Isu teknis Membuat model data tingkat tertinggi Dikelompokkan berdasar area bisnis/organisasi Memperbaiki model dan clustering
14
Menentukan Tujuan dan Sasaran
Tujuan— pernyataan umum tentang arahan Sasaran— menentukan tujuan yang bisa diukur : mengurangi biaya pabrik pada produk
15
Menentukan Tujuan dan Sasaran
Sub Sasaran: Menurunkan angka reject dengan 20% di dalam 6 bulan pertama Memperoleh konsesi 10% dari supplier re-engineer 30% dari komponen untuk fabrikasi yang lebih mudah selama tahun pertama Tujuan cenderung strategis, Sasaran cenderung taktis
16
Business Area Analysis
Menemukan “pengelompokan fungsi dan data bisnis yang secara natural kohesif” (Martin) Melakukan aktivitas yang banyak sama dengan ISP, tetapi lingkupnya lebih dekat ke area bisnis individual
17
Business Area Analysis
Mengenali sistem informasi yang telah ada sebelumnya/menentukan kompatibilitas dengan model ISP baru Menentukan sistem yang bermasalah Menemukan sistem yang tidak kompatibel dengan model informasi baru Mulai membuat prioritas re-engineering
18
Proses BAA
19
Rekayasa Produk
20
Template Arsitektur Produk
21
Architecture Flow Diagram
22
Pemodelan sistem - Analisis terstruktur
Pemodelan di aliran analisis terstruktur dapat menggunakan Data Flow Diagram (DFD) untuk menggambarkan aliran proses yang ada DFD yang dilakukan hingga level tertinggi (level primitif) maka dapat digunakan sebagai dasar pembentukan desain antarmuka
23
Pemodelan sistem - Analisis terstruktur
DFD juga dapat dijadikan acuan untuk penggunaan data-data yang terlibat dalam sistem DFD juga dapat dijadikan sebagai dasar pembuatan Sistem Requirement Spesifikasi (SRS)
24
Pemodelan Sistem – object oriented (UML)
Deployment diagrams Setiap box 3D menggambarkan elemen perangkat keras yang merupakan bagian arsitektur fisik dari sistem Activity diagrams Menampilkan aspek prosedural dari elemen sistem
25
Pemodelan Sistem – object oriented (UML)
Class diagrams Menampilkan elemen tingkat sistem dalam hal data yang menjelaskan elemen dan operasi yang memanipulasi data tersebut
26
Deployment Diagram
27
Activity Diagram
28
Class Diagram
29
TERIMAKASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.