Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Sesi 2: Primitive Drawing
Achmad Basuki Nana Ramadijanti Fadilah Fahrul
2
Struktur Dasar Perintah
Contents Struktur Dasar Perintah 1 Menggambar Titik 2 Menggambar Garis 3 Menggambar Polyline 4 Menggambar Polygon 5 Mengubah Warna 6
3
1 STRUKTUR DASAR PEMROGRAMAN GRAFIS
4
Struktur Dasar Perintah OpenGL
glBegin(GL_POLA); glVertex2f(koordinat titik 1); glVertex2f(koordinat titik 2); glVertex2f(koordinat titik n); glEnd(); GL_POLA menentukan gambar yang dihasilkan.
5
Macam-macam GL_POLA GL_POINTS Menggambar titik
GL_LINES Menggambar garis GL_LINE_STRIP Menggambar polyline GL_LINE_LOOP Menggambar rangka Polygon GL_POLYGON Menggambar polygon GL_QUADSMenggambar segi 4 GL_QUAD_STRIPMenggambar N segi 4 GL_TRIANGLES Menggambar segi 3 GL_TRIANGLE_STRIP Menggambar N segi 3 GL_TRIANGLE_FAN Menggambar N segi 3 dengan 1 pusat
6
Macam-macam GL_POLA
7
Menggambar Titik Perintah untuk menggambar titik:
glBegin(GL_POINTS); glVertex(pos_x,pos_y); glEnd(); Perintah untuk menggambar banyak titik: glVertex(pos_x_1,pos_y_1); glVertex(pos_x_2,pos_y_2); glVertex(pos_x_n,pos_y_n);
8
Contoh Menggambar Titik
Menggambar titik di koordinat (30,20) glBegin(GL_POINTS); glVertex2f(30,20); glEnd(); 20 30
9
Contoh Menggambar Titik
Menggambar 3 titik di koordinat (30,20), (60,20) dan (60,40) glBegin(GL_POINTS); glVertex2f(30,20); glVertex2f(60,20); glVertex2f(60,40); glEnd(); 40 20 30 60
10
Menggambar Garis Perintah untuk menggambar garis:
glBegin(GL_LINES); glVertex(pos_x_awal,pos_y_awal); glVertex(pos_x_akhir,pos_y_akhir); glEnd(); Perintah ini bisa digunakan untuk menggambar banyak garis, dengan catatan titiknya harus berpasangan dan berurutan.
11
Contoh Menggambar Garis
Menggambar garis dari koordinat (30,20) ke (60,40) glBegin(GL_POINTS); glVertex2f(30,20); glVertex2f(60,40); glEnd(); (60,40) (30,20)
12
Contoh Menggambar Garis
(30,20) (60,40) (60,0) (60,40) glBegin(GL_POINTS); glVertex2f(30,20); glVertex2f(60,40); glVertex2f(60,0); glEnd(); (60,40) (30,20) (60,40)
13
Contoh Menggambar Garis
(30,20) (60,40) (60,0) (60,40) glBegin(GL_LINES); glVertex2f(30,20); glVertex2f(60,40); glVertex2f(60,0); glEnd(); Garis pertama Garis kedua
14
Contoh Menggambar Garis
glBegin(GL_LINES); glVertex2f(30,20); glVertex2f(60,40); glVertex2f(60,0); glVertex2f(30,70); glEnd(); Garis pertama Garis kedua Tidak digambar
15
Menggambar Polyline Polyline adalah gabungan garis-garis yang terbuka.
Perintah untuk menggambar garis: glBegin(GL_LINE_STRIP); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd();
16
Menggambar Polyline Tertutup
Polyline tertutup adalah gabungan garis-garis yang tertutup. Perintah untuk menggambar garis: glBegin(GL_LINE_LOOP); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd();
17
Menggambar Polygon Polygon adalah gabungan garis-garis yang tertutup yang membentuk satu obyek dan bisa diblok dengan warna. Perintah untuk menggambar garis: glBegin(GL_POLYGON); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd();
18
Menggambar Segiempat Perintah untuk menggambar Quad:
Quad adalah mirip dengan polygon, tetapi membatasi jumlah titik sampai dengan 4. Perintah ini bisa digunakan untuk menggambar banyak Quad, dengan catatan setiap 4 titik harus berpasangan dan berurutan. Bisa diblok dengan warna. Perintah untuk menggambar Quad: glBegin(GL_QUADS); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_3, pos_y_3); glVertex2f(pos_x_4, pos_y_4); … glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd(); Quad pertama Quad N
19
Menggambar N Segiempat
Quad Strip menghasilkan N buah bentuk Quad, dimana setiap Quad mempunyai 2 titik yang sama dengan Quad sebelum dan atau sesudahnya. Perintah untuk menggambar Quad Strip: glBegin(GL_QUAD_STRIP); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_3,pos_y_3); glVertex2f(pos_x_4,pos_y_4); glVertex2f(pos_x_5,pos_y_5); glVertex2f(pos_x_6,pos_y_6); glEnd(); Quad pertama glVertex2f(pos_x_3,pos_y_3); glVertex2f(pos_x_4,pos_y_4); Quad kedua
20
Menggambar Segitiga GL_Triangles mengambil 3 titik menggambar segitiga dan bisa diblok dengan warna. Perintah untuk menggambar segitiga: glBegin(GL_TRIANGLES); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_3,pos_y_3); glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd(); Triangles pertama Triangles N
21
Menggambar N Segitiga Perintah untuk menggambar N segitiga:
GL_TRIANGLE_STRIP mirip dengan GL_LINE_STRIP dan GL_QUAD_STRIP dimana 2 dari 3 titik dipakai bersama dengan segitiga sebelum dan sesudahnya. Perintah untuk menggambar N segitiga: glBegin(GL_TRIANGLE_STRIP); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_3,pos_y_3); glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd(); Triangles pertama Triangles N
22
Menggambar Segitiga (1Ttk Pusat)
Menggambar kipas segitiga memiliki 1 titik pusat. Sangat berguna untuk menggambar lingkaran penuh. Perintah untuk menggambar garis: glBegin(GL_TRIANGLE_FAN); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_3,pos_y_3); glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd(); Titik Pusat
23
gambar 1.1. rumah 2D tampak depan
Tugas Membuat rumah tampak depan dengan menggunakan 10 pola pada glBegin(GL_POLA); seperti contoh pada gambar 1.1. gambar 1.1. rumah 2D tampak depan
24
Grafika lebih banyak berurusan dengan bagaimana menghasilkan gambar yang menawan dengan komputer
TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.