Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehGiffari Rendy Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 1 Catatan Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Bagian 2 Catatan Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Bagian 2 copyright © 2006 R.S. Pressman & Associates, Inc M. Idham Ananta Timur, S.T., M.Kom, Dahlan Abdullah Hanya digunakan di lingkungan Universtias Hanya boleh digandakan untuk mahasiswa di lingkungan universitas yang menggunakan buku Software Engineering: A Practitioner's Approach. Selain itu dilarang keras menggandakan. Presentasi, slide atau hardcopy tidak boleh digunakan untuk short courses, seminar industri, atau kepentingan konsultasi.
2
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 2 Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e Bab 5 Praktek : Sebuah Pandangan Umum Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e Bab 5 Praktek : Sebuah Pandangan Umum copyright © 1996, 2001, 2005, 2006 R.S. Pressman & Associates, Inc. M. Idham Ananta Timur, S.T., M.Kom Hanya digunakan di lingkungan Universtias Hanya boleh digandakan untuk mahasiswa di lingkungan universitas yang menggunakan buku Software Engineering: A Practitioner's Approach. Selain itu dilarang keras menggandakan
3
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 3 Apakah “Praktek”? Praktek adalah sejumlah konsep, prinsip, metode dan tools that yang harus dimiliki ketika software direncanakan dan dikembangkan. Praktek adalah sejumlah konsep, prinsip, metode dan tools that yang harus dimiliki ketika software direncanakan dan dikembangkan. Dia menunjukkan detail —Konsideran teknis dan praktis, yang berada di dalam proses perangkat lunak, sesuatu yang dibutuhkan untuk membangun perangkat lunak komputer berkualitas tinggi. Dia menunjukkan detail —Konsideran teknis dan praktis, yang berada di dalam proses perangkat lunak, sesuatu yang dibutuhkan untuk membangun perangkat lunak komputer berkualitas tinggi.
4
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 4 Esensi Praktek George Polya, di dalam buku yang ditulis di tahun 1945 menggambarkan esensi dari praktek RPL … George Polya, di dalam buku yang ditulis di tahun 1945 menggambarkan esensi dari praktek RPL … Memahami permasalahan (komunikasi dan analisis). Memahami permasalahan (komunikasi dan analisis). Merencanakan solusi (pemodelan dan desain PL). Merencanakan solusi (pemodelan dan desain PL). Melaksanakan rencana (pembuatan kode). Melaksanakan rencana (pembuatan kode). Memeriksa akurasi hasil (menguji dan QA). Memeriksa akurasi hasil (menguji dan QA). Pada prinsipnya praktek yang baik adalah pemecahan masalah yang umum Pada prinsipnya praktek yang baik adalah pemecahan masalah yang umum
5
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 5 Prinsip Inti RPL Menyediakan nilai pada konsumen dan pengguna Menyediakan nilai pada konsumen dan pengguna KIS—keep it simple! KIS—keep it simple! Mengelola produk dan visi project Mengelola produk dan visi project Apa yang anda hasilkan, yang lain akan memanfaatkan Apa yang anda hasilkan, yang lain akan memanfaatkan Terbukalah pada masa depan Terbukalah pada masa depan Rencaana ke depan untuk menggunakan kembali Rencaana ke depan untuk menggunakan kembali Berpikir! Berpikir!
6
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 6 Praktek-Praktek RPL Memahami bingkai kerja proses umum : Memahami bingkai kerja proses umum : komunikasi komunikasi perencanaan perencanaan pemodelan pemodelan konstruksi konstruksi deployment deployment Di sini kita akan mengidentifikasi : Di sini kita akan mengidentifikasi : Prinsip-prinsip Prinsip-prinsip Bagaimana memulai praktek Bagaimana memulai praktek Sekelompok tugas yang bisa diperpendek Sekelompok tugas yang bisa diperpendek
7
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 7 Praktek Komunikasi Prinsip-prinsip Prinsip-prinsip Mendengar Mendengar Persiapkan sebelum komunikasi Persiapkan sebelum komunikasi Fasilitasi komunikasi Fasilitasi komunikasi Tatap muka adalah yang terbaik Tatap muka adalah yang terbaik Buat keputusan dan catatan tertulis Buat keputusan dan catatan tertulis Kolaborasi dengan konsumen Kolaborasi dengan konsumen Tetap fokus Tetap fokus Buat gambar ketika ada sesuatu yang tidak jelas Buat gambar ketika ada sesuatu yang tidak jelas Terus bergerak Terus bergerak Negosiasi sukses ketika dua belah pihak menang. Negosiasi sukses ketika dua belah pihak menang.
8
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 8 Communication Practices Inisiasi Inisiasi Pihak terkait harus dekat satu dengan yang lain Pihak terkait harus dekat satu dengan yang lain Pastikan komunikasi interaktif Pastikan komunikasi interaktif Ciptakan ekosistem tim yang solid Ciptakan ekosistem tim yang solid Gunakan struktur tim yang tepat Gunakan struktur tim yang tepat Sekelompok tugas yang dapat diperpendek Sekelompok tugas yang dapat diperpendek Kenali siapa yang perlu diajak bicara Kenali siapa yang perlu diajak bicara Tentukan mekanisme terbaik untuk komunikasi Tentukan mekanisme terbaik untuk komunikasi Buat tujuan keseluruhan dan tentukan ruang lingkup Buat tujuan keseluruhan dan tentukan ruang lingkup Buat lebih detail Buat lebih detail Stakeholder harus mendefinisikan skenario penggunaan Stakeholder harus mendefinisikan skenario penggunaan Ambil fungsi-fungsi utamanya Ambil fungsi-fungsi utamanya Review hasilnya dengan semua stakeholder Review hasilnya dengan semua stakeholder
9
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 9 Praktek Perencanaan Prinsip-prinsip : Prinsip-prinsip : Pahami ruang lingkup proyek Pahami ruang lingkup proyek Libatkan konsumen (dan stakeholder yang lain) Libatkan konsumen (dan stakeholder yang lain) Kenali bahwa perencanaan adalah iteratif Kenali bahwa perencanaan adalah iteratif Lakukan estimasi berdasar apa yang anda ketahui Lakukan estimasi berdasar apa yang anda ketahui Sadari resiko Sadari resiko Realistis Realistis Sesuaikan hal-hal kecil yang berserakan ketika anda merencanakan Sesuaikan hal-hal kecil yang berserakan ketika anda merencanakan Tentukan bagaimana kualitas dapat digapai Tentukan bagaimana kualitas dapat digapai Tentukan bagaimana anda dapat mengakomodasi perubahan Tentukan bagaimana anda dapat mengakomodasi perubahan Lacak apa yang telah anda rencanakan Lacak apa yang telah anda rencanakan
10
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 10 Praktek Perencanaan Inisiasi Inisiasi Berikan pertanyaan-pertanyaan Boehm : Berikan pertanyaan-pertanyaan Boehm : Mengapa sistem mulai dikembangkan ? Mengapa sistem mulai dikembangkan ? Apa yang akan dikerjakan ? Apa yang akan dikerjakan ? Kapan itu akan selesai? Kapan itu akan selesai? Siapa yang akan bertanggung jawab? Siapa yang akan bertanggung jawab? Dimana mereka ditempatkan (secara organisatoris)? Dimana mereka ditempatkan (secara organisatoris)? Bagaimana tugas diselesaikan, baik secara teknis maupun manajerial ? Bagaimana tugas diselesaikan, baik secara teknis maupun manajerial ? Berapa banyak untuk masing-masing sumberdayanya ? Berapa banyak untuk masing-masing sumberdayanya ?
11
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 11 Praktek Perencanaan Sekelompok tugas yang bisa diperpendek Sekelompok tugas yang bisa diperpendek Periksa kembali ruang lingkup project Periksa kembali ruang lingkup project Periksa resiko Periksa resiko Evaluasi fungsi/fitur Evaluasi fungsi/fitur Pahami fungsi/fitur infrastruktur Pahami fungsi/fitur infrastruktur Buat rencana bertahap : Buat rencana bertahap : Jumlah tahapan PL Jumlah tahapan PL Jadwal keseluruhan Jadwal keseluruhan Tanggal penyajian untuk setiap tahapan Tanggal penyajian untuk setiap tahapan Buat rencana awal yang baik untuk tahapan pertama Buat rencana awal yang baik untuk tahapan pertama Periksa kemajuan Periksa kemajuan
12
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 12 Praktek Pemodelan Kita membuat model untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap entitias aktual yang akan dibangun Kita membuat model untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap entitias aktual yang akan dibangun Model Analisis menampilkan kebutuhan konsumen dengan melukiskan PL dalam tiga domain yang berbeda : domain informasi, domain fungsi, dan domain perilaku. Model Analisis menampilkan kebutuhan konsumen dengan melukiskan PL dalam tiga domain yang berbeda : domain informasi, domain fungsi, dan domain perilaku. Model Desain menampilkan karakteristik PL yang membatu praktisi untuk mengkonstruksinya secara efektif : arsitektur, antarmuka, detail level komponen. Model Desain menampilkan karakteristik PL yang membatu praktisi untuk mengkonstruksinya secara efektif : arsitektur, antarmuka, detail level komponen.
13
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 13 Praktek Pemodelan Analisis Prinsip-prinsip pemodelan analisis Prinsip-prinsip pemodelan analisis Menampilkan domain informasi Menampilkan domain informasi Menampilkan fungsi PL Menampilkan fungsi PL Menampikan perilaku PL Menampikan perilaku PL Partisi dari tiga representasi ini Partisi dari tiga representasi ini Bergerak dari esensi menuju implementasi Bergerak dari esensi menuju implementasi Elemen-elemen model analisis (Bab 8) Elemen-elemen model analisis (Bab 8) Data model Data model Flow model Flow model Class model Class model Behavior model Behavior model
14
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 14 Praktek Pemodelan Desain Prinsip-prinsip : Prinsip-prinsip : Desain harus dapat dilacak dari model analisis Desain harus dapat dilacak dari model analisis Senantiasa memahami arsitektur Senantiasa memahami arsitektur Fokus pada desain data Fokus pada desain data Antarmuka (pengguna maupun internal) harus didesain Antarmuka (pengguna maupun internal) harus didesain Komponen harus menunjukkan independensi fungsional Komponen harus menunjukkan independensi fungsional Komponen-komponen harus “loosely coupled” Komponen-komponen harus “loosely coupled” Representasi desain harus mudah dipahami Representasi desain harus mudah dipahami Model desain harus dikembangkan secara iteratif Model desain harus dikembangkan secara iteratif Elemen-elemen model desain Elemen-elemen model desain Data design Data design Architectural design Architectural design Component design Component design Interface design Interface design
15
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 15 Praktek Konstruksi Prinsip Persiapan : Sebelum anda menulis satu baris kode, pastikan bahwa anda : Prinsip Persiapan : Sebelum anda menulis satu baris kode, pastikan bahwa anda : Memahami permasalahan yang anda coba selesaikan (lihat komunikasi dan pemodelan) Memahami permasalahan yang anda coba selesaikan (lihat komunikasi dan pemodelan) Memahami prinsip dan konsep desain dasar. Memahami prinsip dan konsep desain dasar. Mengambil bahasa pemrograman yang memenuhi kebutuhan PL untuk dibangun dan lingkungan dimana dia beroperasi. Mengambil bahasa pemrograman yang memenuhi kebutuhan PL untuk dibangun dan lingkungan dimana dia beroperasi. Pilih lingkungan pemrograman yang menyediakan tool untuk memudahkan perkerjaan anda. Pilih lingkungan pemrograman yang menyediakan tool untuk memudahkan perkerjaan anda. Buat sejumlah tes unit yang akan dilakukan ketika kode komponen sudah lengkap Buat sejumlah tes unit yang akan dilakukan ketika kode komponen sudah lengkap.
16
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 16 Praktek Konstruksi Prinsip-prinsip coding: ketika mulai menulis program, pastikan anda : Prinsip-prinsip coding: ketika mulai menulis program, pastikan anda : Batasi algoritma anda dengan mengikuti ketentuan pemrograman terstruktur. Batasi algoritma anda dengan mengikuti ketentuan pemrograman terstruktur. Pilih struktur data yang memenuhi kebutuhan desain. Pilih struktur data yang memenuhi kebutuhan desain. Pahami arsitektur PL dan buat antarmuka yang konsisten dengannya. Pahami arsitektur PL dan buat antarmuka yang konsisten dengannya. Jaga logika kondisional sesederhana mungkin. Jaga logika kondisional sesederhana mungkin. Buat perulangan bersarang dg cara yang membuatnya mudah untuk diuji. Buat perulangan bersarang dg cara yang membuatnya mudah untuk diuji. Pilih nama-nama variabel yang bermakna, dan ikuti standar lokal yang lain. Pilih nama-nama variabel yang bermakna, dan ikuti standar lokal yang lain. Tulislah kode yang self-documenting. Tulislah kode yang self-documenting. Buatlah layout visual (indent, baris kosong) yang mempengaruhi pemahaman. Buatlah layout visual (indent, baris kosong) yang mempengaruhi pemahaman.
17
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 17 Praktek Konstruksi Prinsip-prinsip validasi : Setelah anda melengkapi kode pertama anda, pastikan anda : Prinsip-prinsip validasi : Setelah anda melengkapi kode pertama anda, pastikan anda : Melakukan pelacakan kode ketika dimungkinkan. Melakukan pelacakan kode ketika dimungkinkan. Melakukan tes unit dan memperbaiki kesalahan yang anda temukan. Melakukan tes unit dan memperbaiki kesalahan yang anda temukan. Refactor kode program. Refactor kode program.
18
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 18 Praktek Konstruksi Prinsip-prinsip Pengujian Prinsip-prinsip Pengujian Semua tes harus bisa dilacak dari requirement Semua tes harus bisa dilacak dari requirement Pengujian harus bisa direncanakan Pengujian harus bisa direncanakan Menggunakan prinsip pareto Menggunakan prinsip pareto Pengujian mulai dari “kecil” dan bergerak ke “besar” Pengujian mulai dari “kecil” dan bergerak ke “besar” Pengujian yang melelahkan tidak mungkin Pengujian yang melelahkan tidak mungkin
19
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by R.S. Pressman & Associates, Inc., copyright © 1996, 2001, 2005 19 Praktek Deployment Prinsip-prinsip : Prinsip-prinsip : Kelola harapan pengguna pada setiap tahap Kelola harapan pengguna pada setiap tahap Paket penyajian lengkap harus disusun terpadu dan teruji Paket penyajian lengkap harus disusun terpadu dan teruji Tim pendukung harus disediakan Tim pendukung harus disediakan Materi pelatihan harus disediakan pada pengguna akhir Materi pelatihan harus disediakan pada pengguna akhir PL yang buggy, diperbaiki dulu, baru disajikan PL yang buggy, diperbaiki dulu, baru disajikan
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.