Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehElang Andrean Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
BENDA 3 DIMENSI Grafika Komputer PS Teknik Informatika
2
Anatomi Benda 3 D Benda 3 D disusun dari sekumpulan kulit (surface) yang dapat dibuat dari rangkaian polygon
3
Anatomi Benda 3D Salah satu bentuk polygon yang digunakan adalah polygon segitiga selalu planar Perhatikan winding urutan dan arah verteks penyusun polygon Pengaruh winding dalam Open GL menampilkan benda 3 D Arah verteks berlawanan jarum jam sebagai tampak depan Arah verteks searah jarum jam sebagai bagian belakang benda
4
Arah verteks (a) berlawanaan jarum jam (b) Searah jarum jam
Anatomi Benda 3D Arah verteks (a) berlawanaan jarum jam (b) Searah jarum jam
5
Membuat benda 3 D Ada 3 cara: Manual Surface of Revolution
Parametric surface
6
MANUAL Disusun dengan menghubungkan sejumlah titik
Kumpulan titik yang saling terhubung wireframe atau kerangka Contoh …
7
Verteks Penyusun Kubus
Permukaan Kubus Face v1 v2 v3 keterangan F1.a 1 2 Depan F1.b 3 F2.a 4 7 Kanan F2.b F3.a 5 6 Belakang F3.b F4.a Kiri F4.b F5.a Atas F5.b F6.a Bawah F6.b Verteks Penyusun Kubus Verteks x y z -1 +1 1 2 3 4 5 6 7
8
Surface of Revolution Metode memperoleh permukaan benda dengan cara memutar verteks terhadap sebuah sumbu Contoh .. Permukaan f1, f2, f3 diperoleh dari pemutaran titik v1,v2 terhadap sumbu sebesar sudut a Titik v1 dan v2 disebut titik profile
9
Surface of Revolution Apabila titik v1 (u,v) diputar terhadap sumbu putar sebesar a maka titik v’ (x,y,z) dapat diperoleh dengan rumus : x = u * sin (a) y = v z = u * cos (a)
10
Surface of Revolution Ilustrasi mengubah titik profile menjadi permukaan benda
11
Surface of Revolution Algoritma menghitung lokasi verteks benda putar
12
Surface of Revolution Contoh …
Titik profile P1 = (1,0 ; 0,0), P2 = (1,0 ; 0,5) dan P3 = (0,3 ; 1,25) diputar dari 00 – 3600 dengan sudut putar a= 600. carilah titik-titik hasil pemutaran
13
Surface of Revolution Titik hasil pemutaran
14
Surface of Revolution Profile dan surface of revolution
Lokasi titik- titik surface of revolution
15
Surface of Revolution Benda putar dengan s1 = 0 ; s2 = 360 ;a = 20 dan modus solid
16
Surface of Revolution Benda putar dengan s1 = 0 ; s2 = 360 ;a = 20 dan modus wireframe
17
PARAMETRIC SURFACE Metode memperoleh permukaan benda berdasarkan rumus tertentu. Rumus umum : P(u,v) = (x(u,v), y(u,v), z(u,v)) dimana u dan v adalah parameter dengan nilai dari 0 sampai dengan 1.
18
PARAMETRIC SURFACE - bola
Bola dapat direpresentasikan : x(u,v) = r sin (u) cos (v) y(u,v) = r cos (u) z(u,v) = r sin (u) sin (v) dengan u bergerak dari (a) 0 – (180-a)0 sebesar a0 v bergerak dari 00 – 3600 sebesar b0
19
PARAMETRIC SURFACE - bola
Permukaan yang merepresentasikan bola
20
PARAMETRIC SURFACE - bola
Hasil program bola dalam bentuk wireframe
21
PARAMETRIC SURFACE – bidang datar (plane)
Sebuah bidang dapat didefinisikan melalui tiga buah vektor c,a dan b
22
PARAMETRIC SURFACE – bidang datar (plane)
Sebarang titik pada bidang dapat dibentuk dari rumus : x(u,v) = cx + axu + bxv y(u,v) = cy + ayu + byv z(u,v) = cz + azu + bzv Catt : untuk visualisasi, kita batasi u dan v dari 0 sampai 1 Contoh : Membuat sebuah plane ukuran 2 x 2 yang paralel dengan bidang x-z
23
PARAMETRIC SURFACE – bidang datar (plane)
Bidang yang paralel dengan bidang x-z dan berukuran 2 x 2 salah satu contohnya mempunyai titik-titik sudut : (1,0,1), (1,0,-1), (-1,0,1) dan (-1, 0, -1) Jika diambil c (1, 0, -1) maka vektor a = (-2, 0, 0) dan vektor b = (0, 0, 2)
24
PARAMETRIC SURFACE – bidang datar (plane)
Algoritma untuk menghasilkan titik-titik yang terletak di sebuah bidang //a,b,c merupakan vektor 3 dimensi u=0,0 selama u <=1.00 kerjakan v = 0,0 selama v <= 1 kerjakan //hitung lokasi x,y,z untuk pasangan (u,v) x:= fc.x + fa.x * u + fb.x * v y:= fc.y + fa.y * u + fb.y * v z:= fc.z + fa.z * u + fb.z * v simpan verteks (x,y,z) v:= v + 0,1; akhir selama v<=1 u := u + 0,1; zkhir selama u < 1.0
25
Hasil Program
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.