Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Designing Effective Output / Input

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Designing Effective Output / Input"— Transcript presentasi:

1 Designing Effective Output / Input
Systems Analysis and Design Kendall and Kendall Fifth Edition

2 Tujuan Perancangan Output
Output dirancang untuk Merancang output untuk tujuan khusus Membuat output bermanfaat bagi para pengguna Mengirim jumlah output yang tepat Menyediakan distribusi output yang tepat Menyediakan output tepat waktu Memilih metoda output yang paling tepat Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

3 Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.
Teknologi Output Output dapat berupa bentuk Print Screen Audio CD-ROM or CD-RW DVD World Wide Web Electronic output Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

4 Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.
Teknologi Output Output technologies differ in their Speed Cost Portability Flexibility Storage and retrieval possibilities Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

5 Faktor-Faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih teknologi output
Siapa yang akan mengunakan (melihat) output tersebut (kualitas yang dibutuhkan)? Berapa banyak orang yang membutuhkan output tersebut ? Dimana keluaran tersebut dibutuhkan (distribusi / logistik) ? Apa tujuan output tersebut ? Pada kecepatan berapa output tersebut dibutuhkan ? Seberapa sering output tersebut diakses Berapa lama output tersebut akan (atau harus) disimpan ? Menurut peraturan khusus apa output tersebut diproduksi, disimpan, dan didistribusikan ? Berapa biaya awal dan biaya selanjutnya untuk pemeliharaan dan pasokan ? Apa syarat-syarat lingkungan (penyerapan kebisingan, pengendalian temperatur, ruang untuk peralatan, dan penkabelan) untuk teknologi-teknologi output tersebut ? Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

6 Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.
Tujuan Desain Input Membuat penyelesaian input yang mudah dan efisien (Effectiveness) Menjamin input akan memenuhi tujuan yang diharapkan (Accuracy) Menjamin penyelesaian yang tepat (Ease of use) Membuat tampilan layar dan formulir yang menarik (Consistency) Membuat input yang tidak rumit (Simplicity) Membuat tampilan layar dan formulir yang konsisten (Attractiveness) Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

7 Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.
Disain Formulir Empat pedoman untuk membuat formulir Membuat formulir mudah diisi Memastikan formulir akan memenuhi tujuan yang telah dibuat Membuat formulir yang memastikan penyelesaian tepat Buatlah formulir yang menarik Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

8 Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.
Perancangan Layar Empat Pedoman untuk membuat layar Layar harus dibuat sederhana Layar harus konsisten dan layar ke layar Rancangan layar harus memudahkan pergerakan antar layar Layar harus menarik Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

9 Perancangan antar muka dengan Graphical User Interface (GUI)
GUI controls or fields Text boxes Check boxes Option or radio buttons List and drop-down list boxes Sliders and spin buttons Image maps Text area Message boxes Kendall & Kendall Copyright © 2002 by Prentice Hall, Inc.

10 Jenis Antar Muka Beberapa jenis yang diperlukan :
Antar muka untuk input parameter proses -> layar Antar muka untuk output proses -> layar Antar muka untuk input data -> layar dan parameter passing Antar muka untuk output data -> layar dan parameter passing Antar muka untuk pesan-pesan -> layar

11 Hal-hal penting (Antarmuka)
1. Konsistensi dalam penggunaan warna, font, bahasa dll. 2. Adanya feedback bagi pengguna 3. Memungkinkan aksi reversal 4. Verifikasi dalam semua aksi destruktif penting 5. Mengurangi informasi yang harus diingat antar aksi 6. Efisiensi dialog, gerak dan pikiran pengguna 7. Mengelompokkan aktivitas berdasarkan fungsi dan mengatur layar sesuai dengan pengelompokkan tersebut 8. Menyediakan bantuan (help) yang sensitif konteks 9. Tampilkan info yang sesuai dengan konteks

12 Hal-hal penting (Antarmuka)cont’d
10. Minimalkan presentasi data menggunakan tabel/form 11. Maksimalkan menggunakan graph/chart 12. Message error yang berarti 13. Minimalkan jumlah aksi masukkan yang diperlukan 14. Tampilan antar muka disesuaikan dengan kebutuhan/kebiasaan user, misalnya : Clerk – keyboard , manager – mouse atau clerk – input, decision maker – delete/hapus/update.

13 Mendesain Tampilan Antar Muka
Dilakukan secara manual pada kertas Bantuan alat bantu pemrograman misalnya dengan CASE tools ( AppModeller pada Power Designer )

14 Hasil Akhir Rancangan Format Modul Antar Muka yang siap untuk diprogram Format Rancangan layar yang siap diimplementasikan

15 TERIMA KASIH


Download ppt "Designing Effective Output / Input"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google