Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Tipe Data, Variabel, dan Operator
powered
2
Materi Struktur Program Identifier Keyword Tipe Data Variabel Operator
3
Struktur Program 1 2 public class Hello { /** * My first java program
*/ public static void main(String[] args) { //menampilkan string ”Hello world” pada layar System.out.println("Hello world!"); } 1 2 3 4 5 6 7 8 9 4 3 3 6 5 1 Deklarasi class 2 Pembuka blok 3 Komentar 4 Main method 5 Statement / perintah 6 Penutup blok
4
Aturan Penulisan Program
Program Java yang dibuat harus selalu diakhiri dengan ekstensi file .java. Nama File seharusnya sesuai/sama dengan nama class public-nya Komentar harus ditulis sebagai penjelasan pada kode yang ditulis
5
Penulisan Blok kurung kurawal buka dapat pada baris dengan pernyataan seperti contoh sebagai berikut : public static void main(String[] args) { atau seperti berikut: public static void main(String[] args) { Sebaiknya memberi jarak (ident) pernyataan selanjutnya setelah awal blok: public static void main(String[] args){ System.out.println("Hello"); System.out.println("world"); }
6
Identifier Suatu tanda yang mewakili nama-nama variabel, method, class, dsb. Contoh : Hello, main, System, out.
7
Aturan Identifier Untuk nama class diberikan huruf kapital pada huruf pertama setiap kata. Untuk selain itu menggunakan huruf kecil pada huruf pertama kata pertama. Contoh: NamaClass contohNamaVariabel iniMethod Hindari penggunaan underscore untuk awal indetifier. Contoh: _method
8
Keyword Identifier yang telah dipesan untuk didefinisikan sebelumnya untuk tujuan tertentu. Tidak dapat digunakan sebagai nama variabel, class, method dan sebagainya.
9
Keyword * tidak digunakan abstract continue for new switch
assert*** default goto* package synchronized boolean do if private this break double implements protected throw byte else import public throws case enum**** instanceof return transient catch extends int short try char final interface static void class finally long strictfp** volatile const* float native super while * tidak digunakan ** ditambahkan pada 1.2 *** ditambahkan pada 1.4 **** ditambahkan pada 5.0
10
Literal Integer Floating Point Boolean Character String
11
Integer Literal Integer literals dibedakan dalam beberapa format yang berbeda: desimal (berbasis 10), heksadesimal (berbasis 16) oktal (berbasis 8).
12
Floating-Point Literal
Floating point literals mewakili bentuk desimal dengan bagian yang terpisah.
13
Boolean Literal Boolean literals hanya memiliki dua nilai, true atau false.
14
Character Literal Character Literals diwakili oleh karakter single Unicode 16-bit yang menggantikan 8-bit ASCII character set. dalam tanda single quote (' ') contoh: ‘a’
15
String Literal String literals mewakili beberapa karakter
dinyatakan dalam tanda double quote (“ ”) contoh: “Hello World”
16
Tipe Data Tipe data primitif Class
17
Tipe Data Primitif boolean char byte short int long double float
18
byte, short, int, dan long
19
float dan double
20
Variabel Variabel adalah item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek. Variabel memiliki tipe data dan nama. Tipe data menandakan tipe nilai yang dapat dibentuk oleh variabel itu sendiri. Nama variabel harus mengikuti aturan untuk identifier.
21
Deklarasi Variabel Bentuk:
<tipe data> <nama> [=nilai awal] nilai dalam tanda [ ] bersifat optional. contoh: int contVariabel; int contohVar = 34;
22
Operator Aritmatika Relasi Logika Kondisi
23
Operator Aritmatika
24
Operator Increment dan Decrement
25
Operator Relasi
26
Operator Logika Operator Penggunaan Keterangan ! !var Logika NOT &&
var1 && var2 Logika AND * & var1 & var2 Logika AND || var1 || var2 Logika OR * | var1 | var2 Logika OR ^ var1 ^ var2 Logika XOR * short-circuit evaluation
27
Operator Kondisi Simbol ?: Bentuk umum exp1 ? exp2 : exp3
28
Hirarki Operator prioritas operator 1 2 3 4 5 6 7 8 9 . [] ()
. [] () ++ -- ! ~ * / % + - << >> <<< >>> < > <= >= == != & | && || ?: =
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.