Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHendra Alex Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM
Game Development
2
Intro Silabus / Materi Kuliah Referensi Wajib & Pendukung
Tata Cara Perkuliahan Kegiatan Perkuliahan Pengerjaan Tugas & Project Penilaian
3
Buku Wajib Fullerton T; Swain C; Hoffman S., 2004, Game Design Workshop: Designing, Prototyping, and Playtesting Games, CMP Books, San Fransisco Fullerton T; Swain C; Hoffman S., 2008, Game Design Workshop: A Playcentric Approach to Creating Innovative Games Second Edition, Elsevier Inc, USA
4
Buku Pendukung MICHAEL THORNTON WYMAN, 2011, MAKING GREAT GAMES An Insider's Guide to Designing and Developing the World's Greatest Video Games, Focal Press - Elsevier Inc,. USA Michael E. Moore, 2011, Basics of Game Design, Taylor and Francis Group, LLC, USA Gregory Trefay, 2010, Casual Game Design - Designing Play for the Gamer in All of Us, Elsevier Inc., USA
5
Tata Cara Perkuliahan Aturan umum sesuai dengan ketentuan kampus (kuliah pengganti, kehadiran, dll) Pekerjaan tugas (individu) tiap pertemuan Dua mini project untuk mendukung mid & final exam Penilaian: Mid Exam : 30 % Final Exam : 30 % Tugas : 10 % Project : 30 %
6
Pertemuan 1 Pengenalan Game Development Peran Game Designer
Struktur Game
7
Pengenalan Game Development
Apa perbedaannya? Software Film Video Games
8
Perbedaannya: Bersifat Interaktif dibanding film
Konten dari game sebagai medianya dibanding software Lebih memiliki unsur FUN dibanding yang lain
9
Video Game memiliki semua!
Art Tech & Science Business Diagram by Ahmed Saker
10
Video Game itu KOMPLEKS!
Gameplay GUI Script Game Engine Shader Lightmaps 3D Modelling Post Processing Story SFX Prototype Physics Level Design
11
Situasi Nyata: Gamedev semakin besar sekaligus semakin kompleks (standar industri: AAA) Masuk ke industri gamedev semakin mudah, platform banyak, software gratis, support semakin mudah (internet) Pertumbuhan pasar signifikan setiap tahun, tapi persaingan juga semakin sengit Model bisnis game semakin bervariasi dan berkembang
12
Target: Game Designer Kenapa memilih Game Designer?
Peran Game Designer? Keahlian yang Dibutuhkan? Output Perkuliahan: Membuat konsep & prototipe Game Membuat Game Document
13
Tahap Pengembangan Konsep Dokumen Desain Demo Teknologi Prototipe Awal
ALPHA/BETA Master/Final
14
Peran Game Designer Pencipta permainan dari sudut pandang pemain itu sendiri Berpengaruh mulai dari tahap awal sampai akhir produksi Berinteraksi langsung dengan semua pihak terkait Penyeimbang kondisi/situasi selama produksi
15
Keahlian yang Dibutuhkan
Komunikasi Kerjasama Tim Tahan dengan tekanan pekerjaan yang tinggi Kreatif Inspiratif Keahlian teknis akan mendukung, tapi tidak menjadi keharusan mutlak
16
Pertemuan 2: Formal Element
Players Procedures Objectives Rules Resources Conflict Boundaries Outcomes
17
Tugas Pilih 1 jenis game (board game, video game, dsb) yang anda sukai dan anda mahir memainkannya Berikan 5 alasan kenapa anda menyukainya Juga 5 alasan kenapa permainan itu mengasyikkan bahkan kepada orang lain? Coba buat 5 modifikasi dan alasannya untuk menambah variasi dari permainan awal Tugas dikirim via ke: paling lambat Minggu, 18 Maret 2012 dalam format Word/PDF
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.