Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pandangan Agama Terhadap Politik
Kelompok III Pandangan Agama Terhadap Politik Cholid Asyrofuddin Amir Daniel Sangkalabu Sudarma Putra Marcelo Evander Chris Pratama P Kukuh Andi S
2
B. Rumusan Masalah Adapun masalah yang akan dibahas dalam makalah ini dibatasi tentang bagaimana Agama menanggapi pengaruh politik dari sisi positif dan negatifnya
3
Pandangan Agama Tentang Politik
Mengembangkan pandangan Kristen pemerintah, sulit karena Alkitab tidak memberikan perawatan lengkap dari pemerintah.. Hal ini sendiri adalah mungkin instruktif dan memberikan kita beberapa garis lintang bagi lembaga-lembaga ini untuk mencerminkan kebutuhan dan tuntutan situasi budaya tertentu. Karena ambiguitas ini, orang Kristen seringkali memiliki pandangan yang berbeda mengenai isu-isu politik tertentu karena Alkitab tidak berbicara langsung dengan setiap area diskusi politik.. Namun, orang Kristen tidak bebas untuk percaya apapun yang kita inginkan. Orang Kristen seharusnya tidak meninggalkan Alkitab ketika kita mulai berpikir tentang masalah ini karena ada banyak sekali bahan alkitabi yang dapat digunakan untuk menilai pilihan politik tertentu.
4
Dalam Perjanjian Lama, kita memiliki panduan yang jelas untuk pengembangan teokrasi di mana Allah adalah kepala pemerintahan. Tetapi panduan ini ditulis untuk keadaan tertentu yang melibatkan orang perjanjian yang didirikan oleh Tuhan. Pedoman ini tidak sepenuhnya berlaku saat ini karena pemerintah modern kita tidak pewaris langsung janji-janji Allah dibuat untuk bangsa Israel. Selain itu situasi yang unik, Alkitab tidak mengajukan atau mendukung setiap sistem politik tertentu. Alkitab, bagaimanapun, tidak memberikan dasar untuk mengevaluasi berbagai filsafat politik karena jelas delineates pandangan alam manusia. Setiap teori politik terletak pada pandangan khusus sifat manusia.
5
Tidak mungkin untuk berpikir tentang pemerintah tanpa berpikir tentang sifat manusia. Oleh karena itu, memiliki dasar untuk menolak filsafat politik yang dimulai dengan merangkul pandangan yang salah dari sifat manusia.
6
Pemerintah dan Sifat Manusia.
Alkitab menggambarkan dua elemen yang berbeda dari sifat manusia, sudut pandang ini membantu dalam menilai sistem pemerintah. Karena kita diciptakan menurut gambar Allah (Kejadian 1), kita mempunyai sifat-sifat seperti manusia mulia seperti keberanian, penghakiman, kasih sayang, dan rasionalitas. Namun, kami juga makhluk (Kejadian 3). Ini keberdosaan manusia (Roma 3:23) Oleh karena itu menciptakan kebutuhan untuk mengontrol perilaku manusia jahat dan berdosa melalui pemerintah sipil.
7
Dasar sifat manusia Banyak teolog telah menyarankan bahwa satu-satunya alasan yang kita miliki pemerintah saat ini adalah untuk mengendalikan perilaku berdosa akibat Kejatuhan. Namun, selalu ada indikasi bahwa pemerintah akan ada bahkan jika kita hidup di dunia yang tidak berdosa. Sebagai contoh, tampaknya ada beberapa penataan kewenangan di Taman (Kejadian 1-2). Alkitab juga berbicara tentang malaikat sebagai tingkat wewenang dan fungsi. Manusia, disisi lain, diciptakan menurut gambar Allah (Kejadian 1:27) dan dengan demikian bertanggung jawab kepada perintah Allah. Kita diciptakan oleh Allah ketertiban(1 Korintus 14:33).
8
Pemerintah Sipil berakar dari tanggung jawab manusia.
Pemerintah Sipil berakar dari tanggungjawab Manusia. Jika kita survei berbagai teori politik, kita menemukan bahwa pandangan Kristen pemerintahan sangat berbeda dari yang diusulkan oleh ahli teori politik banyak. Jika. Dasar bagi pemerintah sipil berakar di alam kita diciptakan. Kami adalah makhluk rasional dan kehendak. Kami tidak ditentukan oleh nasib sebagai orang akan mengatakan, tidak juga kita ditentukan oleh lingkungan kita sebagai makhluk modern. Kami memiliki kekuatan pilihan. Karena kita memiliki kekuatan pilihan, kita dapat melaksanakan didelegasikan kekuasaan atas tatanan yang diciptakan. Oleh karena itu, pandangan Alkitab tentang sifat manusia membutuhkan sistem pemerintahan yang mengakui tanggungjawab manusia
9
Pemerintah sipil adalah diperlukan karena keberdosaan manusia
Sementara sumber pemerintah sipil berakar pada tanggung jawab manusia, kebutuhan bagi pemerintah berasal dari kebutuhan untuk mengendalikan keberdosaan manusia. Allah ditahbiskan pemerintah sipil untuk menahan kejahatan (Kejadian 9). Kita tidak bisa menganggap anarki sebagai pilihan karena semua telah berdosa (Roma 3:23) dan memerlukan kontrol eksternal.
10
Kristen dan Filsafat Perhatikan bagaimana pandangan Kristen tentang sifat manusia memberi kita dasar yang digunakan untuk menilai filsafat politik. Sebagai contoh, orang Kristen harus menolak filsafat politik yang mengabaikan keberdosaan manusia. Banyak teori-teori politik utopia yang bersalah dalam hal ini. Plato disebutkan dalam Republik bahwa pemerintah ideal akan menjadi salah satu yang tercerahkan filsuf-raja yang akan memimpin negeri ini. Alkitab, bagaimanapun, mengajarkan bahwa semua orang berdosa (Roma 3:23), karena itu, pemimpin yang diajukan Plato juga akan terpengaruh oleh dampak dosa Kejatuhan (Kejadian 3). Mereka akan kurang bijak dan tercerahkan disposisi yang diperlukan untuk republik.
11
Contoh lain adalah skema Marxis pemerintah
Contoh lain adalah skema Marxis pemerintah. Karl Marx memiliki pandangan naif dari sifat manusia.Dia merasa bahwa masyarakat, dan khususnya, ekonomi kapitalistik, adalah alasan bagi manusia gagal. Solusi-Nya adalah untuk menggulingkan ekonomi kapitalistik dan menggantinya dengan sebuah masyarakat komunis di mana potensi manusia akan dibebaskan. Masalah terletak dalam sebuah sistem ekonomi dan percaya bahwa solusi akan muncul dengan kehancuran kapitalisme. Marx merasa bahwa orang-orang hanya korban tak berdosa dari ancaman ini. Pemerintah membutuhkan pandangan yang seimbang dari pandangan sifat manusia
12
Pandangan Kristen pemerintahan didasarkan pada pandangan yang seimbang dari sifat manusia. Ini mengakui kedua martabat manusia (kita diciptakan menurut gambar Allah) dan kebejatan manusia (kita adalah orang-orang berdosa). Karena keduanya rahmat dan dosa beroperasi di pemerintah, kita tidak boleh terlalu optimis atau terlalu pesimis. Kita harus melihat urusan pemerintahan dengan rasa yang mendalam realisme alkitabiah.
13
Kebanyakan ahli teori politik di Inggris dan Amerika Serikat menerima pandangan seimbang alam manusia. Seorang ahli Kristen Inggris Edmund Burke, mengembangkan deskripsi tentang apa yang pemerintah harus dalam Refleksi tentang Revolusi Perancis didasarkan pada pandangan yang seimbang dari sifat manusia.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.