Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pengenalan Pemrograman Komputer
Oleh : Nila Feby Puspitasari
2
Tujuan Mengidentifikasi perbedaan komponen pada komputer
Mengetahui tentang bahasa pemrograman komputer dan kategorinya Mengetahui alur kerja pembuatan program dan mengaplikasikannya pada pemecahan masalah
3
Pendahuluan Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.
4
Cara Kerja Komputer
5
Komponen Dasar Komputer
HARDWARE CPU Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
6
Memori Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu : Primary Memori Secondary Memori
7
Primary Memori Dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Seringkali disebut juga sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah : Volatile (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang) Berkecepatan tinggi Akses random (acak)
8
Secondary Memory Dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah Non volatile atau persisten Kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer) Akses random atau sekuensial Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk,dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape.
9
INPUT OUTPUT DEVICE Berfungsi sebagai penghubung antara
komputer dengan lingkungan di luarnya. Terdiri dari : Input Device (Piranti Masukan) Output Device (Piranti Keluaran)
10
Input Device (Piranti Masukan)
Berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar, contoh : KeyBoard, Touch Screen, Mouse, Scanner, Kamera
11
Output Device (Piranti Keluaran)
Berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran, contoh : Monitor, Printer, Scanner, Plotter
12
Komponen Dasar Komputer
Software (Piranti Lunak) Merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa yang dimengerti oleh komputer. Program dapat dianalogikan sebagai instruksi yang akan dijalankan oleh prosesor.
13
Komponen Dasar Komputer
Software terdiri dari: Sistem Operasi Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools. Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll. Program Paket Compiler.
14
Sekilas Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman adalah teknik komunikasi standar untuk mengekspresikan instruksi kepada komputer Setiap bahasa pemrograman memiliki tata tulis dan aturan tertentu.
15
Kategori Bahasa Pemrograman
16
Bahasa Pemrograman
17
Ket Pemrograman Prosedural Pemrograman Fungsional
Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan. Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah. Pemrograman Fungsional Berdasarkan teori fungsi matematika Fungsi merupakan dasar utama program. Pemrograman Terstruktur Secara berurutan dan terstrukrtur. Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi. Contoh: PASCAL dan C Pemrograman Modular Pemrograman ini membentuk banyak modul. Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul. Contoh: MODULA-2 atau ADA
18
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi Contoh: C++, Object Pascal, dan Java. Pemrograman Berorientasi Fungsi Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini. Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain. Pemrograman Deklaratif Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma. Contoh: PROLOG
19
Contoh output: menampilkan tulisan Hello World !! di layar
20
Alur Eksekusi Program Terkompilasi Terinterpretasi
21
Catatan Algoritma adalah titik berat dalam memprogram
Belajar Memprogram ≠ Belajar Bahasa Pemrograman
22
TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.