Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehReynaldo Andre Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
HADI SETIAWAN, 7101406543 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ANIMASI KOMPUTER PROGRAM MACROMEDIA FLASH MX SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI POKOK BAHASAN PELAKU EKONOMI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2010/2011.
2
Identitas Mahasiswa - NAMA : HADI SETIAWAN - NIM : 7101406543 - PRODI : Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Koperasi) - JURUSAN : Pendidikan Ekonomi - FAKULTAS : Ekonomi - EMAIL : dragoonball_gt pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Bambang Prishardoyo, M.Si. - PEMBIMBING 2 : Kusumantoro, S.Pd. M.Si. - TGL UJIAN : 2011-06-23
3
Judul EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ANIMASI KOMPUTER PROGRAM MACROMEDIA FLASH MX SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI POKOK BAHASAN PELAKU EKONOMI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2010/2011.
4
Abstrak Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 4 Ambarawa pada mata pelajaran ekonomi terlihat kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan metode ceramah dan belum memanfaatkan media yang berbasis komputer. Dalam kegiatan pembelajaran siswa cenderung pasif,beberapa siswa saja yang terlihat aktif. Berdasarkan hal tersebut digunakanlah media pembelajaran Macromedia Flash MX mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Pelaku Ekonomi Indonesia sebagai salah satu media pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah diketahui data awal bahwa pembelajaran dikelas VIII C memiliki indikasi belajarnya masih rendah. Dengan rata-rata hasil belajar 68,83 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 58,33.tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana sejauh mana efektivitas penggunaan multimedia animasi komputer program Macromedia Flash MX dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Amabarawa Tahun 2010/2011. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus dan lembar observasi untuk siswa dan guru serta angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 67,11 dengan ketuntasan klasikal 63,89%. Rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 73,28 dengan ketuntasan klasikal 80,56. Rata-rata hasil belajar siklus III sebesar 80,39 dengan ketuntasan klasikal 94,44. Adapun hasil observasi pengelolaan pembelajaran siklus I sebesar 75,00. Hasil observasi pengelolaan pembelajaran siklus II sebesar 82,50. Hasil observasi pengelolaan pembelajaran pada siklus III sebesar 86,81. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa proses pembelajaran mata pelajaran IPS ekonomi pokok bahasan pelaku ekonomi Indonesia menggunakan media animasi komputer program Macromedia Flash Mx berjalan efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa. Saran yang berkaitan dalam penelitian ini yaitu: hendaknya guru dalm menyampaikan materi sebaiknya disertai dengan media pembelajaran yang berbasis komputer,sehingga akan membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, dengan demikian proses pembelajaran akan lebih menarik, efektif, dan efisien
5
Kata Kunci Efektifitas, Media, Macromedia Flash Mx, dan hasil belajar.
6
Referensi A. Isa, Sutikno, Wahyudin. 2010. “Kefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing UntuK Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Pemahaman Siswa”. Dalam Jurnal Pendidikan FIS Indonesia, Vol.6 No.1. Hal 32-38 Semarang: UNNES. Ali, Mohammad. 1993. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa. Anni, Catharina Tri. 2006. Psikologi belajar. Semarang: UPT MKK UNNES. Arikunto, Suharsimi. 2006a. Prosedur Penelitian – Suatu Pendekatan Prakrik (Edisi RevisiVI). Jakarta: PT Rineka Cipta. ____________ 2006b. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, Oemar. 1994a. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung : PT Bumi AKSARA. 1994b. Media Pendidikan. Jakarta : Citra Aditya Bakti. Haryono. 1987. Model Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Balai Kota. Ken Neo Tse Kian & Mai Neo. 2003. “Developing a Student-Centered Learning Environment in The Malaysian Classroom - A Multimedia Learning Experience”. Dalam Journal online Turki Teknologi Pendidikan – TOJET. Volume 2 Edisi 1 Pasal 3. Hal 13-20 Malaysia: Multimedia University. Pramono, Andi. 2004. Presentasi Multimedia Dengan Macromedia Flash. Malang : ANDI Yogyakarta (CV ANDI OFFSET). 2004. Jalan Pintas Menguasai Macromedia Flash MX. Yogyakarta : ANDI Yogyakarta. Prayitno. 1989. Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud Purwono, dwi. 2010. “Keefektifan penggunaan program Animasi Adobe Flash Cs3 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (studi kelas X SMA Setiabudhi Semarang Tahun Ajaran 2009/ 2010)”. Skripsi. Semarang : UNNES. Rachman, Maman. 2009. Penelitian Tindakan Kelas(dalam Bagan).Semarang: UPT UNNES PRESS. 1999. Strategi dan Langkah-langkah Penelitian Semarang.Semarang: UNNES Semarang Press. Sadiman, Arief S, dkk. 2003. Media Pendidikan. Jakarta : Pustekom Dikbud dan PT Raja Grafindo Perasada. Sugandi, Achmad, dkk. 2004 & 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES. Syamsudin, Rusmini dan soedarman. LKS SMP Kelas VIII. Solo: Bakti Ilmu. Wahana Komputer. 2004. Pembuatan CD Interaktif dengan Macromedia Flash MX Profesional 2004. Semarang: SALEMBA INFOTEK. Yudhiantoro, Dhani. 2003. Panduan Lengkap Macromedia Flash MX. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
7
Terima Kasih http://unnes.ac.id
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.