Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan."— Transcript presentasi:

1 By Adnan Purwanto, S.Kom

2  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan bahasa yg dimengerti oleh komputer untuk memberikan instruksi  Komputer adalah mesin digital, artinya komputer hanya mengenali dua kondisi yaitu 0 dan 1

3  Bahasa pemrograman yg menggunakan sandi 0 dan 1 disebut bahasa mesin  Karena bahasa mesin sulit dimengerti, maka muncul ide untuk melambangkan untaian 0 dan 1 dengan singkatan kata yg lebih mudah dipelajari yg disebut dengan mnemonic code  Bahasa pemrograman yg menggunakan mnemonic code disebut bahasa assembly

4  Pemrograman dengan bahasa assembly dirasakan masih terlalu sulit untuk banyak orang.  Kemudian dikembangkan bahasa pemrogramanyg lebih mudah digunakan yg disebut High Level Languange.  HLL antara lain : Cobol, Basic, Pascal, C, C++ dsb.

5  HLL menggunakan kata – kata dalam bhs Inggris karena memang bahasa ini dianggap bahasa International nomor 1  Satu perintah bahasa HLL mungkin terdiri dari puluhan bahkan ratusan pernyataan assembly.  Perangkat lunak yg menerjemahkan HLL ke dalam bahasa Assembly ada dua macam yaitu Interpreter dan Kompiler

6  Interpreter menerjemahkan program baris per baris artinya jika suatu baris akan dieksekusi, maka baris tersebut diterjemahkan dulu ke bahasa mesin.  Baris berikutnya yang akan dieksekusi maka baris tersebut baru diterjemahkan ke dalam bahasa mesin  Contohnya adalah Basic

7  Kompiler menerjemahkan semua perintah ke dalam bahasa mesin kemudian menjalankan hasil penerjemahan. Hasil penerjemahan ini bisa disimpan dalam file atau memori.  Contohnya adalah Pascal

8 1. Mendefinisikan masalah 2. Menentukan solusi 3. Memilih algoritma 4. Menulis algoritma 5. Menguji program 6. Menulis dokumentasi 7. Merawat program

9  Urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika  Contohnya adalah jika anda ingin menulis surat, langkah – langkahnya adalah sbb : 1.Mempersiapkan kertas, alat tulis dan amplop 2.Mulai menulis 3.Memasukkan kertas ke amplop 4.Pergi ke kantor pos untuk mengirimkan surat

10  Setelah algoritma tersusun, sebaiknya algoritma digambarkan ke dalam flow chart  Flow chart membantu programmer untuk mengetahui gambaran keseluruhan algoritma dan susunan langkah - langkahnya

11  Flow chart menyederhanakan penulisan algoritma dengan menggunakan simbol – simbol  Setiap simbol mengandung arti sendiri yang bisa berarti mulai, berakhir,input, proses, output, percabangan, arah dan persambungan.

12  Adakalanya suatu kondisi menghasilkan suatu pilihan  Percabangan adalah suatu titik dimana ada dua atau lebih kemungkinan yg terjadi tergantung kondisi yg diberikan

13  Adakalanya satu atau lebih instruksi diulang terus menerus sampai batas waktu atau kondisi tertentu  Perulangan adalah satu atau lebih instruksi yg diulang terus menerus sampai tercapainya suatu kondisi


Download ppt "By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google