Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
TEKNIK RISET OPERASIONAL
2
PENDAHULUAN Pengertian Teknik Riset Operasional Perkembangan Ilmu Teknik Riset Operasional Penggunaan Ilmu Teknik Riset Operasional dalam Penelitian dan Pemecahan Masalah Model Kuantitatif dalam Teknik Riset Operasional
3
Pengertian menurut Morse & Kimball (1951) Miller & M.K. Starr
TRO merupakan teknik atau metode ilmiah yg memungkin- kan para manajer mengambil keputusan mengenai kegiatan yg ditanganinya secara kuantitatif TRO adalah alat manajemen yg menyatukan ilmu pengetahuan, matematika dan logika dalam kerangka pemecahan masalah yg dihadapi sehari-hari sehingga akhirnya permasalahan tsb dapat dipecahkan secara optimal Churchman, Ackoff, Arnoff (1977) TRO adalah pendekatan dalam teknik pengambilan keputusan yang ditandai dengan penggunaan pengetahuan ilmiah melalui usaha kelompok antar disiplin ilmu yang bertujuan menentukan yang terbaik dari sumber daya yang terbatas.
4
TRO definisi TRO adalah teknik pengambilan keputusan optimal & penyusunan model dari sistem yg deterministik maupun probabilistik yg berasal dari dunia nyata aplikasi Pemerintahan, Bisnis, Ekonomi, IPA, dan IPS
5
Perkembangan Ilmu Teknik Riset Operasional
berasal dari merupakan Inggrtis, 1940, Mc Closky Tentang operasi-operasi PD II
6
LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN MASALAH
MERUMUSKAN MASALAH dimulai dengan mengamati FAKTA PENDAPAT GEJALA
7
2. MENGEMBANGKAN ALTERNATIF
PENYELESAIAN merumuskan HIPOTESIS ATAU BEBERAPA HIPOTESIS terdiri dari kegiatan menentukan - ASUMSI - KENDALA - VERIABEL
8
3. PEMBENTUKAN MODEL menentukan MODEL MATEMATIKA
9
4. PENGUJIAN MODEL dapat dilakukan dengan cara ANALITIK NUMERIK menggunakan menggunakan - ALJABAR - KALKULUS ITERASI (KOMPUTER)
10
5. MEMBUAT KONTROL TERHADAP PENYELESAIAN
6. IMPLEMENTASI JAWABAN
11
Model Kuantitatif dalam Teknik Riset Operasional
jenis ICONIC Tampak seperti bentuk aslinya. Perbedaannya hanya pada skala. Contoh, potret, maket bangunan dan lain sebagainya. MATHEMATICAL DETERMINISTIK PROBABILISTIK ANALOGUE Bentuk tidak sama dengan aslinya. Contoh, jaringan pipa, aliran listrik dll
12
PROGRAM LINIER pengertian model Teknik analisis kuantitatif
yang tergabung dalam TRO yang mengandalkan model- model matematika atau model-model simbolik untu pemecahan masalah pengalokasian sumber-sumber yang terbatas secara optimal Fungsi kendala/ pembatas Fungsi tujuan
13
PERMASALAHAN PROGRAM LINIER
MODEL MATEMATIS PERMASALAHAN PROGRAM LINIER 1. FUNGSI TUJUAN : MAKSIMUMKAN/MINIMUMKAN Z = C1 X1 + C2 X CnXn 2. FUNGSI KENDALA/PEMBATAS : a11 X1 + a12 X a1nXn (?) b1 a11 X1 + a12 X a1nXn (?) b2 . am1 X1 + am2 X amnXn (?) bm salah satu dari , , <, atau > Syarat non-negatif : Xj 0, untuk j = 1, 2, 3, …, n
14
Z = pertambahan per unit
MODEL STANDAR PROGRAM LINIER Sumberdaya atau Proses Kegiatan pemakaian sumberdaya per unit Kapasitas sumberdaya 1 2 3 … n a11 a12 a13 a1n b1 a21 a22 a23 a2n b2 a31 a32 a33 a3n b3 . m am1 am2 am3 amn bm Z = pertambahan per unit C1 C2 C3 Cn Tingkat kegiatan X1 X2 X3 Xn
15
ASUMSI DASAR LINIERITAS Fungsi tujuan dan DETERMINISTIK
kendala harus linier DETERMINISTIK Semua parameter dalam model program linier tetap dan diketahui atau ditentukan dengan pasti PROPORSIONALITAS Peubah pengambil kpts Xj berpengaruh secara proporsional thp fungsi tujuan DIVISIBILITAS Peubah pengambil keputusan Xj dapat berupa bilangan pecahan ADDITIVITAS Nilai kriteria optimalisasi merupakan jumlah individu-individu Cj
16
CONTOH PERSOLALAN PROGRAM LINIER DAN PERUMUSAN MODEL
Perusahaan konveksi “Maju” membuat dua produk, yaitu celana dan baju. Produk tersebut harus diproses melalui dua unit produksi, yaitu pemotongan bahan dan penjahitan bahan. Kendala (keterbatasan) teknis pada fungsi pemotongan bahan mensyaratkan proses pemotongan bahan hanya memiliki 60 jam kerja, sedangkan fungsi penjahitan hanya 48 jam. Untuk menghasilkan satu celana dibutuhkan waktu 4 jam kerja pemotongan bahan dan 2 jam penjahitan. Sementara untuk menghasilkan baju dibutuhkan 2 jam kerja pemotongan bahan dan 4 jam kerja penjahitan. Laba setiap celana Rp 8.000,00 dan tiap baju Rp 6.000,00. Perusahaan yang bersangkutan harus menentukan kombinasi terbaik dari celana dfan baju yang harus diproduksi dan dijual guna mencapai laba maksimum.
17
MERUMUSKAN MODEL
18
MERUMUSKAN MODEL 60
19
MERUMUSKAN MODEL Pemotongan bahan 60
20
MERUMUSKAN MODEL Pemotongan bahan 60 48
21
MERUMUSKAN MODEL Pemotongan bahan 60 Penjahitan 48
22
MERUMUSKAN MODEL Waktu yang tersedia (jam) Pemotongan bahan 60
Penjahitan 48
23
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang tersedia (jam) Pemotongan bahan 60
Penjahitan 48
24
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang tersedia (jam) Celana
Pemotongan bahan 60 Penjahitan 48
25
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang tersedia (jam) Celana Baju
Pemotongan bahan 60 Penjahitan 48
26
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 60 Penjahitan 48
27
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 4 60 Penjahitan 48
28
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 4 2 60 Penjahitan 48
29
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 4 2 60 Penjahitan 48
30
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 4 2 60 Penjahitan 48
31
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 4 2 60 Penjahitan 48 Laba per unit
32
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 4 2 60 Penjahitan 48 Laba per unit Rp 8.000,00
33
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 4 2 60 Penjahitan 48 Laba per unit Rp 8.000,00 Rp 6.000,00
34
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 4 2 60 Penjahitan 48 Laba per unit Rp 8.000,00 Rp 6.000,00 Peubah
35
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 4 2 60 Penjahitan 48 Laba per unit Rp 8.000,00 Rp 6.000,00 Peubah X1
36
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 4 2 60 Penjahitan 48 Laba per unit Rp 8.000,00 Rp 6.000,00 Peubah X1 X2
37
MERUMUSKAN MODEL Proses Waktu yang Dibutuhkan (jam) tersedia (jam)
Celana Baju Pemotongan bahan 4 2 60 Penjahitan 48 Laba per unit Rp 8.000,00 Rp 6.000,00 Maksimumkan Peubah X1 X2
38
MODEL PROGRAM LINIER 1. FUNGSI TUJUAN Fungsi tujuan Maksimumkan Z = 8000 X X2 2. FUNGSI PEMBATAS: Pemotongan bahan, 4 X1 + 2 X2 60 Penjahitan, X1 + 4 X2 48 Syarat non-negatif, X1 X2 0
39
Contoh 2, Sebuah perusahaan “X” ingin menentukan berapa banyak masing- masing dari 3 (tiga ) produk berbeda yang akan dihasilkan dengan tersedianya su7mberdaya yang terbatas agar diperoleh keuntungan maksimum. Kebutuhan butuh, bahan mentah, dan sumbangan keuntungan masing-masing produk adalah sebagai berikut: Produk Kebutuhan sumberdaya Keuntungan (Rp/unit) Buruh (jam/unit) Bahan (kg/unit) Produk 1 5 4 3.000,00 Produk 2 2 6 5.000,00 Produk 3 3 2.000,00 Tersedia 240 jam kerja buruh dan bahan mentah sebanyak 400 kg. Berapa jumlah masing-masing produk agar keuntungan perusahaan “X” maksimum?
40
MERUMUSKAN MODEL
41
MERUMUSKAN MODEL 240 jam
42
MERUMUSKAN MODEL 240 jam 400 kg
43
MERUMUSKAN MODEL Buruh (jam/unit) 240 jam 400 kg
44
MERUMUSKAN MODEL Buruh (jam/unit) 240 jam Bahan (kg/unit) 400 kg
45
MERUMUSKAN MODEL Kapasitas yang tersedia Buruh (jam/unit) 240 jam
Bahan (kg/unit) 400 kg
46
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kapasitas yang tersedia Buruh (jam/unit)
Bahan (kg/unit) 400 kg
47
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kapasitas yang tersedia Produk 1
Buruh (jam/unit) 240 jam Bahan (kg/unit) 400 kg
48
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2
Buruh (jam/unit) 240 jam Bahan (kg/unit) 400 kg
49
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2
Buruh (jam/unit) 240 jam Bahan (kg/unit) 400 kg
50
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 240 jam Bahan (kg/unit) 400 kg
51
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 240 jam Bahan (kg/unit) 400 kg
52
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 240 jam Bahan (kg/unit) 400 kg
53
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 400 kg
54
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 400 kg
55
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 6 400 kg
56
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 6 3 400 kg
57
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 6 3 400 kg Keuntungan Rp/unit
58
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 6 3 400 kg Keuntungan Rp/unit 3.000,00
59
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 6 3 400 kg Keuntungan Rp/unit 3.000,00 5.000,00
60
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 6 3 400 kg Keuntungan Rp/unit 3.000,00 5.000,00 2.000,00
61
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 6 3 400 kg Keuntungan Rp/unit 3.000,00 5.000,00 2.000,00 Peubah
62
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 6 3 400 kg Keuntungan Rp/unit 3.000,00 5.000,00 2.000,00 Peubah X1
63
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 6 3 400 kg Keuntungan Rp/unit 3.000,00 5.000,00 2.000,00 Peubah X1 X2
64
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 6 3 400 kg Keuntungan Rp/unit 3.000,00 5.000,00 2.000,00 Peubah X1 X2 X3
65
Kebutuhan sumberdaya (jam/unit)
MERUMUSKAN MODEL Sumberdaya Kebutuhan sumberdaya (jam/unit) Kapasitas yang tersedia Produk 1 Produk 2 Produk 3 Buruh (jam/unit) 5 2 4 240 jam Bahan (kg/unit) 6 3 400 kg Keuntungan Rp/unit 3.000,00 5.000,00 2.000,00 Maksimumkan Peubah X1 X2 X3
66
MODEL PROGRAM LINIER 1. FUNGSI TUJUAN Fungsi tujuan Maksimumkan Z = 3000 X X X3 2. FUNGSI PEMBATAS: Buruh, 5 X1 + 2 X2 + 4 X3 240 Bahan, 4 X1 + 6 X2 + 3 X3 400 Syarat non-negatif, X1, X2, X3 0
67
METODE PEMECAHAN PERSOALAN
PROGRAM LINIER Metode Aljabar Substitusi antar pers. linier pada fungsi pembatas dan fungsi tujuan Metode Simpleks Menggunakan algoritma simpleks. Biasa digunakan untuk lebih dari dua peubah Metode Grafik Menentukan bidang yang memenuhi kendala. Effektif untuk dua peubah
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.