Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehAwal Yulia Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
BAB I Mata Kuliah Sistem Terdistribusi _______________________ Model & Komunikasi
Oleh : Laseri, S.Kom
2
Model Sistem Terdistribusi
Dalam pelaksanaannya sistem terdistribusi memiliki berbagai bentuk (model), yaitu : Software Layers System Architectures 1. Sistem client – server 2. Sistem Multiple server 3. Sistem Proxy server 4. Sistem Peer Proses
4
Software Layers Memperkenalkan pola dari “platform” dan ”middleware”.
Platform, level hardware terendah dan software layer dapat dihubungkan seperti sebuah platform untuk sistem terdistribusi dan aplikasi. Layer level rendah melayani layer yang berada di atasnya dan memfasilitasi komunikasi dan koordinasi diantara proses. Misalnya: Intel x86/Windows, Intel x86/Linux, PowerPC/MacOS, Intel x86/Solaris,SunSPARC/SunOS.
5
Platform level-terendah hardware + software
common programming interface implementasi yang berbeda dari fasilitas koordinasi & komunikasi pada sistem operasi
6
Software Layers Middleware, sebuah layer software yang bertujuan menutupi sifat heterogen dan menyediakan sebuah model programming yang tepat untuk pengaplikasian programmer. Middleware direpresentasikan dengan proses atau objek dalam satu set komputer, dapat juga menyediakan layanan untuk penggunaan dengan program aplikasi, berupa servis infrastruktur dan menjamin model program terdistribusi dalam penyediaan middleware.
7
Middleware dukungan pemrograman untuk komputasi terdistribusi
proses/objek: cocok untuk komunikasi aplikasi pemrograman melalui: remote method invocation (Java RMI), atau remote procedure call (Sun RPC), Infrastruktur layanan untuk aplikasi program: Naming, keamaanan, transaksi, event notification, dll Produk middleware: CORBA, DCOM.
8
System Architectures Model Sistem client – server
Merupakan bagian dari model sistem terdistribusi yang membagi jaringan berdasarkan pemberi dan penerima jasa layanan. Pada sebuah jaringan akan didapatkan: file server, time server, directory server, printer server, dan seterusnya.
10
Client-Server Server1 bertindak sebagai client Server 2
11
System Architectures Model Sistem Multiple Servers
Meningkatkan unjuk kerja dan reliabilitas (mis search engine: google, yahoo)
12
System Architectures Model Sistem Proxy Servers
Mengurangi load jaringan dengan menyediakan akses melalui firewall
13
System Architectures Model Sistem Peer process
Untuk kebutuhan respon interaktif yang cepat (dedicated)
14
Variasi Model Client-Server
Mobile code: downloaded dari server dan dijalankan di local; mis web applets, Mobile agent (code + data): berjalan dari computer ke computer, mengumpulkan informasi dan kembali ke asal Perlu hati-hati dengan risiko Keamanan
15
Web - applet Applets, banyak digunakan pada mobile code, pengguna menjalankan browser dengan men-select suatu link ke sebuah applet yang code disimpan dalam sebuah web server. Code di - download ke browser dan menjalankan code tersebut.
16
Hal yang diperlukan dalam Perancangan Sistem Terdistribusi:
Unjuk Kerja: berapa cepat respon yang diberikan? Reponsiveness: delay respon interaktif yang cepat terhadap remote request; menggunakan caching, replikasi, mirroring. Throughput: bergantung pada kecepatan server dan data transfer. Load balancing: menggunakan appletk, multiple server
17
Kualitas Layanan (Quality of Services (QoC)) merupakan kebutuhan non-fungsionalitas: mis. apakah gambar dan suara sinkron ? Sifat Deadline: hard deadline (terbatas dalam waktu T unit waktu), soft deadline (mis. 90% kesempatan jumlah data yang dikirim selama T unit waktu). Trafik multimedia, sinkronisasi video/suara Bergantung pada ketersediaan resource yang memadai Kemampuan beradaptasi dengan perubahan konfigurasi
18
Ketergantungan: apakah sudah bekerja dengan benar ?
Kebenaran proses, Fault-tolerance: kemampuan toleransi/recover kesalahan, mis. Jumlah redundancy. Keamanan: kemampuan untuk melindungi dari serangan. Mis. Penggunaan enkripsi
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.