Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehMichel Agustina Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
1 Pertemuan 11 Akses langsung ke memori Video Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: 1.0
2
2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >
3
3 Outline Materi Alamat Video Memori Setting Warna & Attribute Rumus untuk menentukan Lokasi Kursor
4
4 > Proses pembuatan program
5
5 > MODEL PPROGRAM
6
6 >
7
7
8
8
9
9
10
10 >
11
11 >
12
12 >
13
13 >
14
14 > Setiap posisi pada layar (x,y) diwakili oleh 2 byte pada memori layar (segment 0B800h). Ke-2 byte tersebut mewakili masing-masing : Byte pertama mewakili nilai karakter pada posisi (x,y) di monitor Byte kedua mewakili nilai dari warna karakter pada posisi (x,y) di monitor Untuk 2 byte berikutnya digunakan untuk posisi (x+1,y) dan seterusnya sampai (x+79,y) Bila baris pada monitor sudah bertambah (y+1), maka posisi pada memori harus ditambah dengan 160 Contoh : posisi (1,1) diwakili oleh memori 0B800:0000 dan 0B800:0001 posisi (2,1) diwakili oleh memori 0B800:0002 dan 0B800:0003
15
15 > Rumus : –offset = (y-1)*160 + (x-1)*2 –posisi baris pada monitor oleh assembly tidak dimulai dari 1 melainkan dari 0 (sehingga nilai y dikurangi 1) –posisi kolom pada monitor oleh assembly tidak dimulai dari 1 melainkan dari 0 (sehingga nilai x dikurangi 1) –Setiap kolom pada monitor mewakili 2 byte pada memori –setiap baris pada monitor mewakili 160 byte pada memori (80 kolom * 2 byte)
16
16 > Nilai dari karakter yang dapat ditulis melalui akses langsung ke memori yaitu mulai dari ASCII 0 sampai dengan ASCII 255 Bila kita menggunakan Interupsi untuk menulis karakter ke layar, maka karakter yang dapat ditulis hanya karakter mulai dari ASCII 32 sampai dengan ASCII 255 (ASCII 0-31 dianggap sebagai karakter spesial) Ketentuan ini berlaku untuk monitor yang mempunyai warna RGB, tetapi bila untuk monochrome tidak berlaku.
17
17 > WARNA (ATTRIBUTE) Warna atau attribut hanya berlaku untuk monitor yang mempunyai warna RGB Warna terdiri dari 3 jenis warna : –Warna Latar Depan (Foreground Color) –Warna Latar Belakang (Background Color) –Warna Berkedip (Blinking) Untuk warna latar depan (Foreground Color) terdapat 16 warna, mulai dari warna hitam (0) sampai dengan warna putih terang (15). Tabel warna latar depan :
18
18 >
19
19 > Bahasa Rakitan pada 8088 mempunyai banyak format / bentuk dalam penulisan main program. Akses langsung ke memori lebih cepat dibandingkan dengan interrupt DOS atau BIOS
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.