Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
APLIKASI KOMPUTER Pengenalan Komputer
2
GAMBARAN UMUM Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer. 2
3
Pengertian Komputer Menurut Hamacher: komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Blissmer: komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input memproses input tadi sesuai dengan programnya menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan menyediakan output dalam bentuk informasi ] Sedangan Fuori: berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. 2
4
Sistem Komputer Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri: Hardware Software Brainware, humanware Sistem Komputer 2
5
Sistem Komputer Sistem Komputer 2
6
Sistem Komputer Hardware Sistem Komputer 2
7
Sistem Komputer 1. Processor Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Contoh : jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 106 Hz), = 0,286 x 10-8 detik. Sistem Komputer 2
8
Sistem Komputer 2. Memory
Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang) kecepatan tinggi akses random (acak) Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah non volatil atau persisten kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer) akses random atau sekuensial Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape Sistem Komputer 2
9
Sistem Komputer 3. Input Output Device
Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan : keyboard., mouse, touch screen, scanner, camera, modem, network card Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti masukan : Monitor, Printer, Speaker, Plotter, Modem, network card Sistem Komputer 2
10
Sistem Komputer BRAINWARE (SDM): Computer Operator: mengoperasikan komputer secara keseluruhan Data Entry Operator: petugas penginputan data. Librarian:bertanggungjawab atas penyimpanan file data/ program Computer Programmer: pembuat program berdasar spesifikasi dari system analyst Network manager/ system manager: bertanggungjawab atas kelancaran sistem. System analyst: merancang sistem komputer secara keseluruhan (analog spt. Arsitek) Chief Information Officer (Manager Dept. Sistem Informasi) 2
11
Sistem Komputer Software: driver Sistem Komputer 2
12
Sejarah Teknologi . . . . - 1641 : Manual 1642 - 1885 : Mekanis
: Elektromekanis : Elektronik Sistem Komputer 2
13
Sejarah Komputer-1 Kalkulator personal yang pertama
Pra-1600: dimulai pada masa menggunakan Abacus sebagai: Kalkulator personal yang pertama Memperkenalkan posisi angka dalam perhitungan Muhammad Ibn Musa Al’Khowarizmi: Abad 12 Menuliskan suatu proses yang diikuti keterantang tentang tujuannya, merupakan cikal bakal cara penulisan program Memperkenalkan Algoritma Era Mekanis ( ), John Napier (1612): Mathematician, mengembangkan logaritma Membuat mesin perkalian Sistem Komputer 2
14
Sejarah Komputer-1 Willian Oughtred (1622) Menemukan slide rule
Berbasis pada Algoritma Napier Digunakan pada scientist dan Engineers sampai pertengahan 1900 Wilhelm Schickhard (1623) Astronom dan Mathematician Menjelaskan cara kerja suatu mesin yang secara otomatis dapat melakukan operasi penjumalahan, pengurangan, perkalian dan pembagian Blaise Pascal (1642) Mathematician Memproduksi suatu mesin hitung secara masal Hanya dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan 2
15
Sejarah Komputer-1 Gottfried Liebniz (1673) Mathematician
Mengembangkan mesin Pascal Penjumalah, perkalian, dan pembagian Charles Babbage (1822) Mathematician, Bapak “Komputer Modern” Menginginkan akurasi dalam perhitungan Membuat mesin pengurang Membuat tabel kimputasi matematik Membuat mesin analis Melakukan berbagai operasi penghitungan Menemukan punch card Menciptakan struktur modern dari I/O, Storage, ALU Operasi penjumlahan dalam 1 detik perkalian dalam 1 menit 2
16
Komputer Modern Father of Modern Computer: Input Memory Processor
Control unit Output 2
17
Komputer Modern 2
18
Komputer Modern Processor Control Unit Memory Output Input 2
19
Sejarah Komputer-2 Komputer modern: IBM: komputer besar Dell, HP, ...
20
Sejarah Komputer-3 Komputer modern: IBM : Komputer besar
Apple Computers : PC, hardware, software, Macintosh 2
21
Sejarah Komputer-4 Komputer modern IBM Apple Computers
Microsoft: software, license 2
22
Sejarah Komputer-5 Komputer modern IBM Apple Computers Microsoft
Open Source, GNU, FSF 2
23
Sejarah Komputer-5 Komputer modern IBM Apple Computers Microsoft
Open Source, GNU, FSF Intel: processor 8080, 8086 80286, x86 Pentium 2
24
Jenis Komputer Super computer Mainframe computer Minicomputer
Workstation Microcomputer, Personal Computer Notebook, Laptop Personal Digital Asistant, Palmtop Cellular Phone Tablet PC 2
25
Supercomputer Contoh: IBM Asci White, Cray,etc)
Mengolah data dlm jumlah sangat banyak, mis. Simulasi 12,500 BIPS
26
Mainframe Contoh: IBM z900
Banyak orang mengakses data yang sama secara bersamaan 2,500 MIPS ( 2,5 BIPS)
27
Mainframe mainframe terminal
28
Minicomputer IBM AS/400
29
Personal Computer IBM PC, 1981 PC-Tower Casing IBM PC, 1997
30
Laptop Mudah dibawa bepergian
Menggunakan baterai sbg. Pengganti listrik IBM ThinkPad
31
Palmtop / PDA Disebut juga Palmtop Pen-based computer Tablet pc
Cellular phone
32
INPUT DEVICE Alat yang digunakan untuk memasukkan data kedalam proses komputer
33
Input INPUT = … ? Bagaimana ? Simbol, huruf, kode Menu, pilihan
Vektor, arah Multimedia: audio, video Automasi ….
34
Keyboard Typing keys Control keys Numeric Keypad Function keys
35
Keyboard: 84 keys
36
Keyboard: 109 keys
37
Keyboard: QWERTY
38
Keyboard: dvorak
39
Bentuk: regular
40
Bentuk membrane
41
Bentuk: chiclet
42
Keyboard: ergonomic
43
Keyboard: multimedia
44
Keyboard: virtual
45
Keyboard: cara kerja
46
Keyboard: cara kerja Jika sebuah tombol pada keyboard ditekan, maka per (pegas) yang ada dibawahnya akan menekan logam yang ada dibawahnya, dan menyebabkan arus listrik bisa mengalir melewatinya Arus ini kemudian diterima oleh chip pada keyboard yang disebut microprocessor. Pada chip ini terdapat pelbagai alamat sehingga bisa diketahui, tombol mana yang ditekan. Sinyal-sinyal listrik ini kemudian diteruskan pada RAM sampai PC yang ada digunakan secara lebih lanjut. Pada saat yang sama, keyboard microprocessor juga meneruskan informasi yang ada ke-Interupt Contoller. Dari interupt controller inilah informasi yang ada kemudian bisa diterima oleh CPU agar informasi yang bersangkutan dapat ditampilkan pada layar monitor
47
Screen Pointing Device
Mouse Trackball Pointing Stick (trackpoint) GlidePad/ TouchPad/ Trackpad Pen/Stylus Touchscreen Game Controller
48
Mouse Mouse, Suatu alat kecil dan ringan memiliki suatu bola kecil dibawahnya dan memiliki 1, 2, dan 3 tombol diatasnya dihunungkan ke komputer dengan suatu kabel yang halus
49
Mouse
50
Mouse : komponen
51
Mouse: cara kerja
52
Trackball Trackball, suatu alat penunjuk dimana kursor dengan cara memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat tersebut
53
Trackball
54
Trackpoint
55
Touchpad, trackpad
56
Glidepad
57
Touchscreen Touchscreen, memasukkan data, instruksi dilakukan hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari atau objek tidak transparan yang lain
58
Touchscreen
59
Joystick RumblePad : Dual Analog Sticks Mac, PC USB Vibration Feedback
60
Pen, Stylus
61
Light pen
62
Source Data Automation
Magnetic Ink Character Reader (MICR): Untuk membaca nomor cek di bank Alat: MICR inscriber Optical Mark Recognition (OMR),
63
OMR Optical Mark Recognition (OMR),
mengenali tanda di posisi-posisi yang telah diatur
64
Source data automation
Magnetic Ink Character Reader (MICR) Optical Mark Recognition (OMR), Optical Character Recognition (OCR), mengenali tulisan, hasil scanning berupa file text yang bisa diedit Bar Code Reader, input berupa garis-garis (bar) dengan kode tertentu untuk label kode barang
65
Source data automation
Magnetic Ink Character Reader (MICR) Optical Mark Recognition (OMR), Optical Character Recognition (OCR), Bar Code Reader, input berupa garis-garis (bar) dengan kode tertentu untuk label kode barang
66
Source data automation
Magnetic Ink Character Reader (MICR) Optical Mark Recognition (OMR), Optical Character Recognition (OCR), Bar Code Reader, Handwritten Recognition, seperti OCR tapi mampu mengenali tulisan tangan
67
Source data automation
Optical Mark Recognition (OMR),
68
Imaging Scanner (handy, flatbed, desktop)
Digital Camera (hasil pemrotretan disimpan pada memory stick), dan dapat diambil/ diinput ke komputer. Web Cam
69
Scanner HANDY SCANNER FLATBED SCANNER MEDIUM-SIZED SCANNER
70
Scanner
72
PC Video, WebCam
73
Digital Camera Proses transfer image dari kamera ke-komputer dapat dilaksanakan dengan menggunakan software bawaan ataupun software yang secara umum dapat kita dapatkan, misalnya adobe Photoshop ataupun Adobe Photo Deluxe. Proses transfer image biasanya dilakukan secara bertahap, setelah beberapa gambar berhasil di-transfer, image yang ada akan disimpan terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan proses transfer berikutnya
74
Card Magnetic Card Smart Card kartu tabungan kartu identitas pegawai
SIM Card
75
Magnetic card
76
Terima Kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.