Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehGanang Satria Telah diubah "9 tahun yang lalu
2
Graphics Pertemuan 4 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009
3
Bina Nusantara Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: –Menggunakan sistem-sistem koordinat grafik di Java untuk menggambar dan menampilkan objek pada komponen GUI.
4
Bina Nusantara Outline Materi Introduction Graphics Class Drawing String, Lines, Rectangle and Ovals Polygon Class Display Images
5
Introduction Dapat menggambar bentuk-bentuk tertentu di Java. Menggunakan kelas Graphics. Setiap komponen memiliki sistem koordinat yakni X dan Y –Dimana X menentukan posisi secara horizontal –Dimana Y menetukan posisi secara vertical Bina Nusantara
6
Graphics Class Sebuah kelas abstrak yang menyediakan sebuah perangkat graphics interfaces untuk menampilkan bentuk dan gambar di layar pada platform yang berbeda. Merupakan komponen GUI dari Java AWT JVM akan secara otomatis membuat objek Graphics untuk komponen form, dengan menggunakan fungsi getGraphics(). Bina Nusantara
7
Graphics Class Methods : –setColor(c :Color): memberikan warna pada objek –setFont(f : Font): menge-set jenis huruf pada objek –getGraphics() menjadikan objek komponen sebagai objek grafik Contoh penggunaan : JLabel lblBanner = new JLabel(“Banner”); Graphics grp = lblBanner.getGraphics(); Bina Nusantara
8
Drawing String, Lines, Rectangle and Oval Menggambar String menggunakan : –drawString(s : String, x: int, y :int) Menggambar Garis menggunakan : –drawLine(x1 : int, y1 : int, x2 : int, y2 : int) Menggambar Kotak menggunakan : –drawRect(x : int, y : int, w : int, h : int) Menggambarkan Lingkaran menggunakan : –drawOval(x : int, y : int, w : int, h : int) Menggambar Round rectangle menggunakan : –drawOval(x : int, y : int, w : int, h : int, aw : int, ah : int) Bina Nusantara
9
Drawing String, Lines, Rectangle and Oval Bina Nusantara Sample Code :
10
Drawing String, Lines, Rectangle and Oval Output : Bina Nusantara
11
Polygon Class Memiliki 3 properti diantaranya : –Xpoint, dalam bentuk array bertipe int –Ypoint, dalam bentuk array bertipe int –Npoints, jumlah titik dalam pologon bertipe int Memiliki 2 Overloading diantaranya : –Polygon(), membuat polygon kosong. –Polygon(xpoint : int[] ; ypoint : int[], npoints : int) Memiliki 1 fungsi : –addPoint(x : int, y : int) menambahkan sebuah titik pada polygon. Bina Nusantara
12
Polygon Class Contoh Codenya : Polygon plg = new Polygon(); plg.addPoint(40,20); plg.addPoint(70,40); plg.addPoint(60,80); plg.addPoint(45,60); g.drawPolygon(plg); Bina Nusantara Menambahkan nilaii koodinat pada titik- titiknya Gambar Polygon
13
Display Images Merupakan komponen GUI Java AWT Sebuah gambar dapat dibuat dengan menggunakan fungsi dari kelas Image yakni getImage(), contoh : ImageIcon imgIcon = new ImageIcon(“images/Indonesia.gif”) Image img = imgIcon.getImage(); Bina Nusantara
14
Display Images Sample Code : Bina Nusantara
15
Display Images Output : Bina Nusantara
16
Referensi Introduction to Java. 7ed. 2009. Liang. Chapter 14. Drawing http://www.particle.kth.se/~lindsey/JavaCourse/Book/Part1/Java/ Chapter06/drawing.html http://www.particle.kth.se/~lindsey/JavaCourse/Book/Part1/Java/ Chapter06/drawing.html Swing Graphics http://www.d.umn.edu/~gshute/java/swing/graphics.html Performing Custom Painting http://java.sun.com/docs/books/tutorial/uiswing/painting/index.ht ml http://java.sun.com/docs/books/tutorial/uiswing/painting/index.ht ml
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.