Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)"— Transcript presentasi:

1 Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
Pendahuluan

2 RPL adalah… Pendekatan sistematis untuk pengembangan software
Disiplin ilmu yang berhubungan dengan segala aspek pembuatan software (R. S. Pressman, "Software Engineering: A Practitioner's Approach (5th Ed.)", Mc Graw-Hill, 2001.) Metode dan teknik yang digunakan untuk mengembangkan dan merawat software (Software Engineering: Methods and Management,Pfleeger, 1990)

3 Permasalahan yang berhubungan dengan RPL
Bagaimana cara untuk memastikan kualitas dari PL yang dikembangkan? Bagaimana mengatasi tambahan kebutuhan dengan tetap mengontrol budget? Bagaimana cara menghindari pemborosan waktu?

4 Pentingnya RPL RPL memberikan proses yang terstruktur dan mudah dipahami untuk pengembangan sistem RPL menjadikan sistem yang dikembangkan mudah diubah dan dimaintain Mengembangkan software dan sistem yang tangguh Memudahkan pengaturan dan pengulangan setiap proses yang diperlukan untuk membuat sistem berbasis komputer

5 Tujuan Perkuliahan Memberikan pemahaman terhadap
Pemodelan yang berorientasi objek Rekayasa kebutuhan dan desain Cara untuk memastikan kualitas sistem berbasis komputer

6 Kontrak Kuliah

7 Topik Analisis desain berbasis objek Rekayasa kebutuhan Konsep OOP UML
Use Case Diagram Class Diagram Activity Diagram Rekayasa kebutuhan Kebutuhan Fungsional Kebutuhan Non Fungsional

8 Pola-pola desain Keamanan Desain sistem Pola-pola kemananan
Kriteria umum kemanan

9 INTRO

10 3 Fase umum dalam pengembangan perangkat lunak
Definition Phase (Fase Definisi) Development Phase (Fase Pengembangan) Maintenance Phase (Fase pemeliharaan) Umbrella activities

11 Fase Definisi Perencanaan proyek Analisis sistem
Mengalokasikan sumber daya, mengestimasi biaya, menentukan job desc, dan penjadwalan Analisis sistem Mengalokasikan sumber daya sistem kepada hardware, software dan user Pendefenisian dan analisis kebutuhan Domain aplikasi, fungsionalitas dan performa yang dibutuhkan, user interface

12 Fase Development Desain software Coding Integration
User interface, high level design, detailed design Coding Melakukan pemograman untuk setiap modul, testing per unit Integration Mengkombinasikan modul, pengujian sistem

13 Maintenance Correction Adaptation Enhancement Prevention
Memperbaiki kesalahan software Adaptation Memfasilitasi perubahan kebutuhan Ex: karena hardware baru, atau peraturan baru Enhancement Menambah fungsionalitas Prevention Agar mudah dimaintain

14 Proses Pengembangan Perangkat lunak
WaterFall

15 Prototype

16 RAD

17 Incremental Model

18 Spiral

19 Umbrella Activities Reviews Dokumentasi Kontrol Versi
Menguji kualitas Dokumentasi Mempermudah maintain Kontrol Versi Mencatat perubahan Manajemen Konfigurasi Mengintegrasikan sejumlah komponen

20 Kesulitan dalam pengembangan PL
Komunikasi Antara customer dan pengembang Kurangnya pemahaman terhadap permasalahan adalah salah satu penyebab gagalnya sebuah proyek software Sesama tim pengembang Semakin banyak anggota=semakin banyak jalur komunikasi

21 Kesulitan dalam pengembangan PL
Project characteristics Perubahan kebutuhan=biaya yang lebih besar Konfigurasi hardware dan software Kebutuhan thd keamanan Kebutuhan thd data real time Kebutuhan terhadap kehandalan system

22 Kesulitan dalam pengembangan PL
Karakateristik anggota tim Kemampuan Pengalaman Kemampuan berkomunikasi Kerjasama dengan anggota tim yang lain Pelatihan Fasilitas dan sumber daya Identifikasi Akuisisi

23 Kesulitan dalam pengembangan PL
Manajemen Tujuan yang realistis Estimasi biaya Penjadwalan Alokasi sumber daya Kualitas Kontrol versi Kontrak


Download ppt "Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google