Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehDimas Rambu Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
Oleh: Muhammad Yogie Latansa 2712100010 Kelas PTIK 4
VIRTUAL REALITY Oleh: Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 4
2
PENDAHULUAN Apa yang dimaksud dengan Virtual Reality?
Cara kerja Virtual Reality Sejarah Virtual Reality AplikasiVirtual Reality Virtual Reality di masa depan Efek negatif Virtualk Reality Referensi
3
Apa yang dimaksud dengan Virtual Reality?
Virtual Reality adalah teknologi yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan simulasi komputer baik berdasarkan objek nyata maupun animasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil penginderaan, seperti suara melalui speaker atau headphone. Virtual reality disingkat dengan VR yang dapat menciptakan sebuah simulasi dunia tiga dimensi.
4
Cara Kerja Virtual Reality
Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.
5
Sejarah Virtual Reality
: Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan dan memapatenkan sebuah simulator yang disebut Sensorama dengan visual, getaran dan bau. 1966: Ivan Sutherland menemukan head-mounted display yang dia claim adalah, jendela ke dunia virtual. 1989: Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya. 1999: Hirokazu Kato, mengembangkan ArToolkit di HITLab dan didemonstrasikan di SIGGRAPH. 2000: Bruce.H.Thomas, mengembangkan ARQuake, sebuah Mobile Game AR yang ditunjukan di International Symposium on Wearable Computers.
6
2008: Wikitude AR Travel Guide, memperkenalkan Android G1 Telephone yang berteknologi AR.
2009: Saqoosha memperkenalkan FLARToolkit yang merupakan perkembangan dari ArToolkit. FLARToolkit memungkinkan kita memasang teknologi AR di sebuah website, karena output yang dihasilkan FLARToolkit berbentuk Flash. Ditahun yang sama, Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi AR di Platform Android. 2010: Acrossair menggunakan teknologi AR pada I- Phone 3GS.
7
Aplikasi Virtual Reality
Manufaktur Pengujian rancangan, prototiipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, prosuksi dan pemeliharaan Arsitektur Perancangan gedung Militer Pelatih (pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan Kedokteran Pelatihan pembedahan, terapi fisik Penelitian / Pendidikan Studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks Hiburan Museum virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara, taman virtual, simulasi ski,dll
8
Virtual Reality di mas depan
Di masa yang akan datang Virtual reality lebih menguntungkan di berbagai bidang karena menghemat uang, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kesempatan proyek yang diselesaikan sepenuhnya fungsional, membantu memberikan perusahaan keunggulan komparatif
9
Efek Negatif dan Kekurangan Virtual Reality
1. Isolasi pribadi 2. Kurangnya interaksi dengan dunia nyata dan orang lain 3. Pengangguran meningkat Efek Negatif: 1. Orang yang menggunakan virtual reality sering mengalami gangguan yang disebut cybersickness (Haag, Cummings, dan Dawkin, 2000, hal. 294). 2. Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Kadang-kadang penderita terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem virtual reality walaupun ia telah kembali ke dunia nyata
10
Referensi http://muhamadiqbalmansulrudin.blogspot.com
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.