Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
Anna Kurniawati
2
Proses Pengembangan 1. Perencanaan dan Pembiayaan
2. Disain dan Produksi 3. Pengujian(Testing) 4. Pengiriman(Delivering)
3
1. Perencanaan dan Pembiayaan
Definisi tujuan dan cakupan Sasaran pemirsa Pengaturan isi Perkiraan biaya Kebutuhan Hardware Kebutuhan Software Bentuk tim multimedia
4
Definisi Tujuan dan Cakupan
- Apa tujuan pembuatan proyek - Definisikan ruang lingkup atau batasan proyek. - Pertimbangkan berapa lama waktu untuk mengembangkan proyek. - Pertimbangkan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan. - Pertimbangkan bagaimana untuk mengatur proyek.
5
2. Sasaran Pemirsa Pemakai aplikasi atau penerima informasi. Kepada siapa proyek dibuat. Lakukan beberapa penelitian latar belakang tentang : * Sasaran pemirsa karena ini akan berpengaruh. * Kompleksitas desain. Pertimbangkan faktor2 berikut : umur, latar belakang pengetahuan atau pendidikan, latar belakang teknologi, bahasa, jenis kelamin, latar belakang ekonomi, dan profesi.
6
Isi atau informasi akan menentukan ukuran suatu proyek.
3. Pengaturan materi isi Isi atau informasi akan menentukan ukuran suatu proyek. Isi produksi tergantung pada ketersediaan sumber yang ada atau kebutuhan untuk membuat materi baru. Pertimbangkan sebelum menentukan materi isi: Perolehan hak untuk menggunakan sumber dari luar. Digitalisasi gambar, audio, dan video. Produksi materi terdiri dari text, grafik, efek audio dan animasi. Ketersediaan jumlah informasi harus berdasarkan pada harapan pemirsa.
7
4. Perkiraan biaya Terdapat tiga elemen yang dapat bervariasi dalam estimasi proyek : waktu, uang dan tenaga kerja. Jika kita mengurangi salah satu elemen tsb, maka kita harus menambah satu atau dua yang lainnya. Jika memiliki sedikit waktu mengerjakan proyek maka butuh biaya dan tenaga lebih banyak. Jika memiliki jumlah tenaga yang tepat proyek akan memakan waktu yang singkat. Dengan meningkatkan pengeluaran biaya bisa mengurangi jumlah tenaga yang dibutuhkan dengan menyewa tenaga ahli ,dan mungkin menyingkat waktu yang dibutuhkan.
8
5. Kebutuhan Hardware Sisi Pengembang. Hal ini juga untuk harapan pemakai akhir –tipe platform hardware. Beberapa tipe komponen yang perlu dipertimbangkan : Perangkat Memori dan Penyimpanan Perangkat Input(keyboard,mouse, trackball,touch screen, tablet grafis, scanner, kamera digital) Perangkat Output (amplifier&speaker,monitor, proyektor,printer) -Perangkat Komunikasi (modem)
9
Peranti Editing Teks dan Pengolah Kata(Microsoft Word, WordPerfect)
6.KebutuhanSoftware Software mahal menawarkan fitur2 terbaru dan powerful yang membu-tuhkan keahlian yang tinggi. Akan tetapi, ada software murah yang dapat membantu untuk menghemat waktu dan untuk mengatur suatu proyek. Beberapa tipe software : Peranti Editing Teks dan Pengolah Kata(Microsoft Word, WordPerfect) Peranti Painting dan Drawing(Photoshop,Fireworks,Painter,Coreldraw) Peranti Animasi dan Pemodelan 3D(AutoDesk Discreet,Strata Vision 3D) Peranti Editing Image(HotTEXT,EyeCandy) - Peranti Editing Suara(Apple QuickTime Player Pro, Sonic Foundry Sound Forge)
10
Memerlukan sekumpulan ketrampilan yang khusus.
7. Bentuk tim multimedia Memerlukan sekumpulan ketrampilan yang khusus. Sebagian besar waktu, proyek multimedia melibatkan banyak orang untuk memproduksi. Setiap orang mempunyai keahlian khusus yang dibutuhkan untuk melakukan tugas tertentu . Contoh anggota tim multimedia dan peraturan: Manager Proyek Designer Multimedia Spesialis Audio/Video Programmer Multimedia
11
Manager Proyek Pemimpin suatu proyek. Bertanggungjawab untuk keseluruhan pengembangan dan implementasi dari proyek, dan juga operasi sehari-hari. Kuat dalam aspek teknik maupun manajemen suatu proyek. Designer Multimedia Berhubungan dengan hal-hal visual seperti disain grafis, ilustrasi, animasi, disain interface dan image processing. Memelihara alur informasi, navigasi bersih dan konsisten.
12
Programmer Multimedia
Spesialis Audio/Video Fokus pada produksi audio dan video – pengambilan gambar dan editing video, mendisain dan memproduksi audio recording seperti musik latar, sound efek. Programmer Multimedia Bertanggungjawab untuk mengintegrasikan semua elemen multimedia menggunakan sistem authoring atau bahasa pemrograman untuk membuat produk multimedia berfungsi dan berguna.
13
Pengujian (Testing) Pengujian atau meninjau suatu proyek atau website untuk memastikan proyek bebas gangguan(bug free), akurat, memenuhi target secara operasional dan visual, dan telah memenuhi keinginan klien. Setiap fitur dan fungsi harus dicoba, setiap tombol atau link harus diklik, proses yang sama diulang lagi dan lagi dengan perangkat keras yang ber-beda dan dengan kondisi yang beragam. Ada dua fase pengujian : Pengujian Alpha - Pengujian Beta
14
Pengujian Alpha Biasanya oleh pemakai dalam organisasi pengembangan software sebagai bentuk pengujian penerimaan secara internal. Produk yang dievaluasi sering merupakan rancangan awal dari fase pengembangan. Aplikasi mungkin kehilangan bagian isi atau fungsinya. Yang terpenting adalah mereview konsep, format, interface pemakai dan tampilan (desain produk & sistem navigasi). Penguji mungkin pemakai yang dipilih atau teman baik, kebanyakan – terkadang tim kerja pada proyek, yang dapat memberikan masukan atau kritik positif.
15
Pengujian Beta * Produk yang dievaluasi sebelum hasil akhir. Produk berfungsi sempurna dan bebas kesalahan. * Yang terpenting adalah menemukan kesalahan atau kekeliruan isi. * Kelompok penguji harus representatif pemakai akhir dan bukan orang yang terlibat dalam produksi produk. * Feedback dari penguji beta sangat penting dimana kesalahan dan masalah yang dilaporkan dalam deskripsi detail (konfigurasi hardware & software)
16
Pengiriman (Delivering)
Tahapan akhir Tahu media yang akan digunakan. Website: hanya upload web server dan mengatur beberapa seting dan selesai. Untuk aplikasi yang lebih kompleks dimana dibutuhkan penginstalan ke komputer pemakai. Penginstalan harus lancar, mudah dan cepat. Dokumentasi – mengenai proses instalasi shg pemakai memiliki prosedur langkah demi langkah yang jelas untuk diikuti. Troubleshooting guide – masalah potensial yang dapat terjadi dan bagaimana mengatasinya.
17
Media Pengiriman CD-ROM DVD
Mayoritas produk multimedia yang dijual ke dalam chanel retail atau bis-nis dikirim melalui CD-ROM. CD berawal dari teknologi read-only yang mana pengguna dapat menyim-pan data hanya sekali dan mengaksesnya berkali-kali. Teknologi yang terakhir mengarah ke versi multi-session dimana pemakai dapat menambahkan isi ke dalam CD. DVD Media ini merupakan format terakhir untuk penyimpanan optikal sampai 17GB. DVD sangat popular berkembang sebagai DVD-Video dengan kualitas tinggi audio dan video-nya.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.