Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Abstract & Interface GOF Design Pattern
Tim Asisten Praktikum PSBO 08/09
2
hewan-hewan jadi objek?
Once upon a time.. Buat program tentang simulasi hewan untuk anak sayaa! Boss besar Yawda, desain dulu aja.. Aha! Gimana kalo bikin hewan-hewan jadi objek?
3
1. Lihat atribut dan behaviour!
picture food hunger boundaries location Behaviour makeNoise() eat() sleep() roam()
4
Do all animals eat the same way?
2. Buat class SUPERCLASS SUBCLASS Do all animals eat the same way?
5
3. Subclass memiliki behaviour yang lebih spesifik.
Jadi, Kedua method ini akan dioverride, sementara dua method yang lain akan tetap generic..
6
4. Lihat kesamaan behaviour yang lain..
7
Class Hierarchy
8
? ? ? ? ? ?
9
.. Some classes just should not be instantiated!
10
Abstract Class Tidak dapat diinstantiasi -> superclass
Class yang berisi satu atau lebih abstract method Jika suatu kelas memiliki abstract method, maka kelas tersebut harus didefinisikan sebagai abstract class Subclass harus mengimplementasikan abstract method superclassnya (abstract class)
11
Abstract Method Method yang tidak memiliki body
Harus di override oleh subclassnya Constructor dan static method tidak boleh abstract Harus diimplementasikan oleh method dari subclass
12
draw{abstract}() : void
Sooo.. Abstract.. Shape draw{abstract}() : void Segitiga draw() : void SegiLima draw() : void SegiEmpat draw() : void
13
Sintaks Abstract Class Abstract Method
[ClassModifier] abstract class [ClassName] contoh : public abstract class Shape{ } Abstract Method [Modifier] abstract [ReturnType][MethodName] ([parameter]) public abstract void draw();
14
Sintaks Subclass (pengguna abstract)
[ClassModifier] class [ClassName] extends [AbstractClass] contoh : public class Segitiga extends Shape{ }
15
Another case..
17
..semua anggota abstract class adalah abstract method?
What if.. ..semua anggota abstract class adalah abstract method?
18
Interface Interface adalah abstract class yang seluruh methodnya adalah abstract method. Variabel dari interface selalu static dan final. Bukan class, tapi prototype untuk class (yang nanti akan mengimplementasikan) Sebuah class dapat mengimplementasikan lebih dari satu interface.
19
Interface sebagai Tipe Data
Dapat digunakan sebagai variabel sebuah class Dapat digunakan sebagai parameter
20
Sintaks Membuat interface : Menggunakan interface :
interface [InterfaceName] Contoh : interface Animal Menggunakan interface : [ClassModifier] class [ClassName] implements [InterfaceName] public class Cat implements Animal
21
Pewarisan antar interface
Interface dapat mewarisi interface lainnya Contoh : interface Animal{ /*some code*/ } interface Mammal extends Animal {
22
Class Diagram
23
Latihan Refer to labwork_05.pdf
24
Rational Objectory Software Engineering Process
Its goal is to ensure : the production of high-quality software meeting the needs of its end-users within a predictable schedule and budget
25
Objectory Objectory adalah suatu proses iterasi atau bisa juga diartikan sebagai suatu proses terkontrol Jadi objectory adalah proses iterasi terkontrol Objectory focus pada arsitektur dari sistem Aktifitas pengembangan objectory diarahkan oleh use case, object oriented proses, penggunaan UML sebagai pemodelan dan bisa di konfigurasi untuk menentukan ruang lingkup suatu project
26
Objectory (cont) Objectory proses dibagi menjadi 4 phase yang membentuk pola pengembangan cycle Inception phase/ fase permulaan Elaboration phase/ fase perluasan Construction phase/ fase pembentukan Transition phase/ fase transisi
27
Objectory (cont) Setiap fase di tutup oleh suatu milestone, yaitu suatu keadaan di mana beberapa keputusan critical harus dibentuk
28
Once upon a time.. (AGAIN)
Bagus juga desain Animalmu! Sekarang.. ..tolong bikinin simulai bebek2an buat anak kedua saya.. Boss besar
33
What do you think about this design?
34
Design Pattern Muncul masalah ketika membuat program OOP :
Handle Object Perubahan pada sistem Bagaimana biasanya programmer mengatasi masalah? Some say, “Pengalaman! Semakin banyak pengalaman seorang designer software, semakin elegant, simple dan flexible-lah code-nya. ” New problem : TIME
35
Design Pattern Solusi yang sama untuk problem yang sama yang berulang-ulang Learning curve yang hanya bisa didapat dari pengalaman dapat di kurangi
36
GoF Design Pattern Gank of Four (GoF) :
Erich Gamma, Richard Helm, Ralph Johnson, John Vlissides “Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented Software”
37
GoF Design Pattern Creational (C)
Factory Method, Abstract Factory, Builder, Singleton, Prototype Structural (S) Decorator, Composite, Proxy, Adapter, Bridge, Flyweight, Façade Behavioral (B) Strategy, Iterator, Template Method, Mediator, Observer, Chain of Responsibility, Memento, Command, State, Visitor, Interpreter
38
Strategy Pattern Motivation
"Define a family of algorithms, encapsulate each one, and make them interchangeable. Strategy lets the algorithm vary independently from the clients that use it." [Gamma, p315] Capture the abstraction in an interface, bury implementation details in derived classes
39
Structure
40
Contoh
42
GOF Design Pattern ..to be continue..
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.