Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
UML Case study Guide
2
UML adalah notasi (teknik, tool atau cara) yang digunakan untuk mendefinisikan dan memahami masalah sehingga dapat dibuat solusi. Harus memahami problem solving sebagus apapun tool nya
3
Modeling menyediakan ketrampilan secara umum untuk membantu memahami, mengkomunikasikan dan mencari solusi atas kasus yang terjadi
4
Memahami dimana sistem akan dipasang, siapa penggunanya, bagaimana mengintegrasikannya merupakan kunci sukses dalam menerapkan sistem informasi
5
Pertanyaan penting Bagaimana kita menggunakan UML
- pertanyaan ini biasa dilontarkan oleh orang yang sudah kenal dan tahu tentang UML dan notasinya. Apa yang harus dilakukan - seringkali kita bertanya diagram mana saja yang akan kita gunakan?
6
Bagaimana kita dapat memperoleh solusi yang bagus
- orang seringkali menginginkan solusi yang praktis dari pemodelan ini padahal bukan ini tujuan dari pemodelan
7
Jawabannya…. Bagaimana kita menggunakan UML
Untuk membuat model, pembuat model UML harus mampu melihat dan memahami kemungkinan hubungan antara berbagai diagram dan elemen.
8
Apa yang harus dilakukan
- tidak semua diagram digunakan
9
Bagaimana kita dapat memperoleh solusi yang bagus
-
10
Contoh kasus Anda diminta untuk merancang suatu sistem untuk menangani giro dan tabungan untuk bank . Pemegang rekening dapat menyimpan deposito dan mengambil uang. karyawan Bank dapat memeriksa account yang ada di cabang mereka. Mereka bertanggung jawab untuk membuat laporan. Customer dapat mentransfer ke rekening lain.
11
UML yang digunakan Use case diagram
- cek kebutuhan bisnis dan sistem yang berpotensi mendukung bisnis Class diagram - struktur sistem Interaksi diagram - sistem dinamic Activity diagram - menggambarkan dependensi system dan pemodelan proses bisnis
12
reminder aktor Peran yang berpartisipasi Use case Aktivitas yang disupport sistem link Hubungan aktor yang terlibat dalam use case
14
Penambahan informasi tambahan juga diperlukan dalam use case
Misal: Deposit: pelanggan menabung dengan memberikan uang atau cek. Akun kemudian terupdate, Teller memeriksa uang dan meng update akun nya.
15
Dalam deskripsi use case kita dapat mengidentifikasi sejumlah fakta.
16
Use case - deposit Penggambaran Use case inisiator
Customer yang menginisiator deposit/setoran Input No akun, uang dan identitas customer output Akun terupdate pengecualiann No akun salah jadi tidak terupdate
17
Class Diagram Masalah umum: dimana dan bagaimana memulainya?
Jawabannya: tidak ada solusi. Kemampuan mengabstraksi kan masalah diperlukan
18
Class diagram Clue analisa berbasis teks dari permintaan system
Langkah 1: mengidentifikasi objek berdasarkan kata benda dan frase kata benda Langkah 2: digarisbawahi dan menjadi seorang kandidat untuk obyek dalam solusi tersebut. Langkah 3: menghilangkan objek dengan aturan sederhana
19
Class Diagram Dalam menerapkan langkah tersebut harus dipastikan sesuai dengan scoup sistem yang akan dibuat Sebaiknya terdapat hubungan antara use case dan class.
20
Class Diagram
21
Class diagram Penentuan calon class bisa dikoreksi kembali
Menentukan awalan objek / class Memfokuskan permasalahan
22
Class diagram
23
Class diagram Jika class telah terbentuk kita bisa menampilkan secara grafis dengan notasi UML
24
Class diagram Level awal
25
Class diagram Dengan penambahan penamaan asosiasi/keterkaitan
26
Class Diagram Penambahan multiplicitas
27
Class diagram Setelah menambahkan semua informasi di atas untuk diagram kelas, kita bisa mulai menguraikan detail dalam masing-masing kelas
28
Class diagram
29
Class diagram
30
Class diagram Direvisi dengan penambahan class account
31
Interaction Diagram Membantu memeriksa dan menyempurnakan dengan menemukan interaksi objek dan use case
32
Interaction diagram
33
Interaction Diagram
34
Activity diagram Pembukaan rekening baru
36
Quote: The modelling activity itself is important, not just the model that you end up with.
37
Referensi: UML Distilled, A BRIEF GUIDE TO THE STANDARD OBJECT MODELING LANGUAGE, Martin Fowler Applying UML, ADVANCED APPLICATION, Robert Pooley, Pauline Wilcox
38
Terima kasih
39
Latihan-homework seorang pembeli membeli barang dari internet secara online. sebelum berbelanja dia harus login lebih dahulu. setelah login dia bisa memilih produk dan memasukkan ke dalam keranjang. pelanggan juga dapat mengedit produk yang dibelinya.pelanggan harus mendaftar dulu ke web tersebut. setelah membeli pelanggan dapat membayar melalui transfer bank atau kredit card. pelanggan juga dapat menerima notifikasi pembayaran dan pembelian setelah melakukan transaksi tersebut. pelanggan juga dapat membeli barang dg kategori yg berbed setelah dibayar barang akan dik irm dalam waktu 15 hari
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.