Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
many sources (see references)
Class dan Object Izzatul Ummah, S.T., M.T. Modified from: many sources (see references) Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek
2
Pelajari Keyword Concept di Slide ini:
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Pelajari Keyword Concept di Slide ini: Class dan object UML: Class Diagram Attribute/property Method dan constructor Access specifier: public, private Access modifier: final, static Kata kunci this Untuk latihan praktikum: lihat class diagram dan src Segiempat, Lingkaran, Segitigasiku, Poligon, PoligonDriver Tiga konsep kunci OOP yg membedakannya dari non-OOP: Class (yaitu bersifat user defined type) Inheritance Polymorphism
3
Tugas: Baca Bahan Berikut!!
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Tugas: Baca Bahan Berikut!! Jacquie Barker. Beginning Java Objects From Concepts to Code. Chapter 3: hal Chapter 4: hal
4
Yang harus diinstal selain JDK6
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Yang harus diinstal selain JDK6 Editor yg memadai dan font berwarna Tambahan: software UML (Unified Modeling Language) Free: StarUML, Visual Paradigm, Linux-Umbrella Licensed: IBM Rational Rose Diagram yang dibuat menggunakan software UML: Class Diagram
5
Konsep Algoritma di dalam OOP
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Konsep Algoritma di dalam OOP Di dalam Java, kita bisa menerapkan konsep algoritma seperti yg sudah dipelajari di procedural programming (C++) meliputi: Variabel, tipe data (boolean, char, String, int, float), dsb Operator: memproses (antar) variabel Operator string: str1 + str2 Operator aritmetika Operator logika: AND &&, OR ||, NOT ! Array: contoh di Java, int arrInt[] = new int[5]; I/O: write (printf), read (scanf: BELUM) Conditional: IF-THEN-ELSE, SWITCH-CASE Perulangan/Loop: FOR, WHILE-DO, DO-WHILE Tidak dibahas mendalam di OOP (sudah ada di Alpro)
6
Input/Output (Materi ini Ditunda Dulu)
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Input/Output (Materi ini Ditunda Dulu) WRITE: Menuliskan sesuatu ke layar (C/C++: printf/cout) System.out.print() System.out.println() READ: Membaca sesuatu dari input keyboard (scanf) System.in.read() System.in.readln() Untuk simplicity, kecepatan belajar, dan agar fokus pada materi inti OOP, kita hanya akan memakai materi output (print) dan menunda penggunaan input (scanf/read) ini. Di Java, utk scanf String/Integer pun cukup rumit syntaxnya Kita akan fokus dulu di materi inti OOP: class dan object Setelah semua latihan OOP selesai, baru input/outputnya
7
UML: Unified Modeling Language
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek UML: Unified Modeling Language Pada matakuliah PBO ini, soal-soal latihan dan tugas akan diberikan dalam bentuk Class Diagram. Mahasiswa harus membuat coding Java dari class diagram tersebut. Diagram Utama UML: Use Case Diagram: actor-role Class Diagram: diagram kelas-kelas (+property+method) Software UML: Freeware: Visual Paradigm, StarUML (Korea), Poseidon Licensed: IBM Rational Rose
8
Praktikum Kedua: Segiempat.java
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Praktikum Kedua: Segiempat.java Soal: diberikan class diagram berikut, buat codingnya! Soal: buat juga untuk kelas Lingkaran dan Segitigasiku. Pelajari final PI = 3.14, Math.PI dan Math.SQRT import java.lang.Math; Arti simbol di diagram: + berarti public, - berarti private ini adalah constructor Tanpa get dan set. Coba tampilkan panjang dan lebar dari objek yang diciptakan. Coba ubah langsung tanpa set.
9
Apa saja yg ada di dalam Class?
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Apa saja yg ada di dalam Class? Ketika mengcoding class, buatlah dalam urutan berikut: Attribute/property: variabel (umumnya private) Konsep information hiding: Biasakan membuat property/atribut bertipe private (kecuali untuk kasus atau keperluan tertentu) Method: fungsi/prosedur (umumnya public) Constructor: method khusus untuk mencreate/instansiasi atau melahirkan object dari sebuah class tertentu Contoh: public Segiempat(), dan public Segiempat (int p, int l) Constructor tidak mereturn type apapun, jadi Anda tidak boleh menuliskan: public void Segiempat(), atau public int Segiempat() Constructor dipanggil setelah kata new Segiempat se = new Segiempat(); Biasakan utk membuat constructor pada class yg Anda coding. Bila tidak dibuat, Java akan otomatis membuatkan tapi isinya kosong ....(lanjut ke halaman berikutnya: get dan set)
10
Apa saja yg ada di dalam Class?
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Apa saja yg ada di dalam Class? (…lanjutan dari hal. sebelumnya…) GET dan SET: tipe public Biasakan membuat GET dan SET untuk tiap attribute. Get: untuk mereturn attribute. Set: untuk mengubah nilai attribute. Contoh: void setUmur(int i) maksudnya yaitu void ubahUmur(int i) Method-method lain (bebas sesuai kebutuhan) Misalnya: void printAttribute(), int hitungLuas(), dsb. Terakhir: method void main() -> ini hanya dibuat di kelas Driver, agar bisa dirun sebagai titik awal eksekusi Buat satu Driver sebagai program utama (utk di-run) Kelas-kelas lain bisa saja dibuatkan method main (tapi tidak harus), misal jika Anda ingin mengetes kelas-kelas itu secara terpisah dari Driver.
11
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek
Instansiasi Objek Agar program Anda dapat berjalan, harus ada objek yang diinstansiasi/dilahirkan terlebih dahulu di main(). Segiempat se = new Segiempat(5,3);
12
Access Specifier: Private, Public
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Access Specifier: Private, Public Dituliskan di depan attribute atau method yg diinginkan. Private: artinya attribute/method tersebut tidak akan dapat diakses/dipanggil oleh kelas lain Bila di class Segiempat dituliskan: private int panjang Maka di class lain, baris berikut akan error: se.panjang Public: artinya attribute/method tersebut dapat diakses/dipanggil oleh kelas lain Bila di class Segiempat dituliskan: public int panjang Maka di class lain, baris berikut akan bisa dicompile: se.panjang
13
Refine your Code (Praktikum)
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Refine your Code (Praktikum) Setelah mempelajari get dan set, lengkapilah code Segiempat yang sudah Anda buat!! Class diagram: 02_Segiempat.uml, 03_Poligon.uml Source code: 03_segiempat, 05_poligon Buatlah Drivernya yg khusus berisi method main saja!! Class diagram: 04_PoligonDriver.uml Source code: 06_poligondriver Tanpa get dan set. Coba tampilkan panjang dan lebar dari objek yang diciptakan. Coba ubah langsung tanpa set.
14
Struktur di dalam 1 File Java
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Struktur di dalam 1 File Java Dapat ditulis dalam satu file .java: Berisi satu kelas Berisi beberapa kelas Ditulis dalam beberapa file .java: Satu file satu kelas Satu file banyak kelas Hanya boleh ada satu fungsi utama pada setiap program objek.
15
Struktur di dalam 1 Class
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Struktur di dalam 1 Class class NamaKelas { // Deklarasi atribut ... // Definisi layanan/method <constructor> <GET> <SET> <fungsi lain> // Program utama public static void main(String arg[]) { }
16
Review: Cara Compile dan Run
Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Review: Cara Compile dan Run Bila hanya 1 file (berisi 1 kelas): contoh Helloworld Compile: javac Helloworld.java Run: java Helloworld Bila banyak file (masing2 berisi 1 kelas atau lebih) Compile: javac <namafile1.java> <namafile2.java> dst… atau: javac *.java Run: java <namakelas> Catatan: yang bisa di-run hanya kelas yang di dalamnya ada main Tiap kelas boleh punya main sendiri, tapi tidak boleh lebih dari satu. Waktu dirun, kita bisa pilih mau me-run main() dari class yang mana. Tradisi di Java: kita buat satu kelas khusus Driver berisi main saja, sementara kelas-kelas lain tidak punya main Coba: compile+run file-file Segiempat,Lingkaran,Segitiga
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.