Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi."— Transcript presentasi:

1 Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung

2 Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi dalam melakukan tugas  Kemudahan dalam mempelajari sistem dari awal dan memahami fitur lanjut (advanced)  Kepercayaan diri dalam kapasitas mengingat penguasaan

3 Lanjutan…  Kenikmatan menggunakan sistem  Keinginan untuk mempertunjukkan sistem kepada pemula  Keinginan untuk menjelajahi aspek-aspek yang lebih hebat dari sistem

4 Tentang manipulasi langsung  Definisi : Representasi visual (metafora) dari dunia nyata Representasi visual (metafora) dari dunia nyata Objek dan aksi diperlihatkanObjek dan aksi diperlihatkan Mengandung pemikiran analogisMengandung pemikiran analogis Aksi yang cepat, dan dapat dibatalkan Aksi yang cepat, dan dapat dibatalkan Mengetik diganti dengan menunjuk dan memilih Mengetik diganti dengan menunjuk dan memilih Hasil aksi langsung terlihat Hasil aksi langsung terlihat

5 Keuntungan :  Kompatibilitas kendali dan tampilan  Lebih sedikit sintaksis karena itu tingkat kesalahan berkurang  Labih banyak pencegahan kesalahan  Lebih cepat dipelajari dan diingat  Mendorong penjelajahan

6 Kekurangan :  Meningkatkan sumber daya (resource) sistem  Aksi menyusahkan  Teknik makro lemah  Sulit dicatat dan ditelusuri  Sulit digunakan oleh orang-orang yang penglihatannya terganggu

7 Contoh-contoh sistem manipulasi langsung  Display editor dan pengolah kata cth : word processor  Spreadsheet cth : VisiCalc, Excel  Manajemen data spasial (spatial data management) cth : ArcView  Video games  Computer aided design and manufacturing  Office automation, database, directories  Graphical User Interface (GUI)

8 Masalah-masalah dengan manipulasi langsung  Representasi visual tidak selalu merupakan peningkatan dari teks karena dapat terlalu menyebar dan menyesatkan  Pemakai harus mempelajari arti komponen- komponen representasi visual  Bagi juru ketik yang berpengalaman, memindahkan mouse atau menunjuk sesuatu bisa lebih lambat daripada mengetik

9 Pemikiran Visual dan Ikon  Ikon adalah gambar atau simbol yang mewakili konsep tertentu

10 Pedoman perancangan ikon :  Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal  Batasi jumlah ikon yang berbeda  Buat ikon jelas terlihat dari latar belakangnya  Pertimbangkan ikon tiga dimensi; bagus dilihat tapi dapat mengalihkan perhatian

11 Lanjutan…  Pastikan setiap ikon yang dipilih terlihat jelas ketika dikelilingi oleh ikon yang tidak terpilih  Buat setiap ikon berbeda dari yang lainnya  Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon

12 Lanjutan…  Rancang animasi pergerakan : ketika diseret, tampil seluruh ikon, kerangkanya saja, versi hitam putih, atau kotak hitam  Berikan informasi rinci  Pikirkan penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru

13 Virtual Reality (Kenyataan Maya)  Virtual reality : lingkungan buatan yang diciptakan dengan hardware dan software dan dipresentasikan kepada pemakai dengan cara sedemikian sehingga lingkungan tersebut tampil dan terasa seperti lingkungan asli

14 Komponen-komponen VR  Visual display  Head position sensing  Hand position sensing  Force feedback  Sound input and output  Other sensations  Cooperative and competitive VR

15  Visual display Tampilan yang bisa menutup 100 derajat horizontal dan 60 derajat vertikal Tampilan yang bisa menutup 100 derajat horizontal dan 60 derajat vertikal  Head position sensing Sistem dapat mengetahui posisi kepala dari user yang berinteraksi dengan sistem tersebut Sistem dapat mengetahui posisi kepala dari user yang berinteraksi dengan sistem tersebut  Hand position sensing Pengenalan posisi tangan user dengan sarung tangan khusus Pengenalan posisi tangan user dengan sarung tangan khusus

16  Force feedback User dapat merasakan efek dari sistem misalnya “menyentuh” dan “menabrak” User dapat merasakan efek dari sistem misalnya “menyentuh” dan “menabrak”  Sound input and output Suara yang menambah kesan nyata Suara yang menambah kesan nyata Pengenalan suara untuk memberi perintah Pengenalan suara untuk memberi perintah

17  Other sensation Pada simulator pesawat terbang :kemiringan dan getaran Pada simulator pesawat terbang :kemiringan dan getaran Efek lain : suhu udara angin, dan bau Efek lain : suhu udara angin, dan bau  Cooperative and competitive VR Dua orang user menggunakan sistem untuk bekerjasama ataupun bertanding dalam interaksinya dengan sistem Dua orang user menggunakan sistem untuk bekerjasama ataupun bertanding dalam interaksinya dengan sistem


Download ppt "Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google