Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
2
Pengaruh islam di Indonesia.
Kelas XI IPS / 1
3
STANDAR KOMPETENSI 1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada masa Negara- Negara Tradisonal KOMPETENSI DASAR 1.3 Menganalisis Pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.
4
INDIKATOR Mendeskripsikan Hipotesis perdagangan tentang proses awal penyebaran islam di Kepulauan Indonesia. Menidentifikasi pada peta tempat – tempat dan bukti – bukti awal penyebaran islam di Indonesia. Mengidentifikasi tradisi islam di berbagai daerah dari abad ke 15 sampai abad ke 18 Mengidentifikasi system dan struktur social masyarakat di kerajaan - kerajaan bercorak islam di berbagai daerah. Mengidentifikasi pola penyebaran agama islam dengan pertumbuhan kota dan terbentuknya jaringan ekonomi serta intelektual di Kepulauan Indonesia.
5
2 3 1
6
Perkembangan dan masuknya Agama Islam di Indonesia
7
PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA ISLAM DI INDONESIA
Abad 7 : Islam masuk ke Indonesia abad ke-7,ini dapat dibuktikan dengan adanya aktivitas para pedagang islam (arab,gujarat, cina) di sriwijaya. Menyebut sriwijaya : zabaq, zabay, sribusa Abad 11 : Islam masuk ke Indonesia abad Ke-11 Pendapat ini didasarkan adanya makam Fatimah binti Maimun di Leran, gresik, berangka tahun 1082 M. Beberapa pendapat Islam masuk ke Indonesia abad 13 Pendapat ini berdasarkan bukti: Catatan perjalanan MARCO POLO yang menerangkan bahwa ia pernah singgah di Perlak pada tahun 1292 Masehi dan berjumpa dengan orang-orang yang telah menganut agama Islam. Ditemukannya nisan makam Raja Samudra Pasai, SULTAN MALIK AL-SALEH yang berangka tahun 1297 Masehi.
8
Sumber berita masuknya islam di Indonesia
Sumber dari Luar negeri : 1. Berita Arab : banyak pedagang arab yang melakukan perdagangan di sriwijaya pada abad ke 7 M. mereka menyebut sriwijaya dengan zabaq, zabay atau sribusa.
9
2. Berita Eropa : berasal dari marcopolo yang mendapatkan tugas dari kaisar cina untuk mengantarkan putrinya yang dipersembahkan kepada kaisar romawi. Dalam perjalananya ia singgah di sumatera bagian utara dan menemukan adanya kerajaan Islam (samudra Pasai) marcopollo
10
3. Berita India : banyak para pedagang india (gujarat) yang berdagang di Indonesia dan sambil berdagang mereka menyebarkan agama dan kebudayaan islam 4. Berita Cina : berasal dari catatan Mahuan, seorang penulis yang mengikuti perjalanan laksamana Cheng Ho. Bahwa sekitar tahun 1400 telah terdapat saudagar islam yang bertempat tinggal di pantai utara pulau jawa
11
Sumber dalam negeri 1 Batu nisan fatimah binti maimun di leran gresik, jawa timur 1082 M 2 Makam sultan Malik Al saleh/ malikus saleh Sumatera Utara 1279 M 3 Makam Syekh Maulana malik Ibrahim (syech maghribi) 1419 M
12
Contoh gambar/ bukti Nisan fatimah Binti maimun
13
Nisan makam Sultan Malik al-Saleh
15
S A L U R N D M I Perdagangan
Perdagangan merupakan cara yang paling efektif untuk penyebaran islam waktu itu.Hal ini dikarenakan para pedagang langsung berhubungan dengan raja, bangsawan, dan rakyat untuk memperoleh barang dagangan. Membentuk pemukiman (Pekojan) S A L U R N D M I Perkawinan Para pedagang yang berasal dari bangsa lain yang menetap sementara di Indonesia bersosialisasi dengan rakyat Indonesia, dan ada juga para pedagang yang menikahi rakyat Indonesia.sehingga mempercepat Proses penyebaran budaya dan ajaran islam ke Indonesia. Tasawuf Masyarakat indonesia memiliki dan menyukai hal-hal yang berbau Mistik. Dengan demikian, kedatangan kaum sufi diterima baik Oleh masyakat indonesia. Kesempatan ini di manfaaatkan kaum sufi untuk menyebarkan agama islam.
16
S A L U R N D M I Pendidikan Pondok Pesantren
Penyebaran islam melalui pendidikan pondok pesantren memiliki nilai lebih karena pesantren Merupakan Kawah Candradimuka yang paling baik untuk Mendidik masyarakat/umat. Para santri yang datang ke berbagai daerah bersatuUntuk menuntut ilmu serta menerimagemblengan-gemblengan dari kyiai. Setelah Keluar dari pesantren, mereka siap menghadapi tantangan- tantangan Dakwah di daerah-daerah yang mereka tempati. Kesenian Seni merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan. Oleh karena itu, berdakwah dengan menggunakanKesenian akan membawa daya tarik tersendiri bagi masyarakatAwam. Seni pewayangan banyak dimanfaaatkan oleh sunsn kalijagaDalam berdakwah. Banyak cerita pewayangan yang digubah disesuaikan dengan ajaran islam. SelainPewayangan, ada cara lain yang digunakan sebagai media dakwah seperti sekatenan, grebek maulid, seni debus dan lain-lain.
17
Saluran Islam Perdagangan :
Perdagangan merupakan cara efektif penyebaran islam pada waktu itu, dikarenakan para pedagang langsung berhubungan dengan raja, bangsawan, dan rakyat untuk memperoleh barang dagang.
18
Saluran Islam Perkawinan :
Dilakukan dengan mengajak dan mengikat keluarga yang belum Islam menjadi Islam. contoh: Putri campa kawin dangan Raja Brawijaya yang kemudian bernama Raden patah,
19
Merupakan tarian mistik yang dipandang sebagai do’a bagi tuhan
Tasawuf Hal ini karenakan masyarakat Indonesia menyuakai hal-hal yang berbau mistik. Merupakan tarian mistik yang dipandang sebagai do’a bagi tuhan
20
Pesantren merupakan salah satu saluran islamisasi
Pendidkan pondok pesantren Cara ini dinilai lebih karena pesantren merupakan kawah candradimuka yang paling baik untuk mendidk masyarakat/umat. Pesantren merupakan salah satu saluran islamisasi
21
Kesenian menyebarkan ajaran Islam melalui seni yang didalamnya terkendung unsur-unsur Islam. seni pertunjukkan wayang Sunan Kalijaga merupakan salah satu figur wali yang sangat menyukai seni. Bahkan ia menggunakan seni sebagai sarana dakwah. Ia memasukkan unsur Islam ke dalam pertunjukkan wayang yang dimainkannya. Dari sinilah masyarakat kemudian tertarik untuk mempelajari Islam. Gambar disamping menunjukkan kesenian wayang kulit yang digunakan oleh sunan kalijaga dalam berdakwah
22
Wayang digunakan oleh para wali sanga Untuk menyampaikan Ajaran Islam
23
PERANAN WALISANGA DALAM PROSES ISLAMISASI Perkembangan islam di jawa tidak dapat dipisahkan dari peranan walisanga. Mereka adalah tokoh islam dijawa, yang memiliki pengaruh yang besar bagi masyarakat. Dengan sikap yang santun dan penuh kewibawaaan, Para wali mengajarkan agama islam dengan Bijaksanakan.
24
WALI SONGO : Nama-nama Walisanga Maulana malik ibrahim(sunan gresik)
Raden saleh(sunan ampel) Maulana ainul yakin(sunan giri) R.M Joko Said (Sunan Kalijaga) ja’far Shodiq (Sunan Kudus) Umar Said(Sunan Muria) Makdum Ibrahim(Sunan Bonang) Syarif Hidayatullah(Sunan Gunung Jati) Syekh Maunat(Sunan Drajat)
25
Disamping wali-wali tersebut, masih banyak Ulama yang
Benih-benih kedatangan Islam ke tanah Jawa sebenarnya sudah dimulai pada abad pertama Hijriyah atau abad ke 7 M. Hal ini dituturkan oleh Prof. Dr. Buya Hamka dalam bukunya Sejarah Umat Islam, bahwa pada tahun 674 M sampai tahun 675 M. sahabat Nabi, Muawiyah bin Abi Sufyan pernah singgah di tanah Jawa (Kerajaan Kalingga) menyamar sebagai pedagang. Bisa jadi Muawiyah saat itu baru penjajagan saja, tapi proses dakwah selanjutnya dilakukan oleh para da’i yang berasal dari Malaka atau kerajaan Pasai sendiri. Sebab saat itu lalu lintas atau jalur hubungan antara Malaka dan Pasai disatu pihak dengan Jawa dipihak lain sudah begitu pesat. Di Jawa Sunan Ampel Sunan Gresik Sunan Bonang Sunan Giri Sunan Kalijaga Sunan Kudus Sunan Muria Sunan Drajat Sunan Gunung Jati Disamping wali-wali tersebut, masih banyak Ulama yang dakwahnya satu kordinasi dengan Sunan Ampel hanya saja, sembilan tokoh Sunan Wali Sanga yang dikenal selama ini memang memiliki peran dan karya yang menonjol dalam dakwahnya
26
Wali Sanga
27
PERANAN WALISONGO DALAM PROSES ISLAMISASI
MAULANA MALIK IBRAHIM Maulana malik ibrahim merupakan seorang tokoh yang berasal dari Arab. Selama kurang lebih 20 tahun, ia berhasil mencetak kader dakwah di Gresik. Beberapa wali telah menjadi muridnya, seperti Sunan Ampel. Oleh karena itu, Maulana Ibrahim dianggap sebagai perintis penyebaran agama Islam di pulau Jawa. Makam MAULANA MALIK IBRAHIM
28
3. SUNAN DRAJAT Perhatian Sunan Drjat lebih banyak ditumpahkan kepada upaya peningkatan kesejahteraan pada fakir miskin. Ia mengorganisir zakat, infak, dan sodaqoh. Selain itu, ia mengajurkan kepada para santrinya, rakyat, dan pembesar kesultanan Demak untuk hidup sederhana. SUNAN AMPEL Sunan Ampel merupakan seorang tokoh yang mendirikan pondok pesantren di Ampel Denta, dekat Surabaya. Ia dianggap sebagai penerus Maulana Malik Ibrahim. MESJID SUNAN AMPEL Makam Sunan drajat
29
4. SUNAN KUDUS Sunan Kudus menguasai berbagai ilmu Tuhid ( keesaan Tuhan ), ilmu Fikih ( hukum-hukum ), dan berbagai ilmu agama Islam lainnya. Ia mendapatkan kepercayaan dari kesultanan Demak untuk menjabat hakim tinggi dan panglima militer. SUNAN GIRI Kegiatan dakwah Islam yang dilakukan Sunan Giri menitikberatkan pada bidang pendidikan. Pesantren Giri sering dikunjungi santri dari Jawa, Lombok, Madura, Kalimantan, Makassar, Hitu, dan Ternate. Dapat dikatakan bahwa sunan Giri merupakan tokoh pemersatu Indonesia di bidang agama Islam. Makam sunan Giri
30
6. SUNAN MURIA Sunan Muria merupakan guru tasawuf yang dikenal pendiam tetapi sangat tajam fatwanya. Ia tinggal di tempat yang sunyi, terpencil, dan jauh dari keramaian, yakni di kaki Gunung Muria. Beliau sering kali menyampaikan dakwah kepada masyarakat dari kalangan bawah, seperti petani, pedagang, dan nelayan. Ia juga seorang wali yang menyukai seni. Beberapa lagu mencapat bernuansa Islam diciptakannya, seperti SINOM dan KINANTI. 7. SUNAN KALIJAGA Sunan Kilijaga menyampaikan dakwah dengan sasaran golongan petani dan buruh. Ia mengadakan dakwah keliling ke luar kota Demak. Sarana Dakwah yang digunakan berupa pertunjukkan wayang kulit.
31
Makam sunan gunung jati Goa tempat menuju pemakaman sunan Bonang
terlahir sebagai SYARIF HIDAYATULLAH pada tahn 1448 Masehi. Setelah belajar dan mengunjungi banyak negara, ia pulang ke Cirebon dan menetap di Bukit Muara Jati. Selama hidupnya, ia telah mengukuhkan kekuatan agama Islam di jawa bagian barat. Syarif Hidayatullah wafat pada tahun 1568 Masehi dan dimakamkan di Desa Astana, Gunung Sembung. 8. SUNAN BONANG Makam sunan gunung jati Goa tempat menuju pemakaman sunan Bonang
32
Disamping wali lokal atau ulama, muncul pula para pemikir Islam yang berjasa menyebarkan agama Islam. Di sulawesi selatan ( dato Ri bandang dan dato sulaiman). Tuan tunggang parangan di kalimantan timur. Sumbangan mereka yang berharga bagi perkembangan agama Islam di tanah air berupa karya-karya tulis. Beberapa pemikir Islam tersebut, yaitu Hamzah Fansuri, Nuruddin ar-Raniri, dan Bukhari al-Jauhari.
33
Faktor-faktor yang menyebabkan islam diterima di Indonesia
Syarat masuk Islam sangat mudah dengan mengucap kalimat syahadat saja Upacara-upacara dalam Islam sangat sederhana Agama Islam yang menyebar ke Indonesia disesuaikan tradisi Indonesia Agama Islam tidak mengenal kasta dan setiap manusia adalah sama
34
Faktor-faktor yang menyebabkan islam mudah diterima
Penyebaran agama Islam dilakukan secara damai Memakai strategi melalui perdagangan dan perkawinan Melalui kesenian Pendidikan yang terkait dengan ajaran Islam Tasawuf
35
SEKIAN DAN TERIMA KASIH
36
Latar Belakang Masuknya Ajaran Islam ke Indonesia
Sebab Khusus Sebab Umum Faktor-faktor yang menyebabkan Ajaran Islam diterima di Indonesia
37
Latar Belakang Masuknya Islam ke Indonesia dilihat dari dua sebab,yaitu
SEBAB UMUM Kaum pedagang memegang peranan penting dalam persebaran agama dan kebudayaan Islam. Letak Indonesia yang strategis menyebabkan timbulnya bandar-bandar perdagangan yang turut membantu mempercepat persebaran tersebut. .
38
Latar Belakang Masuknya Islam ke Indonesia dilihat dari dua sebab,yaitu
SEBAB UMUM Terjadi pembauran antar pedagang dari berbagai bangsa serta antara pedagang dan penduduk setempat. Terjadilah kegiatan saling memperkenalkan adat-istiadat, budaya bahkan agama. Bukan hanya melakukan perdagangan, bahkan juga terjadi asimilasi melalui perkawinan.
39
PERKEMBANGAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA
: DR.HAMKA Beliau mendukung pendapat yang mengatakan islam masuk Ke indonesia abad 7M dengan alasan bahwa pada tahun 674 M Raja Tacheh (arab) mengirimkan utusannya kepada Ratu Shima yang terkenal adil dan jujur.s elain itu di Jawa dijumpai orang Arab islam. Islam Masuk Ke Indonesia Abad 7 M ZAINAL ARIFIN ABAS Dia mengatakan bahwa tahun 668M ada utusan arab di cina yang telah mempunyai pengikut islam di indonesia DRS. JUNED PARIDURI Dia mengatakan bahwa tahun 670 di Barus Tapanuli (Sumatra Utara) Islam mulai masuk. Dasarnya adalah makam Syekh Mukaddin di Barus yang berangkat tahun Ha-min 48H/670 M. BERITA CINA ZAMAN DINASTI TANG Bahwa di Kanton/ Sumatra ada orang yang beragama islam.
40
Islam Masuk Ke Indonesia Pada abad ke 11 M
Pendapat ini didasarkan pada Adanya makam Fatimah bintimaimun di Leran, Gresik yang berangka tahun 1082 M.
41
Contoh gambar/ bukti Nisan fatimah Binti maimun marcopollo
42
Islam Masuk Ke Indonesia Pada abad ke 18 M
Pendapat ini berdasarkan bukti berikut : Berita Maecopolo yang pernah singgah di Sumatra Utara ketika ia mengadakan perjalanan dari cina ke Persia. di Sumatra Utara Marcopolo menjumpai orang yang telah memeluk agama Islam. Batu Nisan Malik Al- Saleh berangka tahun 1297 menunjukkan batu nisan seorang muslim.
43
Nisan makam Sultan Malik al-Saleh
44
Islam masuk ke indonesia abad ke 13 M
Pendapat ini didasarkan pada berita dari Ma Huan yang pernah singgah di Gresik tahun 1416. Disitu Ma-Huan melihat sudah banyakmasyarakat beragama islam.
45
Asal Usul Islam Di Indonsia Islam datang dari Arab
Islam masuk ke Indonesia dibawa langsung oleh para pedagang-pedagang arab Asal Usul Islam Di Indonsia Islam datang dari Gujarat (India) Para pedagang Gujarat yang beragama islam datang ke Indonesia untuk berdagang. Selain berdagang, mereka juga menyebarkan agama islam. Bukti lain bahwa islam datang dari Gujarat antara lain: Unsur-unsur Islam di Indonesia menunjukkkan persamaanIslam di Gujarat. Bentuk Batu nisan Malik Al- Saleh yang mempunyai ciri-ciri yang hampir sama dengan batu nisan yang ada di India/Gujarat. Islam datang dari Persia Bukti-bukti yang mendukung pendapat ini adalah Berkembangnya tasawuf di indonesia,semula tasawuf berkembang di Persia.
47
PERKEMBANGAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA
Para Pedagang merupakan kelompok yang paling berjasa dalam awal penyebaran islam di Indonesia. Para pedagang muslim karena sisa-sisa waktu untuk pulang kembali ke negaranya masih longgar, mereka gunakan untuk berdakwah menyebarkan agama. Para Mubaligh Mubaligh adalah orang yang tugasnya menyampaikan ajaran agama. Para mubaligh lebih ahli dan lebih tahu keadaan atau kondisi masyarakat, sebab tugas mereka memang khusus untuk berdakah. Golongan Sufi Penyiaran agama melalui tasawuf terasa lebih cocok dengan kondisi masyarakat indonesia yang suka berbau mistik.
48
Ziarah Maulud Nabi Tarekrat Perkembangan Tradisi Islam diberbagai
daerah dari Abad Ke-15-18 Maulud Nabi Tarekrat
49
PERKEMBANGAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA
Perkembangan islam di pulau jawa Pada abad ke-11 ditemukannya batu nisan FATIMAH BINTI MAIMUN di Leran, Gresik YANG BERANGKA TAHUN 1082 Masehi dan sejumlah makam Islam di Gresik dan Troloyo ( Mojokerto) yang menunjukkan adanya perkampungan islam. Pertumbuhan masyarakat muslim di Jawa semakin menigkat tatkala munculnya kesultanan Demak pada sekitar tahun 1500 Masehi. Perkembangan Islam di Maluku Mulai terjadi pada abad ke-14 Masehi. kegiatan perdagangan di jalur Malaka-Maluku. Raja Ternate ke-12 yang bernama MALOMATIYA (1350 M-1357 M) bersahabat baik dengan pedagang-pedagang Arab. Sultan Ternate yang dianggap pertama kali memeluk Islam, yakni ZAINAL ZBIDIN (1465M-1468M). Sultan Zainal Abidin banyak memperoleh ajaran Islam dai Madrasah Giri di Jawa.
50
Perkembangan islam di Kalimantan
Kedatangan Islam di Kalimantan terjadi sejak abad ke-16 Masehi. Terjadinya perebutan kekuasaan yang menangkan oleh RADEN SAMUDRA yang setelah itu masuk islam dan bergelar SURYANULLAH. Masyarakat Kkalimantan Ttimur banyak yang berpindah agama setelah datang dua orang mubalig dari Sumatera Barat, yaitu DATOK RI BANDANG dan TUAN TUNGGANG PARANGAN. RAJA MAHKOTA ( Raja Kutai ) di kabarkan memeluk agama Islam setelah kesaktiannya dikalahkan tokoh-tokoh Islam. Di Kalimantan Barat, Islam datang melalui Sukadana pada tahun 1550 Masehi yang dibawa oleh orang-orang Arab dari Palembang.
51
Perkembangan Islam di Daerah Sulawesi
Islam dibawa oleh Para pedagang yang tiba melalui Malaka, Sumatera, dan Jawa. Menurut TOME PIRES, pada awal ABAD KE-16 Masehi di Sulawesi terdapat 50 buah kerajaan yang masih menyembah berhala. Raja-raja di Gowa dan Tallo resmi memeluk Islam sejak tahun 1605 Masehi. Tokoh-tokoh dari Sumatera Barat yang amat berperan menyebarkan Islam di Sulawesi Selatan, yaitu DATOK RI BANDANG, DATOK SULAEMAN, dan DATOK RI TIRO. Sejak awal abad ke-17, agma Islam dianut secara merata oleh masyarakat suku Makassar dan suku Bugis.
52
Islam masuk ke Lombok Islam masuk ke Lombok pada permulaan abad ke-16 Masehi. Tokoh yang berjasa menyebarkan Islam di Lombok adalah SULTAN PRAPEN, putra Sunan Giri. Ulama Arab berjasa menyebarkan agama Islam di Bali adalah SAYID MUHAMMAD AL-AYDRUS dan SAYID ALI BIN ABUBAKAR AL-HAMID. Mereka sering melakukan kegiatan dakwah Islam di daerah Klunkung. Pada abad ke-19 Masehi, beberapa daerah di Nusa Tenggara Timur telah terpengaruh ajaran Islam, seperti Sumba, sumbawa, dan Timor.
53
Peta Konsep Pengaruh Agama Islam di Indonesia Filsafat dan Ajaran Agama Islam Sistem Kalender Bidang Pemerintahan Seni Budaya
54
Pengaruh Agama Islam di Indonesia
Seni Budaya Bangunan Masjid, seni ukir dan seni lukis tradisional yang dijumpai pada bangunan masjid kuno dan keraton, seni tari dan seni musik seperti Seudati, yaitu seni tradisional rakyat Aceh yang berupa tarian atau nyanyian. Selain itu juga berkembang seni sastra Islam seperti hikayat, babad, dan suluk Filsafat dan Ajaran Agama Islam Tersusun ilmu yang menguraikan macam peraturan serta hukum guna menetapkan kewajiban masyarakat Islam kepada Tuhan, ilmu tasawuf dan ajaran Islam lainnya
55
Pengaruh Agama Islam di Indonesia
Sistem Pemerintahan Raja diganti dengan Sultan. Kedudukan raja tidak bersifat turun-temurun tetapi lebih bersikap demokratis. Sistem Kalender Setelah masuknya Islam kita mengenal sistem kalender Hijrah (Hijriyah)
56
Agama Islam disebarkan dengan jalan damai F A K T O R -
Diterima I S L m Tidak ada sistem kasta dalam agama Islam Upacara ritual dalam Islam cukup sederhana Syarat seseorang masuk Islam amat mudah Penyebaran Islam menyesuaikan dengan kondisi sosial budaya yang telah ada. Mundurnya kerajaan besar, yaitu Sriwijaya dam Majapahit
57
Babad Tanah Jawi Isi kitab ini menceritakan kerajaan-
Kerajaan di Jawa, sejak kerajaan Hindu- Budha sampai kerajaan Islam
58
Nisan makam Sultan Malik al-Saleh
59
Mesjid Atap Tumpang di Demak
60
Bangunan Masjid di Maluku
61
Gambar Kuno Masjid Sultan Ternate
62
UJI KOMPETENSI Bukti yang mengungkapkan bahwa islam telah masuk ke Indonesia pada abad ke 11 adalah.... Makam Fatimah Binti Maimun di Leran Gresik Makam Raja MalikuL Sholeh Diketemukan Yupa di Kutai d. Berita Marcopolo e. Bentuk Manara Mesjid Kudus Kunci : A
63
2. Faktor pendorong semakin cepatnya agama islam menyebar di Indonesia pada abad ke 13 – 16 adalah sebagai berikut kecuali.... Tidak adanya tantangan dari kerajaan-kerajaan Hindu Budha Masuknya dan berkembangnya islam bersama dengan masuknya tradisi Hindu Budha Peran para wali dalam proses penyebaran agama islam. Ajaran dianggap lebih demokratis dibandingkan dengan kebudayaan Hindu – Budha tidak adanya lapisan – lapisan sosial dalam masyarakat Kunci : B
64
Pada Bangunan mesjid yang menunjukan unsur kebudayaan islam terlihat pada bagian....
Pintu Gerbang Tempat Imam Tiang Penyangga Atap Tumpang Bentuk Fisik Kunci : B
65
Agama Islam mudah diterima oleh masyarakat Indonesia disebabkan oleh hal – hal sebagai berikut, kecuali.... Syarat masuk islam sangat mudah Agama Islam tidak mengenal kasta-kasta Upacara-upacara keagamaan Islam sangat rendah Penyebaran agama Islam di Indonesia disesuaikan dengan adat dan tradisi di Indonesia Runtuhnya Kerajaaan Sriwijaya dan Majapahit Kunci : E
66
Adanya akulturasi kebudayaan antara kebudayaan Islam dengan kebudayaan Indonesia dapat ditunjukkan melalui ... Perniagaan Bangunan istana Bangunan mesjid Sistem pemerintahan Sistem perekonomian Kunci : C
67
REFERENSI SEJARAH LATIHAN SOAL Karangan Drs Yana Karyana M.si Fefni Setiyani Spd Tahun 2007 SEJARAH Karangan Pro.Dr.M Habib Mustopo dkk, Penerbit Yudistira Tahun 2007 SEJARAH Kar angan I Wayan Badrika Penerbit Erlangga Tahun 2009
68
EMAiI : yayukyarnita@yahoo.co.id Telp : ( 0771 ) 61574
EDITOR: Dra. Agnes maria Eni P
70
TH3 3ND THANK YOU
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.