Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pengantar Sistem Pakar
Pendahuluan
2
DEFINISI SISTEM PAKAR Sebuah program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar (human expert).
3
APA ITU PAKAR (EXPERT) ? Seorang pakar/ahli (human expert) adalah seorang individu yang memiliki kemampuan pemahaman yang superior dari suatu masalah. Misalnya: seorang dokter, penasehat keuangan, pakar mesin mobil, dll.
4
Kemampuan kepakaran: Dapat mengenali (recognizing) dan merumuskan masalah Menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat Menjelaskan solusi Belajar dari pengalaman Restrukturisasi pengetahuan Menentukan relevansi/hubungan Memahami batas kemampuan
5
KEPAKARAN (EXPERTISE) ?
Pemahaman yang luas dari tugas atau pengetahuan spesifik yang diperoleh dari pelatihan, membaca dan pengalaman. Jenis-jenis pengetahuan yang dimiliki dalam kepakaran: Teori-teori dari permasalahan Aturan dan prosedur yang mengacu pada area permasalahan Aturan (heuristik) yang harus dikerjakan pada situasi yang terjadi Strategi global untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah Meta-knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan) Fakta-fakta
6
DATA = INFORMASI ? DATA INFORMASI PENGOLAHAN
Data: Nilai/value yang turut merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event) PENGOLAHAN Informasi merupakan hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya, yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan. INFORMASI
7
PENGETAHUAN (KNOWLEDGE)
INFORMASI PENGOLAHAN pengalaman, pelatihan PENGETAHUAN
8
KNOWLEDGE ? Data + processing = information
Information + processing (pengalaman, training, dll) = knowledge
9
Human Expert VS Expert System
10
Alasan mendasar mengapa ES dikembangkan untuk menggantikan seorang pakar:
Dapat menyediakan kepakaran setiap waktu dan diberbagai lokasi Secara otomatis mengerjakan tugas-tugas rutin yang membutuhkan seorang pakar. Seorang Pakar akan pensiun atau pergi Seorang Pakar adalah mahal Kepakaran dibutuhkan juga pada lingkungan yang tidak bersahabat (hostile environtment)
11
Sistem Pakar vs Sistem Konvensional
12
PEMINDAHAN KEPAKARAN Tujuan dari sebuah sistem pakar adalah untuk mentransfer kepakaran yang dimiliki seorang pakar kedalam komputer, dan kemudian kepada orang lain(non-expert). Aktifitas yang dilakukan untuk memindahkan kepakaran: Knowledge Acquisition (dari pakar atau sumber lainnya) Knowledge Representation (ke dalam komputer) Knowledge Inferencing Knowledge Transfering
13
Struktur Dasar Sistem Pakar
15
KNOWLEDGE BASE Definisi : Bagian dari sistem pakar yang berisi domain pengetahuan Berisi pengetahuan yang dibutuhkan untuk memahami, merumuskan dan menyelesaikan masalah. Terdiri dari 2 elemen dasar: Fakta, situasi masalah dan teori yang terkait Heuristik khusus atau rules, yang langsung menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah khusus.
16
WORKING MEMORY Definisi : bagian dari sistem pakar yang berisi fakta-fakta masalah yang ditemukan dalam suatu sesi Berisi fakta-fakta tentang suatu masalah yang ditemukan dalam proses konsultasi
17
INFERENCE ENGINE Definisi : Processor pada sistem pakar yang mencocokan fakta-fakta yang ada pada working memori dengan domain pengetahuan yang terdapat pada knowledge base, untuk menarik kesimpulan dari masalah yang dihadapi. Proses berpikir pada manusia dimodelkan dalam sistem pakar pada modul yang disebut Inference Engine.
18
STRUKTUR DETAIL SISTEM PAKAR
Terdiri atas 2 bagian : Development Environment (Lingkungan Pengembangan) Consultation Environment (Lingkungan Konsultasi)
19
Bagian-bagian yang secara umum ada pada struktur detail sistem pakar
Knowledge Aqcuisision System Knowledge Base Inference engine User Interface User Workplace (Blackboard) Explanation Subsystem Knowledge refining system
20
Contoh: IPEXCAD DESIGNER / USER USER INTERFACE INSTANCE BASE DOMAIN
KNOWLEDGE DESIGN DESCRIPTION KBI KB objects GDI INSTANCE BASE VERIFICATION inference engine knowledge base EXPERT SYSTEM EXBUILD prototype PROTOTYPE PROTOKIT CAD dadtabase interface AUTOCAD USER INTERFACE DESIGNER / USER
21
KNOWLEDGE AQCUISISTION
Meliputi proses pengumpulan, pemindahan, dan perubahan dari kemampuan pemecahan masalah seorang pakar atau sumber pengetahuan terdokumentasi (buku, dll) ke program komputer, yang bertujuan untuk memperbaiki dan atau mengembangkan basis pengetahuan (knowledge-base)
22
The Human Element in Expert Systems
Knowledge Engineer User Others
23
The Expert Has the special knowledge, judgment, experience and methods to give advice and solve problems Provides knowledge about task performance
24
The Knowledge Engineer
Helps the expert(s) structure the problem area by interpreting and integrating human answers to questions, drawing analogies, posing counterexamples, and bringing to light conceptual difficulties Usually also the System Builder
25
The User Possible Classes of Users
A non-expert client seeking direct advice (ES acts as a Consultant or Advisor) A student who wants to learn (Instructor) An ES builder improving or increasing the knowledge base (Partner) An expert (Colleague or Assistant) The Expert and the Knowledge Engineer Should Anticipate Users' Needs and Limitations When Designing ES
26
Other Participants System Builder Systems Analyst Tool Builder Vendors
Support Staff Network Expert
27
Kategori Problema Sistem Pakar
Kategori Problema Sistem Pakar secara umum: Interpretasi – membuat kesimpulan atau deskripsi dari sekumpulan data mentah. Prediksi – memproyeksikan akibat-akibat yang dimungkinkan dari situasi-situasi tertentu Diagnosis – menentukan sebab malfungsi dalam situasi kompleks yang didsarkan pada gejala-gejala yang teramati Desain – menentukan konfigurasi komponen-komponen sistem yang cocok dengan tujuan-tujuan kinerja tertentu yang memnuhi kendala - kendala tertentu Perencanaan – merencanakan serangkaian tindakan yang akan dapat mencapai sejumlah tujuan dengan kondisi awal tertentu
28
Debugging dan Repair – menentukan dan menginterpretasikan cara-cara untuk mengatasi malfungsi.
Instruksi – mendeteksi dan mengoreksi defisiensi dalam pemahaman domain subyek Pengendalian – mengatur tingkah laku suatu environment yang kompleks Selection – mengidentifikasi pilihan terbaik dari sekumpulan (list) kemungkinan Simulation – pemodelan interaksi antara komponen-komponen sistem Monitoring – membandingkan hasil pengamatan dengan kondisi yang diharapkan
29
Aplikasi Sistem Pakar
30
Aplikasi Sistem Pakar
31
Expert Systems Benefits
Increased Output and Productivity Decreased Decision Making Time Increased Process(es) and Product Quality Reduced Downtime Capture Scarce Expertise Flexibility Easier Equipment Operation Elimination of Expensive Equipment
32
Beberapa penggunaan Sistem Pakar
Operation in Hazardous Environments Accessibility to Knowledge and Help Desks Integration of Several Experts' Opinions Can Work with Incomplete or Uncertain Information Provide Training Enhancement of Problem Solving and Decision Making Improved Decision Making Processes Improved Decision Quality Ability to Solve Complex Problems Knowledge Transfer to Remote Locations Enhancement of Other MIS
33
Tugas Paper tentang salah satu aplikasi Sistem Pakar dalam bidang Engineering Abstraksi (Indonesia) Pembahasan (1 lembar): manfaat, metodologi/teknik yang digunakan, jumlah rule, aspek-aspek teknis lainnya Menentukan Kategori
34
Evaluasi Jelaskan pengertian sistem pakar
Jelaskan komponen sistem pakar Jelaskan keuntungan dan kerugian sistem pakar Sebutkan 3 permasalahan atau aplikasi yang dapat dibangun dengan sistem pakar
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.