Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehYenny Kartawijaya Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK TUNARUNGU
SUNGKONO TP FIP UNY
2
KOMPETENSI PESERTA WORKSHOP MEMAHAMI PERAN MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI ANAK TUNA RUNGU
3
INDIKATOR Peserta mampu: 1. menjelaskan pengertian media pembelajaran
2. mampu menjelaskan landasan penggunaan media pembelajaran 3. mengklasifikasi media pembelajaran 4. menjelaskan kriteria pemilihan media 5. menjelaskan kriteria penggunaan dan produksi media.
4
ISTILAH YANG PERLU DIPAHAMI
ALAT PERAGA ALAT BANTU ALAT PERMAINAN MEDIA PEMBELAJARAN SUMBER BELAJAR
5
PENGERTIAN MEDIA Media – medium: perantara/pengantar.
perantara pesan (materi pelajaran) dari komunikator ke komunikan.
6
PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN (Menurut para Ahli)
Schramm: teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Briggs:Alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar. Gagne: berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.
7
PENGERTIAN MEDIA (Menurut para ahli)
NEA: Sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual termasuk teknologi perangkat kerasnya. AECT: Segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran pesan.
8
Media Pembelajaran Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar.
9
PEMBELAJARAN SEBAGAI PROSES KOMUNIKASI
KOMUNIKATOR PESAN SALURAN KOMUNIKAN
10
KEDUDUKAN MEDIA DALAM SISTEM PEMBELAJARAN
Materi Tuj/Kom PEMB Media Evaluasi Metode
11
FUNGSI/PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN
MENGHINDARI TERJADINYA VERBALISTIK MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR MENARIK PERHATIAN MENGATASI KETERBATASAN RUANG, WAKTU DAN UKURAN MENGAKTIFKAN SISWA MENGEFEKTIFKAN PEMBERIAN RANGSANGAN UNTUK BELAJAR
12
FUNGSI/PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN
MENGATASI BENDA YANG TERLALU KECIL MENGATASI BENDA YANG BERGERAK TERLALU CEPAT. ………….
13
PERANAN MEDIA SEBAGAI MEDIA UTAMA SEBAGAI MEDIA PENUNJANG
14
MANFAAT MEDIA (DAYTON, 1985)
PENYAMPAIAN MATERI PEMBELAJARAN DAPAT DISERAGAMKAN PROSES PEMBELAJARAN LEBIH MENARIK PEMBELAJARAN LEBIH INTERAKTIF WAKTU BELAJAR LEBIH EFISIEN KUALITAS BELAJAR DAPAT LEBIH DITINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DAPAT TERJADI DIMANA SAJA DAN KAPAN SAJA SIKAP POSITIP SISWA SIKAP GURU DAPAT BERUBAH KE ARAH YG LEBIH POSITIF DAN PRODUKTIF
15
PERKEMBANGAN KOGNITIF (PIAGET)
SENSORI MOTOR PRA OPERASIONAL OPERASI KONKRIT OPERASI FORMAL
16
LANDASAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
I HEAR I FORGET (tuna rungu?) I SEE I REMEMBER * I DO I UNDERSTAND/ I KNOW
17
LANDASAN PENGGUNAAN MEDIA
PSIKOLOGIS TEKNOLOGIS EMPIRIS
18
BELAJAR TERJADI DENGAN: (tuna rungu?)
MEMBACA MELIHAT MENGATAKAN (isyarat) MENGATAKAN (isyarat) DAN MENGERJAKAN
19
KLASIFIKASI MEDIA BERDASARKAN BENTUK DAN CIRI FISIK
BERDASARKAN PERSEPSI INDERA BERDASARKAN PENGALAMAN YANG DIPEROLEH BERDASARKAN PENGGUNAANNYA BERDASARKAN TEMPATNYA …………….
20
KLASIFIKASI MEDIA (Berdasarkan Bentuk & Ciri Fisik)
Media Proyeksi Gerak: film, TV Diam: OHP Media Tanpa Proyeksi 2 Dimensi: gambar, poster, komik, karikatur, dll 3 Dimensi: benda asli, model, diorama,
21
KLASIFIKASI MEDIA (Berdasarkan Dria Manusia)
MEDIA VISUAL MEDIA AUDIO (tunarungu ?) MEDIA AUDIO VISUAL (tunarungu ?) MEDIA PERABAAN (tunanetra)
22
KLASIFIKASI MEDIA (Berdasarkan Pengalaman Yang diperoleh)
Pengalaman dari Benda Asli/riil Pengalaman dari Benda Tiruan
23
KLASIFIKASI MEDIA (Berdasarkan Keberadaannya)
Media yang ada di dalam kelas Media yang ada di luar kelas
24
KLASIFIKASI MEDIA (Berdasarkan Penggunaannya)
MEDIA UNTUK INDIVIDUAL MEDIA UNTUK KELOMPOK MEDIA UNTUK KLASIKAL
25
MEDIA PEMEBELAJARAN MEDIA SEDERHANA – MEDIA RUMIT
MEDIA ELEKTRIK – NON ELEKTRIK
26
KERUCUT PENGALAMAN (Edgar Dale)
27
MEDIA PEMBELAJARAN SINTAKSIS (BAGI ANAK TUNARUNGU)
PUZLE HURUF BALOK HURUF KARTU HURUF – PAPAN FLANEL KARTU KATA – PAPAN FLANEL SCRABLE KART PINTER PAPAN HURUF ………….
28
CONTOH MEDIA SCRABBLE
29
KRITERIA PEMILIHAN MEDIA
TUJUAN/KOMPETENSI KEEFEKTIFAN PESERTA DIDIK KETERSEDIAAN KUALITAS TEKNIS BIAYA FLEKSIBILITAS KENYAMANAN/AMAN KEMAMPUAN PENGGUNA
30
PRINSIP PENGGUNAAN MEDIA
HANYA BAIK UNTUK TUJUAN/KOMPETENSI TERTENTU BAGIAN INTEGRAL DARI PBM TIDAK SEKEDAR SELINGAN OBJEKTIF TIDAK SEKALIGUS
31
PRINSIP PEMBUATAN MEDIA
KESEDERHANAAN (SIMPLICITY) KESATUAN (UNITY) PENEKANAN (EMPHASIS) KESEIMBANGAN (BALANCE)
32
KAIDAH SENI YG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM DESAIN MEDIA
KOMPOSISI KESEIMBANGAN PROPORSI
33
TAHAP PRODUKSI MEDIA TAHAP PERANCANGAN TAHAP PEMBUATAN TAHAP EVALUASI
34
Terima kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.