Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehVeronika Sudjarwadi Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
PERTEMUAN 5 TextField merupakan turunan Item yang bisa menampung teks dan mengedit teks tersebut. TextField mempunyai ukuran maksimum, label dan format input. Beberapa vendor mengimplementasikan TextField sehingga ukuran TextField dapat secara otomatis membesar sesuai dengan input string yang dimasukkan. Berapa jumlah baris dan kolom yang ditampilkan TextField menjadi tanggung jawab dari vendor perangkat bergerak dalam pengimplementasiannya. Pada textfield terdapat enam format textfield yang memiliki fungsi berbeda-beda, adapun format dair textfield dapat di lihat pada table berikut :
2
FORMATKETERANGAN TextField.ANYmemasukkan karakter/input apapun kedalam TextField TextField.EMAILADDRMemasukan berupa alamat email TextField.NUMERICMemasukan data berupa bilangan bulat TextField.URLMemasukan data berupa alamat URL (Universal Resource Locator) TextField.DECIMALMemasukan data berupa bilangan desimal/pecahan TextField.PHONENUMBERMemasukan data berupa nomor telpon.
3
Selain itu TextField juga mempunya 6 prilaku terhadap input yang di berikan. Adapun prilaku itu dapat di lihat pada table :
4
Untuk memahami komponen Textfield, buatlah sebuah projext untuk login,Adapun langkah-langkahnya dapat di lihat di bawah ini : 1.Buah sebuah project baru dan beri nama latihan5, dan klik next
5
2. Pada Device Configuration pilih CLDC-1.1 dan pada Device Profile pilih MIDP-2.0 setelah itu klik finish
6
3. Buat sebuah MIDlet baru dan dengan cara klik kanan projet dan pilih new - MIDlet pada kotak dialog MIDlet isikan nama MIDlet dengan latihan_textfield, dan klik finish 4. Sebelum masuk ke script program tambahkan import javax.microedition.lcdui.*; 5. Pada class MIDlet setelah tulisan public class latihan_textfiled extends MIDlet, tambahakn script implements CommandListener 6. Siapkan komponen yang di butuhkan - komponen Display - komponen Command -komponen choicegroup Display nama_objek Command nama_objet ChoiceGroup nama_objek - komponen Textfiled -komponen Ticker Textfiled nama_objek Ticker nama_objek - komponen Form -komponen TextField Form nama_objek Textfield nama_objek
7
7. Buat sebuah class turunan dari MIDlet yang mana nama classnya harus sama dengan nama MIDlet public latihan_textfiled(){ 8. Membuat Form objek_form=new komponen(“tulisan yang di tampilkan); 9. Membuat Textfield untuk user name dan password objek_textfield_user=new komponen(“tulisan yang tampil","", masimal_karakter_input,prilaku_textfield); objek_textfield_pass=new komponen(“tulisan yang tampil","", masimal_karakter_input,prilaku_textfield); 10. Membuat command untuk login dan keluar objek_login=new Command(“kata yang tampil",tipe_command,prioritas_command); objek_keluar=new Command(“kata yabg tampil",tipe_command,prioritas_command); 11. Menambahkan objek Command ke dalam objek Form objek_form.addCommand(objek_command_login); objek_form.addCommand(objek_command_keluar);
8
12. menambahkan objekTextfield ke dalam objek Form objek_form.append(objek_textfield); 10. Menambahkan script supaya objek command nantinya aktif sewaktu di klik objek_form. setCommandListener(this); 11. Membuat class untuk login private void nama_class(){ if(objek_textfield_user.getString().equalsIgnoreCase(“nama_user")&& objek_password.getString().endsWith(“password")) { objek_form=new komponen_Form(“kata yang tampil"); objek_ textfiled=new komponen_TextField(“Tulisan yang tampil",“ ",maksimal_karakter,tipe_TextField); objek_chicegroup=new komponen_ChoiceGroup(“kata yang tampil",tipe_choicegroup); objek_choice.append(“kata yang tampil", null); objek_frm.append(objek_textfield); objek_form.append(objek_choice);
9
objek_command_kembali=new komponen_Command(“kata yan tampil",tipe_command,priorotas); objek_command_keluar=new komponen_Command(“kata yang tampil",tipe_command,priorotas); objek_form.addCommand(objek_command_kembali); objek_form.addCommand(objek_command_keluar); objek_form.setCommandListener(this); objek_display.setCurrent(objek_form); objek_form.setCommandListener(this); } 12. Membuat class untuk kembali private void nama_kelas_kembali(){ class ini berfungsi untuk login ulang, maka isinya sama dengan class turunan dari MIDlet } 13. Membuat class untuk keluar private void nama_kelas_keluar(){ destroyApp(true); notifyDestroyed(); }
10
14. Memanggil semua komponen supaya tampil pada layar pada method startApp() objek_display=Komponen_Display.getDisplay(this); objek_dispaly.setCurrent(objek_form);
11
15. Membuat command action untuk button Login if (c==login) { tampil(); } 16. Membuat command action untuk button Kembali if (c==kembali) { asd(); } 17. Membuat command action untuk botton keluar if(c==keluar) { Keluar(); }
12
Setelah selesai silahkan di running dan lihat hasilnya
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.