Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehGlenna Sutedja Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
1 Pertemuan 26 Review Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5
2
2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat menguraikan konsep Analisis dan Percangan Berorientasi Object Mahasiswa dapat menyatakan analisis dan perancangan berbasis object Mahasiswa mampu membuat diagram UML untuk menghubungkan proses bisnis. Mahasiswa mampu mendesign sisfo untuk kebutuhan bisnis Mahasiswa mampu mengembangkan kasus dengan model berorientasi object
3
3 Outline Materi Pengenalan OOAD Pemilihan Sistem Problem Domain –Classes –Stucture –Behaviour Aplication Domain –Use Case –Function –Interface
4
4 Component Design Architectural Design Application Domain Analysis Problem Domain Analysis Specifications of components Model Requirements for use Specifications of architecture Siklus Pengembangan Dengan OOAD
5
5 Siklus Pengembangan dengan OOAD Problem Domain analysis Classes Structure Behavior Architecture Design Model Component Function Component Connected Components Application Domain analysis Usage Functions Interface Component design Criteria Components Processes
6
6 Analisis Problem Domain System Definition Classes Behaviour Structure Model Iterate System definition: Suatu uraian ringkas dari suatu sistem terkomputerisasi yang dinyatakan dalam bahasa alami
7
7 System definition (FACTOR) Functionality: Fungsi sistem yang mendukung tugas application- domain. Application domain: Bagian dari suatu organisasi yang administrate, monitor, atau mengendalikan problem domain. Conditions: Dengan kondisi yang bagaimana sistem akan dikembangkan dan digunakan. Technology: Semua Teknologi yang digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan sistem. Objects: object Yang utama didalam problem domain. Responsibility: tanggung jawab sistem (kegunaan) secara keseluruhan dalam hubungannya dengan konteks sistem. F: Support for program design. Automate participant registration. A: Administration of speakers and participants. Control of conference papers. Program design. Participant registration. C: Volunteer labor has widely varying administrative experience. Development to proceed despite contradictory and missing requirements. T: Cheap PC platform with current tools. O: Speakers and participants. Conference papers and program. R: Administrative tool and communication medium.
8
8 Analisis Problem Domain System Definition Classes Behavior Structure Model
9
9 Object Vs Class Object adalah suatu entitas yang memiliki identitas, state, dan behavior Class adalah kumpulan dari object yang mempunyai structure, behavioral pattern, dan attributes yang bersamaan
10
10 Cari candidate Untuk Class Cari candidate Untuk event Evaluasi dan pilih Secara sistematis Event table Menentukan Class dan Event
11
11 Structure Asosiasi Generalisasi Agregasi
12
12 Mencari Pola untuk Structures Pola memberikan sumber inspirasi dan patokan untuk bagaimana memodel situasi Pola yang umum termasuk … –Role pattern: object dengan multiple roles –Relation pattern: relationship dengan attributes –Hierarchy pattern: –Item-descriptor pattern:
13
13 Behaviour Describe attributes Event table and class diagram Behavioural patterns with attributes Consider structures and classes Describe behavioural patterns Explore patterns
14
14 Definisi Event Trace –Urutan dari event yang terjadi pada suatu object Behavioural Pattern –Daftar kemungkinan event traces yang terjadi pada semua object didalam class Attribute –Keterangan property dari class atau event
15
15 Behaviour Explore Patterns The Stepwise Relation Pattern –Digunakan untuk associations dengan agregation multiple level The Stepwise Role Pattern –Digunakan untuk lifecycle yang menambah peran baru The Composite Pattern –Digunakan ketika part dapat ditambahkan secara rucursive
16
16 Problem Domain Analysis Application Domain Analysis Relative Stability of System Components Stable propertiesTransient properties ModelFunctionInterface The relative stability is why we analyse the problem domain before the application domain.
17
17 Aktivitas utama dalam Analisis Application Domain System Definition and model Usage Interfaces Functions Requirements Iterate (adapted from Mathiassen et al, 2000)
18
18 Actors dan Use Cases Actor: abstraksi dari user atau sistem lain yang berinteraksi dengan target sistem –Actors adalah orang yang mengerjakan pekerjaan Use case: pola interaksi antara sistem dan aktor didalam application domain –Ikuti proses bagaimana pekerjaan akan dilakukan
19
19 Functions “A facility for making a model useful for actors.” Express the intent of the system Express what is going to happen, but not how Need to find the right level of detail, –Too general is too uncertain –Too detailed is inefficient –Inexperienced developers need more detail
20
20 Tipe dari Functions * Effect of processing Initiative Update * IFM AD PD * Signal * IFM AD PD Compute * IFM AD PD Read * IFM AD PD Ada 4 tipe function utama Tipe Function : Kalsifikasi dari suatu function berdasarkan interaksi antara component dan context dari sistem
21
21 Terminologi Interface: Fasilitas yang membuat model sistem dan function dapat berinteraksi dengan actors. User interface: Interface untuk users. System interface: interface ke sistem lain. Usage context: The application domain characterized by actors and use cases.
22
22 Sub-activities in Interface Analysis Function list Class diagram Explore patterns Describe interface elements Determine interface elements Description of interfaces Use cases Evaluate interface elements (Mathiassen et al, 2000)
23
23 Explore User-Interface Patterns A user interface usually mixes several patterns or styles Four main patterns/styles –menu –form filling –command language –direct manipulation (also natural language)
24
24 What is Sequence Diagram? Sequence Diagram is a dynamic model of a use case, showing the interaction among classes during a specified time period. Sequence Diagram is used primarily to show the interactions between objects in the sequential order that those interactions occur. Illustrates how objects interacts with each other. Emphasizes time ordering of messages. Can model simple sequential flow, branching, iteration, recursion and concurrency.
25
25 What is Sequence.. (Cont’s) Illustrates how objects interacts with each other. Emphasizes time ordering of messages. Can model simple sequential flow, branching, iteration, recursion and concurrency.
26
26 Terima Kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.