Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehJohan Sudirman Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan
2
DISKRIPSI MATAKULIAH PENGANTAR DESKOMVIS 4 Matakuliah Pengantar Desain Komunikasi Visual 4 membahas tentang keberadaan dari Desain Komunikasi Visual dari berbagai macam sudut pandang. Pembahasan materi ditekankan pada fungsinya sebagai sarana penunjang dalam rangka penjualan suatu produk dari sebuah perusahaan. Penekanan diarahkan pada perencanaan sarana promosi yang dilakukan dalam rangka pengadaan sebuah event pameran
3
BUKU REFERENSI 1.Sutherland and Alice K, Advertising and The Mind of The Consumer, PPM, Jakarta, 2000 2.Agus Trijanto, Copy Writing, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002 3.William, F. Arens, Contemporary Advertising, Mac Graw-Hill, 2002 4.Pujiriyanto, Desain Grafis Komputer, Penerbit Andi, Yogyakata, 2005 5.Kartika, Dharsono Sony, Pengantar Estetika, Rekayasa Saint, Bandung, 2004
4
6.Sachari, Agus & Yan Yan Sunarya, Sejarah Dan Perkembangan Desain Indonesia, ITB, Bandung, 2002 7.Budi Setiyono, Reka Reklame, PPPI, Galang press, Yogyakarta, 2007
5
PENILAIAN Nilai Akhir Perkuliahan diperoleh dengan penggabungan komponen seperti berikut ini : Kehadiran : 10 % Quis: 20 % UTS : 30 % UAS : 40 %
6
RUANG LINGKUP PERKULIAHAN 1.Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup dalam Dunia Industri khususnya diarahkan pada penyelenggaraan event 2.Perencanaan pendukung event diantaranya Hanging Mobile, Spanduk dan Umbul-umbul 3.Perencanaan pendukung event diantaranya Baliho, Leaflet 4.Perencanaan pendukung event diantaranya Shophing Bag, Iklan Majalah
7
5.Perencanaan pendukung event diantaranya Poster, Payung, Mug 6.Perencanaan pendukung event diantaranya Iklan Koran, Kaos 7.Perencanaan pendukung event diantaranya Stand Pameran, Rack Display 5.Perancangan Desain manual ke dalam digital dengan mengunakan komputer Hanging Mobile, Spanduk, Umbul-umbul 6.Perancangan Desain manual ke dalam digital dengan mengunakan komputer Baliho, Leaflet
8
10. Perancangan Desain manual ke dalam digital dengan mengunakan komputer Shoping bag, Iklan Majalah 11. Perancangan Desain manual ke dalam digital dengan mengunakan komputer Poster, Payung dan Mug 12. Perancangan Desain manual ke dalam digital dengan mengunakan komputer Iklan Koran, Kaos 5.Perancangan Desain manual ke dalam digital dengan mengunakan komputer Stand Pameran, Rack Display 14.Persiapan Materi Presentasi Pertanggung Jawaban Karya
9
TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 4 KARAKTER DARI MEDIA VISUAL SHOPPING BAG DAN IKLAN MAJALAH 1.TUJUAN INSTRUKSIONAL 2.MATERI PERKULIAHAN 3.BUKU REFERENSI 4.QUIZ 5.LINLS KE INTERNET
10
TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa bisa memahami tentang pengertian Desain Komunikasi Visual secara menyeluruh dan memahami difinisi maupuan ruang lingkupnya dalam dunia industri khususnya dalam rangka pengadaan event promosi suatu perusahaan
11
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS 1.Mahasiswa dapat memahami serta menjelaskan pengertian desain komunikasi visual dari berbagai macam sumber 2.Mahasiswa dapat memahami serta menjelaskan tentang karakteristik dari media shopping bag 3.Mahasiswa dapat memahami serta menjelaskan tentang karakteristik dari media iklan majalah
12
4.1 Pengertian Shopping Bag Sebuah karya desain komunikasi visual atau desain grafis dalam bentuk media cetak yang mengkomunikasikan tema produk dari sebuah produk perusahaan. Shopping Bag adalah sebuah karya desain grafis yang berfungsi sebagai sarana pendukung promosi penjualan suatu produk baik berupa barang atau jasa Shopping Bag merupakan sarana atau material promosi guna mendukung penjualan produk perusahaan dengan bentuk khusus yang didesaian berdasarkan tema dalam suatu event
13
4.2 Fungsinya Shopping Bag berfungsi mengkomunikasikan pesan secara khusus melalui visualisasi tema produk yang dikampanyekan permukaan di bagian sisi-sisinya dalam rangka promosi penjulan. Shopping Bag biasanya berbentuk persegi panjang atau juga bisa digolongkan bentuk lain dimana wujudnya berbentuk dimensi atau mempunyai ruang guna menaruh isi Pada sisi luarnya terdapat unsur kata dan gambar yang mewakili tema dari kegiatan promosi Sebagai tanda Souvenir dan sekaligus berfungsi penempatan barang-barang atau produk belanjaan
14
4.3 Karakteristik Berbentuk media cetak Mempunyai ruang setelah dibentuk dalam proses finishingnya Penggunaannya selalu dibawa dengan penempatkan tali atau bentuk lain, misalnya potongan pada tas tersebut sebagai tempat pegangan tangan Ukuran berfariatif, mengacu pada ukuran dimensi terdiri panjang, lebar dan tinggi menurut ukuran kertas A4 atau A3 Pada bidang luar terdapat tema dengan unsur Copy Writing terdiri dari Head Line, Sub Head Line dan Body Copy
15
Adanya Art Directing sebagai unsur gambar yang mewakili beberapa komponen desain seperti gambar, warna, ruang, komposisi, gaya desain serta komponen lainnya Penggunaannya selalu dibawa dengan tangan
16
5.1 Pengertian Iklan Majalah Iklan Majalah merupakan karya desain komunikasi visual atau desain grafis dalam bentuk media cetak yang mengkomunikasikan tema produk dari sebuah produk perusahaan ditempatkan dalam isi majalah Iklan Majalah adalah sebuah karya desain grafis yang berfungsi sebagai sarana pendukung promosi penjualan suatu produk baik berupa barang atau jasa Iklan majalah merupakan sarana atau material promosi guna mendukung penjualan produk perusahaan dalam bentuk desain grafis yang ditempatkan di dalam isi majalah
17
2.2 Fungsinya Iklan Majalah berfungsi mengkomunikasikan pesan secara khusus melalui visualisasi tema produk yang dikampanyekan dalam rangka promosi penjulan. Iklan Majalah biasanya berbentuk persegi panjang mengacu pada ukuran kolom dan tinggi kolom pada sebuah majalah yang berukuran kertas A4. Iklan Majalah berfungsi sebagai penarik masa atau mempengaruhi massa khususnya pembaca dalam rangka kampanye suatu produk atau program event dari sebuah perusahaan
18
2.3 Karakteristik Berbentuk media cetak Secara visual mempunyai bentuk persegi panjang dengan mengacu pada ukuran kolom Besarnya ukuran desain tergantung dari keinginan berdasarkan berapa kolom dan tinggi kolom Bentuk visualnya kebanyakan mengacu pada bidang geometri, yaitu persegi panjang Adanya unsur Copy Writing terdiri dari Head Line, Sub Head Line dan Body Copy
19
Adanya Art Directing sebagai unsur gambar yang mewakili beberapa komponen desain seperti gambar, warna, ruang, komposisi, gaya desain serta komponen lainnya
20
SEKIAN PERKULIAHAN TOPIK 4 TERIMA KASIH
21
TUGAS Bacalah Buku Diktat Pengantar DKV Tulisan Teguh Imanto Bab I untuk memperdalam pengertian dari materi slide yang telah bahas di atas Beri tanda khusus untuk mengingat pokok pikiran dari materi di atas Lanjutkan dengan menjawab latihan soal pada halaman berikutnya
22
QUIZ Terangkan menurut anda pengertian Desain Komunikasi Visual Sebutkan dan Jelaskan secara lengkap ruang lingkup desain komunikasi visual SELAMAT BEKERJA
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.