Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehLanny Sugiarto Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK
Dosen bambang Irawan Referensi : Ali bahrami (Object oriented system development)
2
INTRODUCTION An overview Object basics Object state and properties
Behavior Methods Messages Information
3
TEXT BOOKS 1)Ali Bahrami, “Object Oriented System Development”, McGraw Hill International Edition, 1999. REFERENCES 1 Craig Larman, “Applying UML and Patterns”, 2nd Edition, Pearson, 2002. 2 Grady Booch, James Rumbaugh, Ivar Jacobson, “The Unified Modeling Language User Guide”, Addison Wesley Long man, 1999. Bernd Bruegge, Allen H. Dutoit, “Object Oriented Software Engineering using UML, Patterns and Java”,Pearson, 2004.
4
BOBOT PENILAIAN UAS : 25 % UTS : 25 % TUGAS MANDIRI : 10 %
TUGAS KELOMPOK : 40 % KEAKTIFAN :PENILAIAN TERSENDIRI DISIPLIN DAN KERAJINAN : PENILAIAN TERSENDIRI
5
INTRODUCTION Analisis berorientasi objek dan desain (OOAD) adalah pendekatan rekayasa perangkat lunak bahwa model sistem sebagai sekelompok objek yang berinteraksi. Setiap objek mewakili entitas kepentingan tertentu dalam sistem yang dimodelkan, dan ditandai oleh kelasnya, state (data elemen), dan perilakunya. Berbagai model dapat dibuat untuk menunjukkan struktur statis, perilaku dinamis, dan run-time obyek berkolaborasi. Ada beberapa notasi yang berbeda untuk mewakili model ini, salah satu model tersebut adalah: Modeling Language (UML
6
THE OBJECT MODEL pembangunan berorientasi Obyek menawarkan model yang berbeda dari pendekatan pengembangan perangkat lunak tradisional , yang didasarkan pada fungsi dan prosedur. Lingkungan Object-Oriented, software adalah kumpulan benda-benda diskrit yang mengenkapsulasi data dan fungsi untuk model dunia nyata "Objects". Obyek didefinisikan, untuk menjalankan fungsi yang diinginkan Siklus hidup object-Oriented mendorong pandangan dunia sebagai sistem co- operasi dan agen agen yang berkolaborasi. sistem berOrientasi objektif yang lebih mudah berkembang, bergerak fleksibel lebih kuat, dan lebih reusable daripada pendekatan struktur top-down. Sebuah orientasi objek memungkinkan bekerja di tingkat yang lebih tinggi dari abstraksi. menyediakan transisi antara fase yang berbeda dari pengembangan perangkat lunak Hal ini mendorong praktek-praktek pembangunan yang baik. mempromosikan reusabilitas(penggunaan kembali)
7
Basic Principles of Object Orientation
Encapsulation Abstraction Hierarchy Modularity
8
What is Abstraction? Manages Complexity Salesperson
Not saying Which salesperson – just a salesperson in general!!! Customer Product Manages Complexity
9
What is Encapsulation? Menyembunyikan implementasi dari klien Klien tergantung pada antarmuka How does an object encapsulate? What does it encapsulate?
10
1 Uses-case driven development.
Pendekatan terpadu (UA) adalah metodologi pengembangan perangkat lunak yang diusulkan dan digunakan konsep berikut terdiri dari Pendekatan Unified: 1 Uses-case driven development. 2. Utilizing the unified modeling language for modeling. 3. Object-Oriented analysis where it utilizing we case and object modeling. 4. Object-Oriented design 5. Responsibilities of reusable classes and maximum reuse. 6. The layered approach. 7. Incremental development and prototyping. 8. Continuous testing. Responsibilities of reusable classes and maximum reuse. . 5 6 . . 7 The layered approach. Object-Oriented design 4 2 Uses-case driven development. . 1 . Utilizing the unified modeling language for modeling. Object-Oriented analysis where it utilizing we case and object modeling. . 3 .
11
Order Processing System
What is Modularity? Memecah sesuatu yang kompleks menjadi potongan-potongan yang mudah untuk dikelola Order Processing System Billing Order Entry Fulfillment
12
What is Hierarchy? Asset RealEstate Savings BankAccount Checking Stock
Levels of abstraction Decreasing abstraction Increasing Asset RealEstate Savings BankAccount Checking Stock Security Bond Elements at the same level of the hierarchy should be at the same level of abstraction
14
THE ELEMENTS OF AN OBJECT MODEL
Elemen-elemen dari suatu model objek adalah kelas dan objek, atribut, operasi dan pesan.
15
Classes and Objects Kelas: kelas adalah definisi dari perilaku dan sifat dari satu atau lebih obyekdalam sistem. kelas mengikat data (atribut) dari suatu obyek dengan perilaku (operasi) yang dapat dilakukan.
16
What is a Class? Kelas adalah deskripsi dari sekelompok objek dengan sifat umum (atribut), perilaku (operasi), hubungan, dan semantik Sebuah objek adalah instance dari kelas kelas adalah abstraksi yang : Menekankan karakteristik yang relevan Menekan karakteristik lain
17
Sample Class Class Course Behavior Add a student Delete a student
Get course roster Determine if it is full a + b = 10 Class Course Properties Name Location Days offered Credit hours Start time End time
18
Representing Classes Professor
kelas direpresentasikan menggunakan persegi panjang compartmented Professor Professor Clark a + b = 10
19
Class Compartments Kelas terdiri dari tiga bagian
Bagian pertama berisi nama kelas Bagian kedua menunjukkan struktur (atribut) Bagian ketiga menunjukkan perilaku (operasi) Professor name empID create( ) save( ) delete( ) change( ) Class Name Attributes Operations
20
Classes of Objects How many classes do you see?
21
The Relationship Between Classes and Objects
Kelas adalah definisi abstrak dari sebuah objek mendefinisikan struktur dan perilaku dari setiap objek di kelas berfungsi sebagai template untuk membuat objek Obyek dikelompokkan ke dalam kelas Objects Class Professor Smith Professor Jones Professor Mellon Professor
22
Obyek Obyek: Sebuah objek adalah instance atau contoh spesifik dari sebuah kelas. Atribut dari kelas memiliki nilai tertentu dalam suatu obyek dari kelas itu, dan operasi dari kelas beroperasi pada atribut objek individu.
23
What is an Object? Physical entity Conceptual entity Software entity
Secara informal, suatu objek merupakan entitas, baik fisik, konseptual, atau perangkat lunak Physical entity Conceptual entity Software entity Truck Chemical Process Linked List
24
A More Formal Definition
sebuah objek adalah sebuah konsep, abstraksi, atau hal dengan batas-batas yg tajam dan makna untuk suatu aplikasi Sebuah objek adalah sesuatu yang memiliki: State Behavior Identity
25
Representing Objects : Professor ProfessorClark ProfessorClark :
Sebuah objek yang direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan nama digarisbawahi : Professor Professor Clark ProfessorClark : Professor ProfessorClark Class Name Only Object Name Only Class and Object Name
26
Atribut Atribut: Atribut adalah nilai data atau state yang menggambarkan obyek dan membantu untuk mensimbolkan satu objek yang lain dari kelas yang sama.
27
operasi Operasi: Operasi adalah sebuah perilaku atau fungsi yang obyek dapat melakukan 1. Jika objek yang diperlukan untuk melaksanakan solusi, maka itu adalah bagian dari ruang solusi 2. Jika objek diperlukan hanya untuk menggambarkan solusi, itu adalah bagian dari ruang masalah
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.