Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perencanaan Infrastruktur

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perencanaan Infrastruktur"— Transcript presentasi:

1 Perencanaan Infrastruktur
Dr. Ir. Sumijan, M.Sc Perencanaan Infrastruktur Program Pascasarjana (PPs) Magister Ilmu Komputer UPI-YPTK Padang

2 Fakta Big Data Skema data itu mencatat pengiriman data :
Youtube : video total durasi jam 45 miliar SMS : 540 juta Twitter : 400 juta Facebook : 360 juta foto diunggah Wikipedia : artikel diunggah Situs baru : website/lama baru per hari, dan seterusnya.

3 Fakta Big Data Di Amerika Serikat, 1,2 persen dari total daya listrik, dikonsumsi oleh server-server. Diperkirakan 0,5 persen emisi gas rumah kaca, berasal dari server dan data center. Dari penelusuran DataCenterKnowledge terhadap perusahaan-perusahaan yang merilis data resmi jumlah server mereka, perusahaan prosesor Intel merupakan pengguna server terbesar. 

4 Fakta Big Data Berdasarkan data perusahaan bulan Februari 2010, Intel memiliki  100 ribu server. Perusahaan yang bermarkas di Santa Clara AS itu memang memiliki banyak cabang dan fasilitas pabrik di berbagai negara di dunia. Jangan lupa, perusahaan yang bermarkas di Santa Clara AS ini juga merupakan produsen prosesor untuk berbagai model server. Jejaring sosial terbesar dunia Facebook juga masuk di jajaran atas dengan lebih dari 60 ribu server. Selain Intel, kebanyakan pengguna server dalam jumlah besar adalah perusahaan penyedia jasa hosting internet. Antara lain 1&1 Internet (70 ribu server), OVH (65 ribu server), dan Rackspace ( server).

5 Fakta Big Data Dengan berbagai layanan yang disediakan, Google diprediksi memiliki lebih dari 495 ribu server. Bahkan ada pula yang memprediksi bahwa Google kini memiliki lebih dari sejuta server. Berikutnya, raksasa software asal Redmond Washington AS, Microsoft, disebut-sebut di posisi kedua dengan prediksi lebih dari 218 ribu server. Perusahaan internet besar lain, Yahoo dan eBay masing-masing juga diperkirakan punya lebih dari 50 ribu server.

6 Evolusi Infrastruktur

7 FAKTA MEMBUKTIKAN GLOBAL COMPETITIVENESS INDEX
Peringkat Global Growth Competitiveness Index dari WEF th terhadap 142 negara yang disurvey, yaitu :  Singapura  Malaysia  Brunei  Thailand  Indonesia PUBLIKASI INTERNASIONAL  Indonesia (th 2010) tulisan  Thailand (th 2009) tulisan JUMLAH PATEN per JUMLAH PENDUDUK (th 2010)  Indonesia buah;  Malaysia buah INVESTASI LITBANG (th 2009)  Indonesia % dari PDB (Pemerintah : Swasta = 81.3% : 18.7%)  Thailand % dari PDB (Pemerintah : Swasta = 55 % : 45 %) 7 7 7

8 Infrastruktur Software Evolusi

9 Infrastruktur H/W

10 Kolaborasi

11 Koneksi Internet

12 Pertumbuhan Data

13 MANA YANG LEBIH CEPAT PERKEMBANGANNYA
Komputerkah (karena punya OS dan aplikasi) ? Alat komunikasikah (karena fungsi HP/Smartphone bisa akses Internet, dsb) ? Perangkat multimediakah (karena ada video cam, streaming, dsb) ?

14 Infrastruktur Kini dan Masa Depan
Konvergensi Digital

15 Apa Pengaruhnya ? Pengaruh langsung adalah peningkatan kecepatan, ketepatan, akurasi, dan kemudahan. Contoh: Pengiriman surat secara elektronis hanya memerlukan waktu singkat  Pencarian informasi dapat dilakukan secara seketika melalui Internet  browsing Ketelitian hasil perhitungan bisa ditingkatkan  komputasi numeris Pengelolaan data dalam jumlah besar dapat dilakukan dengan mudah  basis data Pemahaman fenomena kompleks bisa dipermudah  simulasi dan visualisasi

16 Apa Pengaruhnya ? TI tidak hanya mempermudah manusia dalam bekerja, berkomunikasi, dan menikmati hiburan, tetapi juga menawarkan cara-cara baru di dalam melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Contoh: Bekerja tanpa harus berkantor (mobile dengan menggunakan PDA-phone) Belajar tanpa harus hadir di kelas (konsep distance learning) Berjualan tanpa harus memiliki stok barang (on-demand trading) Berbelanja tanpa harus melihat barang secara fisis (on-line shopping)

17 Artinya … Teknologi informasi membuka peluang bagi kita untuk menemukan cara-cara baru yang lebih efektif dan efisien, yang sekarang mungkin belum terpikirkan Hal ini membuat kita harus membuka pikiran untuk menemukan cara-cara baru tersebut  pikiran tidak boleh terbatasi oleh apa yang sudah ada, tetapi harus mampu berinovasi

18 Contoh Inovasi Layanan Help Desk On-line Tracking
Banyak perusahaan/vendor TI di US yang mempercayakan layanan help desk (customer service) kepada perusahaan-perusahaan di India. Sambungan telpon hotline HD di vendor tersebut secara otomatis langsung dialihkan ke perusahaan outsource, dan diterima oleh operator yang berada di India. Customer tidak tahu bahwa yang berbicara dengannya adalah operator yg sama sekali bukan karyawan dari perusahaan vendor yang ia telepon. On-line Tracking Perusahaan courier besar seperti DHL atau UPS memiliki layanan on-line tracking yang memungkinkan pelanggan untuk mengetahui secara persis status keberadaan kiriman barang mereka. Tidak ada lagi keluhan tentang barang hilang atau tercecer yang tidak bisa dilacak. Faktor-faktor apa saja yang memungkinkan diwujudkannya layanan-layanan tersebut ?

19 Karakteristik Dunia Maya (Virtual)
Hubungan komunikasi secara langsung Kontak langsung antara “produsen” dengan “konsumen” Penjual dengan pembeli Aparat pemerintah dengan warga masyarakat Menghemat biaya, waktu, dan usaha, dengan cara memotong “perantara” Bisa memunculkan konflik saluran (channel conflicts) Penjualan offline tergeser oleh penjualan online Program e-learning dapat mengurangi tingkat kehadiran di kelas

20 Karakteristik Dunia Maya (Virtual)
Hubungan individual (satu-lawan-satu) Hubungan yang bersifat personal Kepercayaan menjadi sangat penting Memerlukan keluwesan – interaksi harus dapat dikustomisasi Bentuk interaksi just-in-time Interaksi dan akses dibuat pada saat diperlukan Kebutuhan yang muncul seketika memerlukan respons yang cepat juga

21 The World is Flat (Tom Friedman, 2006)
Sebelum era TI, tidak mungkin bagi seseorang yang tidak punya resource yang luar biasa besar untuk mengakses informasi secara luas Sekarang, dengan akses yang relatif murah, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses informasi TI, khususnya Internet, membentuk level of playing field yang sama bagi semua orang yang bisa mengaksesnya Pembedanya terletak pada bagaimana seseorang memanfaatkan informasi yang didapatnya

22 10 Flatteners (Tom Friedman, 2006)
Flattener #1: runtuhnya tembok Berlin 9/11/89 Simbol runtuhnya dunia otoriter dan munculnya tatanan yang lebih demokratik, berorientasi pasar bebas, dan berprinsip pada konsensus Flattener #2: munculnya web dan Netscape Simbol munculnya konektivitas informasi (dan segala yang terkait dengannya, termasuk orang) Flattener #3: munculnya sistem workflow Sistem produksi yang melibatkan banyak pihak yang terkoordinir dalam workflow yang solid Didukung oleh standar/protokol komunikasi data (mis: http, xml)

23 Flattener #4: uploading
Kecenderungan untuk mengupload informasi dan mendistribusikannya ke publik  merangsang keterlibatan (dan kekuatan) publik/komunitas Fenomena wikipedia, blog, gerakan Open Source Flattener #5: outsourcing Menyerahkan sebagian fungsi organisasi untuk dilaksanakan pihak lain TI memberi peluang bagi perusahaan kecil untuk ikut bermain dalam skema outsource (mis: di India)

24 Flattener #6: offshoring
Memindahkan pelaksanaan sebagian fungsi organisasi ke tempat lain untuk efisiensi, produktivitas, dsb Negara-negara tujuan offshore: China, Vietnam, Malaysia, … Flattener #7: supply-chaining Kecepatan dalam penyediaan produk/jasa dalam skala global, untuk menyesuaikan dinamika demand (kebutuhan) Contoh: Walmart, Sara

25 Flattener #8: insourcing
Melaksanakan fungsi organisasi pihak lain, dengan memanfaatkan resource dan potensi yang dimiliki  aliansi strategis baru Contoh: kerjasama UPS (perusahaan pengiriman/ kurir global) dengan Toshiba dalam layanan perbaikan (repair service) komputer Flattener #9: informing Kemudahan untuk mendapatkan informasi tentang apapun, kapanpun, dan dimanapun Fenomena Google, Yahoo, …

26 Flattener #10: steroids (akselerator)
Kemajuan teknologi digital yang memungkinkan orang bekerja secara mobile, personal, serta virtual PDA, VoIP (Skype), video conf, …

27 Skenario : Infrastruktur Modern

28 IT Trends – Peralatan komputer

29 INFRASTRUKTUR UPI-YPTK PADANG
29

30 INFRASTRUKTUR BLADE SERVER
30

31 Mobile Devices

32 Bergabung dalam satu Network

33 The Future for ICT Posisi satelit untuk pengendara mobil, memberitahu pengemudi di mana mereka berada dan di mana kemacetan lalu lintas. Dengan akurasi yang lebih besar ini benar-benar bisa mengendarai mobil di jalan menghindari mobil lain dan pejalan kaki?

34 The Future for ICT A new style WAP telephone.
Apakah ini cukup kecil untuk dikenakan di pergelangan tangan, atau menjadi ukuran cincin?

35 The Future for ICT DVD sekarang memegang banyak gigabyte data, cukup untuk sebuah film. Berapa lama lagi sebelum semua film yang pernah dibuat dapat disimpan ke disk?

36 The Future for ICT TV layar datar yang tersedia sekarang dengan harga.
Apakah setiap orang memiliki satu tergantung di dinding ruang duduk sebelum terlalu lama?

37 The Future for ICT Robot sedang dikembangkan yang lebih kecil dan lebih kecil untuk pekerjaan yang lebih rinci. Akankah robot pernah cukup kecil untuk berkeliling tubuh manusia mengirimkan kembali data dan melakukan operasi? Biometrik Technology

38 “Webolution” Tags Tags Smart Mobs Co-Creation Wikis Blogosphere Social
Networks The Long Tail Tags

39 Akses Lokal Pusat Data & Komputasi User Administrator
Akses dalam satu Gedung dengan Local Area Network Atau Wireless

40 Akses Jarak Jauh (Remote)
Internet Administrator User Akses melalui Internet - dari lokasi sembarang

41 Akses Jarak Jauh (Remote)
Administrator (di Padang) Bekerja di rumah Pusat Komputasi (di Jakarta)

42 Akses Jarak Jauh (Remote)
Administrator (di Padang) Bekerja di rumah Pusat Komputasi (di Jakarta)

43 Aplikasi e-Something e-Learning e-Classroom Video Conferencing
dan lain-lain

44 Cloud Computing Lokasi-independen komputasi
Server bersama menyediakan sumber daya, perangkat lunak, dan data ke komputer dan perangkat lain sesuai permintaan, seperti dengan jaringan listrik. Cloud computing merupakan evolusi alami dari luas adopsi virtualisasi arsitektur, berorientasi layanan dan komputasi utilitas. Rincian diabstraksikan dari konsumen, yang tidak lagi memiliki kebutuhan untuk keahlian dalam, atau kontrol atas, infrastruktur teknologi "di awan" yang mendukung mereka.

45 Cloud Computing Teknologi yang menggunakan internet dan virtual servers untuk mengelola aplikasi dan data, seakan pusat komputasi berada di lokal Akses hanya menggunakan Web Server, tanpa harus mempunyai “IT knowledge” Cloud computing mempunyai segemen aplikasi, infrastruktur dan platform

46 Cloud Computing Outsourcing Infrastruktur
Renting virtual infrastucture (Storage, Processing Power, Other media) Cost-effective Pengembangan platform “web based large scale application”


Download ppt "Perencanaan Infrastruktur"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google