Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas kelompok Pelayanan penjualan Nama : - Prima Calvin.P - Anton wijaya - Novita Gunawan - Julianto - Cristi Livine Lenia Kelas : XI TN 2 SMKN 2 Singkawang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas kelompok Pelayanan penjualan Nama : - Prima Calvin.P - Anton wijaya - Novita Gunawan - Julianto - Cristi Livine Lenia Kelas : XI TN 2 SMKN 2 Singkawang."— Transcript presentasi:

1 Tugas kelompok Pelayanan penjualan Nama : - Prima Calvin.P - Anton wijaya - Novita Gunawan - Julianto - Cristi Livine Lenia Kelas : XI TN 2 SMKN 2 Singkawang

2 Tipe-Tipe konsumen 1.Pendiam Konsumen tipe ini biasanya tidak banyak bicara. Jika tidak mendapatkan pancingan dari lawan bicaranya maka mereka tidak akan bicara. Cara menanganinya : - anda harus menyiapkan mental untuk lebih banyak bicara daripada mendengar. - memulai pembicaraan dengan hal-hal yang ringan dan tidak perlu membicarakan sesuatu yang berat kepadanya, apalagi langsung ke urusan penjualan.

3 2. Cerewet Meski tidak memancingnya konsumen tipe ini sangat aktif bicara. Mereka sangat mudah diajak berbicara dengan gaya yang santai dan akrab. Cara menanganinya : - Coba untuk menjadi pendengar dan biarkan konsumen berbicara. -Ikuti alur mereka sampai pada tahap tertentu kemudian belokkan alur pembicaraan sesuai keinginan anda. 3. Arogan Arogan merupakan salah satu tipe konsumen yang sulit menerima pendapat orang lain dan selalu menganggap pendapatnya lah yang paling benar.

4 Cara menanganinya : -B-Beri mereka kesempatan untuk memahami produk anda sesuai keinginanya misalnya lewat brosur atau produk sendiri. -J-Jangan coba-coba mengganggu kesendiriannya jika tidak ingin mendapatkan cacian -T-Tipe seperti ini sangat senang dipuji oleh karena itu pujilah mereka dengan sopan dan proposional. 4. Sombong Tipe sombong dimaknai sebagai seseoarang yang terlalu bangga dengan dirinya dan suka banyak berbicara dan sering kali memamerkan kemampuannya dan apa yang dimiliki.

5 Cara menanganinya : -Biarkan mereka berbicara sesuka hati -Memberi kesan seolah-olah anda menyetujui semua pendapat mereka -Pujilah sesuatu yang mereka banggakan -Rayu konsumen anda untuk menggunakan produk anda berdasarkan pembicaraan mereka sendiri 5. Hemat Orang hemat adalah orang yang terlalu memperhitungkan untung rugi dan memanfaatkan setiap hal yang akan dibelinya. Cara menanganinya : - Siapkan data dan hitungan setiap produk secara lengkap

6 -Sanpaikan manfaat dan fungsi setiap produk kepada konsumen -Jangan pernah mengabaikan perhitungan produk, bahkan perhitungan paling sepele sekali pun -Jangan pernah mengabaikan manfaat dan fungsi produk, bahkan manfaat dan fungsi produk, bahkan manfaat yang paling minor sekalipun 6. pembanding Tipe pembanding adalah konsumen yang sangat paham akan produk yang anda tawarkan. Bisa jadi konsumen tipe ini justru lebih menguasai produk anda bahkan produk kompetitor, jika anda tidak benar-benar mempelajari produk. Cara menanganinya :

7 -Kuasai produk semaksimal mungkin dan ilmu presentsi agar mampu meyakinkan tipe pembanding -Pelajari produk sejenis kompetitor -Jangan pernah bersedia masuk kedalam jebakan membanding-bandingkan produk tanpa memikirkan dampak yang di timbukan -Jika belum paham betul, sebaiknya mengajak rekan kerja senior anda

8 Sekian dan terima kasih


Download ppt "Tugas kelompok Pelayanan penjualan Nama : - Prima Calvin.P - Anton wijaya - Novita Gunawan - Julianto - Cristi Livine Lenia Kelas : XI TN 2 SMKN 2 Singkawang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google