Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER. Pengertian CBIS Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER. Pengertian CBIS Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

2 Pengertian CBIS Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengelolaan suatu data menjadi sebuah informasi berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.

3 Tahap Perkembangan Sistem Informasi Berbasis Komputer 1. Fokus Awal Data  Punched Car dan keydriven book keeping machines  Pengolah Data Elektronik (Electronic Data Processing/ EDP)  Sistem Informasi Akuntansi/ SIA(Accounting Information System)  Untuk menggambarkan sistem yang memproses aplikasi pengolahan data perusahaan

4 2. Fokus Baru pada Informasi  Sistem Informasi Manajemen/ SIM, dimana aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen  Fokus Revisi pada Pendukung Keputusan  Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System/DSS) dimana merupakan sistem penghasil informasi yang ditujukan pada masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat manajer Tahap Perkembangan Sistem Informasi Berbasis Komputer

5  SIM sumberdaya organisasi dimana dimaksudkan untuk menyediakan informasi pemecahan masalah bagi sekelompok manajer secara umum, sedangkan DSS dimasudkan untuk mendukung seorang manajer secara khusus Tahap Perkembangan Sistem Informasi Berbasis Komputer

6 3. Fokus Sekarang pada Komunikasi Otomatisasi Kantor (Office Automation) dimana memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik Aplikasi-aplikasi otomatisasi kantor 1. Konferensi jarak jauh(teleconferencing) 2. Voice mail 3. Surat Elektronik (Electronic Mail) Tahap Perkembangan Sistem Informasi Berbasis Komputer

7 4. Kalender Elektronik (Electronic Calendar) 5. Transmisi Faksimili (Facsimile transmission) 6. Dekstop Publishing 7. Fokus pada Konsultasi 8. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/ AI) Contoh: Sistem Pakar (Expert System) Tahap Perkembangan Sistem Informasi Berbasis Komputer

8 Model CBIS

9 Spesialis informasi Spesialis informasi merupakan istilah untuk menggambarkan pegawai perusahaan yang bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara system berbasis komputer. Ada 5 golongan utama spesialis informasi: 1. Analis system (system analist) Analis system adalah pakar dalam mendefinisikan masalah dan menyiapkan dokumentasi tertulis mengenai cara komputer membantu pemecahan masalah.)

10 Spesialis informasi 2. Pengelola database mempunyai tugas untuk memelihara database dan bekerja sama dengan pemakai dan analis system menciptakan database yang berisi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakai. Database merupakan suatu kumpulan data komputer yang terintegrasi, diatur dan disimpan menurut cara yang memudahkan pengambilan kembali.

11 Spesialis informasi 3. Spesialis jaringan (Network specialist) Spesialis jaringan bekerja sama dengan analis system dan pemakai membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumber daya komputer yang tersebar. 4. Programmer Menggunakan dokumentasi yang disiapkan oleh analis system untuk membuat program 5. Operator Mengoperasikan peralatan komputer berskala besar seperti komputer mainframe. Operator memantau layar komputer, mengganti ukuran kertas di printer, mengelola tape dan disk storage, dll.

12 Pengelolaan CBIS Dalam beberapa hal tiap subsistem CBIS identik dengan organisme hidup yakni lahir, tumbuh, matang, berfungsi dan mati. Proses evolusi tersebut dinamakan siklus hidup sistem (system life cycle – SLC). Pengembangan CBIS mengikuti system life cycle, yang terdiri dari : 1.Tahap Perencanaan, 2.Tahap Analisis, 3.Tahap Rancangan, 4.Tahap Penerapan, 5.Tahap Penggunaan.

13 Model SLC

14 Tanggung jawab untuk mengelola CBIS ditugaskan pada manajer. Manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Ketika manajer memilih untuk memanfaatkan dukungan para spesialis informasi, kedua pihak bekerjasama untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi solusi alternative, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, membuat basis data, dan menjaga kemutakhiran sistem.


Download ppt "SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER. Pengertian CBIS Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google