Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem adalah Suatu kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Sistem Informasi adalah sekumpulan elemen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem adalah Suatu kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Sistem Informasi adalah sekumpulan elemen."— Transcript presentasi:

1

2 Sistem adalah Suatu kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Sistem Informasi adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan (terintegrasi), yang mengumpulkan (atau mendapatkan), menyimpan, memproses, dan menyebarkan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan tujuan lain, baik orang maupun organisasi. Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen

3 TUJUAN SISTEM NFORMASI MANAJEMEN  Tujuan Umum Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

4  Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.  Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut pengendalian.  Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternatif disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.

5 BAGIAN SIM  Sistem Informasi Akuntansi (accounting information systems),  Sistem informasi pemasaran (marketing information systems),  Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).  Sistem informasi personalia (personnel information systems).  Sistem informasi distribusi (distribution information systems).  Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).  Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).  Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems).  Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).  Sistem informasi analisis software  Sistem informasi teknik (engineering information systems).

6 IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN  DATA VERSUS INFORMASI  -Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang relatif tidak berarti bagi pemakai, Sbg contoh, data dapat berupa jumlah jam kerja tiap pegawai dalam perusahaan. Saat data ini diproses, ia dapat diubah menjadi informasi.  -Informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti. Jika jam kerja tiap pegawai dikalikan dg upah/jam, hasilnya adalah pendapatan kotor. Jika angka-angka pendapatan kotor tiap pegawai dijumlahkan, penjumlahan tersebut adalah total biaya gaji bagi seluruh pegawai dlm perusahaan. Jumlah biaya gaji ini dapat menjadi informasi bagi pemilik perusahaan.  Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi (information processor)  Pengolah informasi adalah salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual. Pengolah informasi dapat meliputi elemen-elemen komputer, elemen-elemen non-komputer, atau kombinasi keduanya.

7 ORGANISASI JASA INFORMASI  Ada 5 golongan spesialis informasi: 1. Analis sistem bekerja sama dg pemakai mengembangkan sistem baru dan memperbaiki sistem yg ada. 2. Pengelola Database bekerja sama dg pemakai dan analis sistem menciptakan database yg berisi data yg diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakai. 3. Spesialis jaringan bekerja sama dg pemakai dan analis membentuk jaringan komunikasi datayg menyatukan berbagai sumber daya komputer yg tersebar. 4. Programmer menggunakan dokumentasi yg disiapkan oleh analis sistem untuk kode instruksi-instruksi yg menyebabkan komputer mengubah data menjadi informasi yg diperlukan pemakai. 5. Operator menangani peralatan komputer berskala besar seperti komputer mainframe dan komputer mini.operator memantau layar komputer, mengganti ukuran-ukuran kertas di printer, mengelola data ke konsumen, serta melakukan tugas-tugas operasional lainnya.

8 TAHAPAN UTAMA SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SYSTEM TERDIRI DARI:  a. Tahapan perencanaan (System Planning)  b. Analisis Sistem (System Analisis)  c. Desain Sistem (System Design)  d. Seleksi System (System Selection)  e. Implementasi System (System Implementation)  f. Perawatan System (Maintenance System)

9 Manajemen data adalah Aktivitas manajerial yang menggunakan teknologi sistem informasi dalam menjalankan tugas pengelolaan data organisasi untuk memenuhi kebutuhan informasi semua stakeholder bisnis mereka. Macam-macam Database Operational – menyimpan data yang detail yang dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis dan operasi perusahaan Distributed – database yang di ulang dan didistribusikan secara keseluruhan ataupun sebagian ke server jaringan pada berbagai lokasi External – berisi banyak sekali informasi yang tersedia dari layanan online komersial maupun dari berbagai sumber dalam World Wide Web

10 Macam dan Aplikasinya Computer based information system (CBIS) Hardware, Software, Data, Network, Policies and procedures, People, Sistem pendukung operasi (Operations support systems) Transaction Processing Systems (TPS), Process Control Systems, Enterprise Collaboration Systems, Sistem Pendukung Manajemen (Management Support Systems) Management Information Systems, Decision Support Systems, Executive Information Systems

11


Download ppt "Sistem adalah Suatu kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Sistem Informasi adalah sekumpulan elemen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google