Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN II Disampaikan oleh: Ruli Supriati, S.Kom

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN II Disampaikan oleh: Ruli Supriati, S.Kom"— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN II Disampaikan oleh: Ruli Supriati, S.Kom

2 OUTLINE TOPIK  Siklus hidup pengembangan sistem  Prinsip Dasar pengembangan SI  Review konsep dasar  Pihak yang terlibat dlm pengembangan SI

3 Siklus hidup pengembangan sistem adalah pendekatan melalui beberapa tahap untuk menganalisis dan merancang sistem yang dimana sistem tersebut telah dikembangkan dengan sangat baik melalui penggunaan siklus kegiatan penganalisis dan pemakai secara spesifik.

4 Langkah-langkah utamanya : Siklus Hidup pengembangan Sistem : Kebijakan dan perencanaan Sistem Analisis Sistem Desain (perancangan) Sistem Seleksi Sistem Implementasi (penerapan) Sistem Perawatan Sistem Pengembang an sistem Manajemen sistem Awal proyek sistem

5 Prinsip pengembangan sistem 1. Sistem Yang Dikembangkan Adalah Untuk Manajemen Sistem harus dapat mendukung kebutuhan manajemen 2. Sistem Yang Dikembangkan Adalah Merupakan Investasi Yang Besar Perhatikan benefit harus lebih besar dari pada cost dengan menggunakan cost-benefit analysis atau cost-effectivenes analysis

6 Prinsip pengembangan sistem 3. Sistem Yang Dikembangkan Memerlukan Orang Terdidik Manusia merupaka faktor utama yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu sistem, baik dalam proses pengembangannya penerapannya maupun dalam proses operasinya. 4. Diperlukan Tahapan Kerja Shcedule kerja sebagai tahapan-tahapan kerja dan tugas- tugas pekerjaan yang akan dilakukan.

7 Prinsip pengembangan sistem 5. Proses Tidak Harus Urut Langkah-langkah yang akan dilakukan tidak harus urut, tetapi dapat dilakukan secara bersama-sama. 6. Jangan Takut Pada Resiko Kegagalan Dalam pengembangan sistem, kegagalan adalah hal yang biasa jika takut pada kegagalan maka tidak akan pernah ada pengembangan sistem 7. Harus Ada Dokumentasi Pengembangan Sistem Dokumentasi harus dibuat dan dikumpulkan selama proses pengembangan sistem.

8 REVIEW KONSEP DASAR DISKUSI :  Ada perbedaan beberapa istilah berikut: Sistem informasi vs teknologi informasi

9 REVIEW KONSEP DASAR Sistem informasi: Kumpulan orang, data, proses, dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung suatu organisasi

10 REVIEW KONSEP DASAR Teknologi informasi: Seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informal. istilah yang digunakan untuk menggambarkan kombinasi teknologi komputer (HW dan SW) serta teknologi telekomunikasi (jaringan data, citra, dan suara)

11 REVIEW KONSEP DASAR  SI dikelompokkan ke dalam beberapa kategori sesuai fungsi dan jenis dukungannya pada organisasi : Transaction Processing System (TPS) Management Information System (MIS) Decision Support System (DSS) Expert System (ES)

12 Transaction Processing System (TPS) Transaction Processing System (TPS) biasa juga disebut dengan Sistem pemrosesan transaksi adalah sistem informasi terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses sejumlah besar data untuk transaksi bisnis rutin. Contohnya : Menghasilkan laporan untuk menyediakan rangkuman dari setiap transaksi.

13 Management Information System (MIS) Management Information System (MIS) atau Sistem informasi manajemen adalah Sebuah sistem informasi pada level manajemen yang berfungsi untuk membantu perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dengan meyediakan resume rutin dan laporan-laporan tertentu.

14 Decision Support System (DSS) Sistem informasi pada level manajemen dari suatu organisasi yang mengombinasikan data dan model analisis canggih atau peralatan data analisis untuk mendukung pengambilan yang semi terstruktur dan tidak terstruktur.

15 Expert System (ES) Representasi pengetahuan yang menggambarkan cara seorang ahli dalam mendekati suatu masalah.

16 Tahapan Utama siklus hidup pengembangan sistem 1.Tahapan perencanaan sistem (system planning) 2.Analisis Sistem (system analisis) 3.Desain Sistem (system design) 4.Seleksi Sistem (system selection) 5.Implementasi Sistem (system implementation) 6.Perawatan Sistem (system maintenance)

17 PIHAK YANG TERLIBAT SSiapa saja stakeholders dalam SI? 1.Manajer SI 2.Analis sistem 3.Programer 4.Pengguna akhir 5.Supporting end user 6.Manajer bisnis 7.Teknisi SI lainnya

18 Manajer SI Manajer SI itu berperan dalam mengalokasikan dan mengawasi proyek pengembangan sistem dari pada terlibat langusng dalam proses pengembangan sistem.

19 Analis Sistem Profesi yang bagus untuk memulai karir di bidang IT. Tugas itama dari seorang analis sistem adalah menentukan bentuk sistem yang akan dibangun nantinya.

20 Programer Programer adalah individu yang menjadi personel kunci dan menjalankan “dirty work” dalam pengembangan proyek sistem informasi. Tugas utama seorang programer adalah mengubah spesifikasi sistem yang diberikan oleh analis sistem ke dalam instruksi yang bisa dijalankan oleh komputer.

21 Manajer Bisnis Kepala departemen yang membawahi suatu divisi. Manajer ini penting karena memiliki kekuatan pendanaan pengembangan sistem.

22 Teknisi SI lainnya Teknisi jaringan dan teknisi perangkat keras. Perangkat lunak tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan perangkat kerasyang bekerja dengan baik.


Download ppt "PERTEMUAN II Disampaikan oleh: Ruli Supriati, S.Kom"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google