Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROSESAN TRANSAKSI Oleh KhoirohAinunFara(120413423785) Haryo Suryo Prabowo(120413423811) Irmaniar Astuti Ansori(120413423808) IrchamAdurrahim(120413423825)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROSESAN TRANSAKSI Oleh KhoirohAinunFara(120413423785) Haryo Suryo Prabowo(120413423811) Irmaniar Astuti Ansori(120413423808) IrchamAdurrahim(120413423825)"— Transcript presentasi:

1 PEMROSESAN TRANSAKSI Oleh KhoirohAinunFara( ) Haryo Suryo Prabowo( ) Irmaniar Astuti Ansori( ) IrchamAdurrahim( )

2 SISTEM INFORMASI FUNGSIONAL Sistem Informasi yang ditujukan untuk memberikan informasi bagi kelompok orang pada suatu perusahaan Untuk menawarkan layanan dalam ekonomi digital, perusahaan- perusahaan harus terus menerus meningkatkan sistem informasi fungsionalnya dengan menggunakan teknologi canggih. Informasi fungsional untuk akuntansi, penjualan dan pemasaran, manajemen produksi/operassi, dan lain-lainnya mendapatkan banyak data dari sistem pemrosesan transaksi.

3 TPS (transaction processing system) Sistem yang memproses berbagai transaksi rutin perusahaan. Selain itu, banyak aplikasi dan intelegensi bisnis, e- commerce, CRM, serta area lainnya yang menggunakan data serta informasi dari dua atau lebih sistem informasi fungsional. Oleh karena itu perlu adanya integrasi antar aplikasi sistem fungsional itu sendiri, dengan berbagai TPS, serta dengan berbagai aplikasi lainnya.

4 Gambaran dari sistem TPS

5 Sistem informasi fungsional mendukung berbagai jenis karyawan, dari para praktisi hingga manajer. Peran SIM Sistem Informasi Manajemen (SIM) menyediakan informasi ke para manajer (biasanya yang berada di tingkat menengah, seperti kepala departemen) dalam berbagai area fungsional, agar dapat mendukung berbagai tugas manajemen untuk perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian operasi, dan disediakan dalam berbagai laporan rutin. Laporan SIM SIM juga mengirimkan informasi ke gudang data perusahaan dan dapat digunakan untuk mendukung keputusan. SIM terutama menghasilkan laporan rutin, laporan khusus (berdasarkan permintaan), serta laporan pengecualian. Sistem informasi fungsional mendukung berbagai jenis karyawan, dari para praktisi hingga manajer. Peran SIM Sistem Informasi Manajemen (SIM) menyediakan informasi ke para manajer (biasanya yang berada di tingkat menengah, seperti kepala departemen) dalam berbagai area fungsional, agar dapat mendukung berbagai tugas manajemen untuk perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian operasi, dan disediakan dalam berbagai laporan rutin. Laporan SIM SIM juga mengirimkan informasi ke gudang data perusahaan dan dapat digunakan untuk mendukung keputusan. SIM terutama menghasilkan laporan rutin, laporan khusus (berdasarkan permintaan), serta laporan pengecualian. Sistem Fungsional dibagi menjadi Dua kategori Utama : Fungsi khusus dan fungsi umum

6 SISTEM INFORMASI PEMROSESAN TRANSAKSI “ Menurut Schell & McLeod (2008: 236), istilah system pemrosesan transaksi digunakan untuk menjelaskan system informasi yang mengumpulkan data menjadi informasi, dan menyediakan informasi tersebut bagi para pengguna yang terdapat di dalam dan di luar perusahaan”. Komputerisasi Berbagai Proses Transaksi Rutin Sistem informasi yang mendukung transaksi inti rutin disebut sebagai sistem pemrosesan transaksi (transaction processing system – TPS). Sistem pemrosesan transaksi memonitor, mengumpulkan, menyimpan, memproses, serta menyebarkan informasi ke semua transaksi perusahaan inti yang rutin. Tujuan Sistem Pemrosesan Transaksi Tujuan utama TPS adalah menyediakan semua informasi yang dibutuhkan oleh hukum, pihak manajemen, atau kebijakan perusahaan untuk mempertahankan perusahaan berjalan dengan baik serta efisien. “ Menurut Schell & McLeod (2008: 236), istilah system pemrosesan transaksi digunakan untuk menjelaskan system informasi yang mengumpulkan data menjadi informasi, dan menyediakan informasi tersebut bagi para pengguna yang terdapat di dalam dan di luar perusahaan”. Komputerisasi Berbagai Proses Transaksi Rutin Sistem informasi yang mendukung transaksi inti rutin disebut sebagai sistem pemrosesan transaksi (transaction processing system – TPS). Sistem pemrosesan transaksi memonitor, mengumpulkan, menyimpan, memproses, serta menyebarkan informasi ke semua transaksi perusahaan inti yang rutin. Tujuan Sistem Pemrosesan Transaksi Tujuan utama TPS adalah menyediakan semua informasi yang dibutuhkan oleh hukum, pihak manajemen, atau kebijakan perusahaan untuk mempertahankan perusahaan berjalan dengan baik serta efisien.

7 Berbagai Aktivitas dan Metode Sistem Pemrosesan Transaksi Apapun data tertentu yang di proses oleh TPS, di dalamnya terjadi proses yang dapat dikatakan standar, entah dalam perusahaan manufaktur, dalam perusahaan jasa atau dalam lembaga pemerintahan. Sistem akan memproses data dalam satu atau dua cara umum permrosesan secara batch atau online. 1. Pemrosesan batch, TPS yang memproses data dalam batch pada interval waktu yang tetap 2.Pemrosesan online, TPS yang memproses data setelah transaksi terjadi, sering kali secara real-time Berbagai Aktivitas dan Metode Sistem Pemrosesan Transaksi Apapun data tertentu yang di proses oleh TPS, di dalamnya terjadi proses yang dapat dikatakan standar, entah dalam perusahaan manufaktur, dalam perusahaan jasa atau dalam lembaga pemerintahan. Sistem akan memproses data dalam satu atau dua cara umum permrosesan secara batch atau online. 1. Pemrosesan batch, TPS yang memproses data dalam batch pada interval waktu yang tetap 2.Pemrosesan online, TPS yang memproses data setelah transaksi terjadi, sering kali secara real-time

8 Kegiatan PROGRAM TPS Perbarui basis data & PERINCIAN PENGECUALIAN Basis Data Operasional dengan data Transaksi Utama Permintaan Dan Jawaban PENGGUNA DOWNLOAD UPLOAD

9 Karakteristik Utama Sistem Pemrosesan Transaksi Data yang diproses dalam jumlah besar. Sumber data kebanyakan dari internal, dan hasilnya output TPS memproses informasi secara rutin: harian, mingguan, dua mingguan, dan seterusnya. Dibuthkan kapasitas penyimpanan yang besar Kecepatan pemrosesan yang tinggi karena besarnya volume, TPS memonitor dan mengumpulkan data yang telah terjadi. Pemrosesan berdasar permintaan adalah keharusan Sistem Pemrosesan Transaksi Online dan Berbasis Web Sistem pemrosesan transaksi bisa cukup rumit, melibatkan pelanggan, penjual, telekomunikasi, dan berbagai jenis peranti keras serta peranti lunak. TPS tradisonal terpusat dan berjalan dalam mainframe. Akan tetapi, inovasi seperti pemrosesan transaksi online membutuhkan arsitektur klien/server dan mungkin harus berbasis Web. Karakteristik Utama Sistem Pemrosesan Transaksi Data yang diproses dalam jumlah besar. Sumber data kebanyakan dari internal, dan hasilnya output TPS memproses informasi secara rutin: harian, mingguan, dua mingguan, dan seterusnya. Dibuthkan kapasitas penyimpanan yang besar Kecepatan pemrosesan yang tinggi karena besarnya volume, TPS memonitor dan mengumpulkan data yang telah terjadi. Pemrosesan berdasar permintaan adalah keharusan Sistem Pemrosesan Transaksi Online dan Berbasis Web Sistem pemrosesan transaksi bisa cukup rumit, melibatkan pelanggan, penjual, telekomunikasi, dan berbagai jenis peranti keras serta peranti lunak. TPS tradisonal terpusat dan berjalan dalam mainframe. Akan tetapi, inovasi seperti pemrosesan transaksi online membutuhkan arsitektur klien/server dan mungkin harus berbasis Web.

10 PEKERJAAN UMUM DALAM PEMROSESAN TRANSAKSI Pemrosesan transaksi terdapat dalam semua area fungsional. Di bagian ini akan dijelaskan secara terperinci sebuah aplikasi yang melintasi beberapa area fungsional-pemrosesan pesanan. Pemrosesan Pesanan Pemrosesan pesanan secara cepat dan efektif diakui sebagai kunci kepuasan pelanggan. Aktivitas Sistem Pemrosesan Transaksi lainnya Contohnya adalah lokasi kendaraan otomatis dan sistem pengutusan di singapura. Pemrosesan transaksi terdapat dalam semua area fungsional. Di bagian ini akan dijelaskan secara terperinci sebuah aplikasi yang melintasi beberapa area fungsional-pemrosesan pesanan. Pemrosesan Pesanan Pemrosesan pesanan secara cepat dan efektif diakui sebagai kunci kepuasan pelanggan. Aktivitas Sistem Pemrosesan Transaksi lainnya Contohnya adalah lokasi kendaraan otomatis dan sistem pengutusan di singapura.

11 PERANTI LUNAK PEMROSESAN TRANSAKSI Terdapat lusinan produk peranti lunak Sistem Pemrosesan Transaksi di pasar. Banyak yang didesain untuk mendukung transaksi di Internet. Pemilihan produk peranti lunak TPS memiliki beberpa fitur unik.

12


Download ppt "PEMROSESAN TRANSAKSI Oleh KhoirohAinunFara(120413423785) Haryo Suryo Prabowo(120413423811) Irmaniar Astuti Ansori(120413423808) IrchamAdurrahim(120413423825)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google