Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Sistem Informasi dalam Bisnis Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Sistem Informasi dalam Bisnis Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Sistem Informasi dalam Bisnis Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom

2 Pengantar SI2 Sistem Informasi Sistem informasi merupakan kombinasi teratur dari orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi, dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.

3 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI3 Teknologi Informasi Teknologi hardware komputer Teknologi software komputer Teknologi jaringan telekomunikasi Teknologi manajemen sumber daya data.

4 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI4 Area Pengetahuan Sistem Informasi Konsep-konsep dasar Teknologi informasi Aplikasi bisnis Proses pengembangan Tantangan manajemen.

5 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI5 Peran SI dalam Bisnis Mendukung proses dan operasi bisnis Mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya Mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif.

6 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI6 Peran SI dalam Bisnis Mendukung Proses dan Operasi bisnis Mendukung Pengambilan Keputusan dalam Bisnis Mendukung Berbagai strategi Untuk keunggulan kompetitif

7 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI7 Peran SI dalam Bisnis Contoh: Dalam sebuah toko ritel : SI digunakan untuk membantu mencatat pembelian pelanggan, menelusuri persediaan, membayar pegawai, membeli barang dagangan baru, dll. Membantu manajer mengambil keputusan barnag dagangan yang perlu ditambah atau dihentikan. Membuat mekanisme belanja online.

8 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI8 Peran SI dalam Bisnis Mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya Contoh : Keputusan mengenai lini barang dagangan apa yang perlu ditambah atau dihentikan atau mengenai jenis investasi apa yang dibutuhkan (biasanya dibuat setelah ada sebuah analisis dari sistem informasi berbasis komputer).

9 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI9 Peran SI dalam Bisnis Mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif Contoh : Manajemen toko membuat keputusan untuk memasang kios dengan layar sentuh yang terhubung ke situs e-commerce mereka untuk belanja online. Hal ini dapat menarik pelanggan baru dan membangun loyalitas pelanggan karena kemudahan belanja.

10 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI10 Peran e-business dalam Bisnis Merekayasa ulang proses bisnis internal Mengimplementasikan sistem e-commerce dengan para pelanggan dan pemasok Meningkatkan kerja sama perusahaan antaranggota tim bisnis dan kelompok kerja.

11 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI11 Tren dalam Sistem Informasi Pemrosesan transaksi ( ) Pelaporan manajemen ( ) Decision support ( ) Dukungan strategis dan pemakai akhir ( ) E-business dan e-commerce ( )

12 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI12 Tren dalam SI Pemrosesan Data : era tahun Sistem Electronic Data Processing (EDP) - Pemrosesan transaksi, pencatatan, dan aplikasi akuntansi tradisional Pelaporan Manajemen : era tahun Sistem Informasi Manajemen - Laporan manajemen untuk informasi yang telah ditentukan Terlebih dulu dalam rangka mendukung pengambilan keputusan Decision Support : era tahun Decision Support System - Dukungan interaktif khusus untuk proses pengambilan keputusan manajerial Dukungan Strategis dan Pemakai Akhir : era tahun Sistem End-User Computing, Executive Information System, Expert System, Sistem Informasi Strategis E-Business dan E-commerce : era tahun Perusahaan yang dijalankan melalui web dan operasi e-business global serta e-commerce melalui internet, intranet, Ekstranet, dan jaringan lainnya Peran SI dalam bisnis dan manajemen yang meluas Keterlibatan yang makin luas para pemakai akhir dan Manajer dalam SI

13 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI13 Jenis-Jenis SI Sistem Informasi Sistem Pendukung Operasi Sistem Pendukung Manajemen Sistem Pemrosesan Transaksi Sistem Pengendalian Proses Sistem Kerjasama Perusahaan Sistem Informasi Manajemen Sistem Pendukung Keputusan Sistem Informasi Eksekutif Dukungan Untuk Operasi Bisnis Dukungan Untuk Pengambilan Keputusan Manajerial Informasi yang Dibentuk untuk Para Eksekutif Pendukung Keputusan yang Interaktif Pelaporan yang Telah Ditentukan untuk Manajer Pemrosesan Transaksi Bisnis Pengendalian Proses Industrial Kerjasama Tim dan Kelompok Kerja

14 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI14 Sistem Pendukung Operasi Sistem pemrosesan transaksi Mencatat serta memproses data yang dihasilkan dari transaksi bisnis. Sistem pengendalian proses Mengawasi dan mengendalikan proses fisik. Sistem kerjasama perusahaan Meningkatkan komunikasi dan produktivitas tim serta kelompok kerja.

15 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI15 Sistem Pendukung Manajemen Sistem informasi manajemen Memberikan informasi dalam bentuk laporan dan tampilan pada para manajer dan banyak praktisi bisnis. Sistem pendukung keputusan Memberikan dukungan komputer langsung pad para manajer selama proses pengambilan keputusan. Sistem informasi eksekutif Memberikan informasi penting dari berbagai sumber internal dan eksternal dalam tampilan yang mudah digunakan bagi para eksekutif dan manajer.

16 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI16 Klasifikasi Sistem Lainnya Sistem pakar Sistem manajemen pengetahuan Sistem bisnis fungsional Sistem informasi strategis Sistem informasi lintas fungsi.

17 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI17 Fungsi Sistem Informasi Area fungsional utama dari bisnis Kontributor penting dalam efisiensi operasional, produktivitas, dan moral pegawai serta layanan dan kepuasan pelanggan Sumber utama informasi dan dukungan yang dibutuhkan untuk menyebarluaskan pengambilan keputusan yang efektif Bahan yang sangat penting dalam mengembangkan produk dan jasa yang kompetitif Peluang berkarir yang dinamis, memuaskan, serta menantang Komponen penting dari sumber daya, infrastuktur, dan kemampuan perusahaan bisnis yang membentuk jaringan.

18 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI18 Sumber Daya Informasi Sumber daya manusia Sumber daya hardware Sumber daya software Sumber daya data Sumber daya jaringan.

19 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI19 Aktivitas Sistem Informasi Input sumber daya data Pemrosesan data menjadi informasi Output produk informasi Penyimpanan sumber daya data Pengendalian kinerja sistem


Download ppt "Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Sistem Informasi dalam Bisnis Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google