Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Sistem Pendukung Keputusan Lecture Note : Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Sistem Pendukung Keputusan Lecture Note : Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Sistem Pendukung Keputusan Lecture Note : Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom

2 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI2 Informasi, Keputusan, dan Manajemen Jenis informasi yang dibutuhkan oleh pengambil keputusan dalam perusahaan berhubungan langsung dengan tingkat pengambilan keputusan manajemen dan jumlah struktur dalam situasi keputusan. Jenis informasi yang dibutuhkan oleh pengambil keputusan dalam perusahaan berhubungan langsung dengan tingkat pengambilan keputusan manajemen dan jumlah struktur dalam situasi keputusan.

3 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI3 Informasi, Keputusan, dan Manajemen Manajemen Taktis Manajer Unit Bisnis dan Tim Mandiri Terstuktur Manajemen Operasional Manajer Operasional dan Tim Mandiri Mana-jemenStrategis Eksekutif&Direktur Keputusan Telah ditentukan Stuktur Keputusan Karakteristik Informasi Tak Terstruktur Semi Terstruktur Terstruktur Informasi Ad Hoc Tak terjadwal Diringkas Jarang Pandangan ke depan Eksternal Cakupan Luas Terjadwal Rinci Sering Historis Internal Fokus sempit

4 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI4 Informasi, Keputusan, dan Manajemen Informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan dianggap berkualitas apabila telah memiliki 3 dimensi: waktu, isi, dan bentuk. Informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan dianggap berkualitas apabila telah memiliki 3 dimensi: waktu, isi, dan bentuk. 1. Dimensi waktu Ketepatan waktu, kekinian, frekuensi, periode waktu. 2. Dimensi isi Keakuratan, relevansi, kelengkapan, keringkasan, cakupan, kinerja. 3. Dimensi bentuk Kejelasan, rinci, urutan, presentasi, media.

5 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI5 Perbandingan antara SIM dan SPK Pembanding Sistem Informasi Manajemen Sistem Pendukung Keputusan Pendukung keputusan yang disediakan Menyediakan informasi mengenai kinerja organisasi Menyediakan informasi dan teknik pendukung keputusan untuk menganalisis masalah khusus atau peluang Bentuk informasi dan frekuensi Respons dan laporan periodik, pengecualian, permintaan, dan pendorong Respons dan permintaan yang interaktif Format informasi Format tetap dan telah ditentukan sebelumnya Format yang dapat diadaptasi interaktif Metodologi pemrosesan informasi Informasi yang telah diproduksi dengan ekstraksi dan manipulasi data bisnis Informasi yang diproduksi dengan pemodelan analitis dari data bisnis

6 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI6 Tren Pendukung Keputusan Pada awal mulanya, sistem informasi berawal dari: Pada awal mulanya, sistem informasi berawal dari: 1. Sistem informasi manajemen klasik (1960-an) 2. Sistem pendukung keputusan (1970-an) 3. Sistem informasi eksekutif (1980) Pertumbuhan ekstranet, internet korporat, internet menmpercepat pengembangan dan penggunaan alat software pendukung keputusan seperti kecerdasan bisnis (business inteligence-BI). Pertumbuhan ekstranet, internet korporat, internet menmpercepat pengembangan dan penggunaan alat software pendukung keputusan seperti kecerdasan bisnis (business inteligence-BI).

7 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI7 Tren Pendukung Keputusan Kecerdasan Bisnis Sistem Pendukung Keputusan Sistem Manajemen Pengetahuan Pemrosesan Analisis secara Online Penambangan Data Sistem Informasi Manajemen Aplikasi kecerdasan bisnis berdasarkan analisis informasi berbasis web, manajemen pengetahuan, dan teknologi pendukung keputusan.

8 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI8 Sistem Pendukung Keputusan SPK (decision support systems-DSS) adalah sistem informasi yang menyediakan dukungan informasi yang interaktif bagi manajer dan praktisi bisnis selama proses pengambilan keputusan. SPK (decision support systems-DSS) adalah sistem informasi yang menyediakan dukungan informasi yang interaktif bagi manajer dan praktisi bisnis selama proses pengambilan keputusan. SPK menggunakan model analitis, database khusus, penilaian dan pandangan pembuat keputusan, dan proses pemodelan berbasis komputer yang interaktif untuk mendukung keputusan bisnis yang semi terstruktur dan tak terstruktur. SPK menggunakan model analitis, database khusus, penilaian dan pandangan pembuat keputusan, dan proses pemodelan berbasis komputer yang interaktif untuk mendukung keputusan bisnis yang semi terstruktur dan tak terstruktur.

9 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI9 Sistem Pendukung Keputusan Software Warisan Penjelajah Web Software Lainnya Fungsi Interface Pemakai Multimedia Hiperlink, Visualisasi 3D Fungsi Manajemen Model Pemodelan Analitis, Analisis Statistik Fungsi Manajemen Data Ekstrasi, Validasi, Sanitasi, Integrasi, dan Replikasi Data Data operasional Data Pasar Data Penjualan Data Rekening Pelanggan Basis Model Komponen software yang terdiri dari model yang digunakan dalam rutinitas komputasional dan analitis yang secara matematis menyatakan hubungan antarvariabel. Database Komponen Sistem Pendukung Kepitisan Pemasaran Berdasarkan Web

10 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI10 Sistem Pendukung Keputusan Penggunaan sistem pendukung keputusan melibatkan empat jenis dasar aktivitas pemodelan analitis : Penggunaan sistem pendukung keputusan melibatkan empat jenis dasar aktivitas pemodelan analitis : 1. Analisis jika-maka 2. Analisis sensitivitas 3. Analisis pencarian sasaran 4. Analisis optimisasi

11 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI11 Sistem Pendukung Keputusan Tujuan penambangan data untuk pendukung keputusan adalah untuk menyediakan pendukung keputusan bagi manjer dan praktisi bisnis melalui proses yang kadang-kadang disebut penemuan pengetahuan. Tujuan penambangan data untuk pendukung keputusan adalah untuk menyediakan pendukung keputusan bagi manjer dan praktisi bisnis melalui proses yang kadang-kadang disebut penemuan pengetahuan. Proses penambangan data dapat menunjukkan pola pembelian tindih, peluang, hubungan yang menguntungkan. Proses penambangan data dapat menunjukkan pola pembelian tindih, peluang, hubungan yang menguntungkan.

12 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI12 Bisnis dan AI Teknologi kecerdasan artifisial (artificial intelligence-AI) digunakan dalam berbagai cara untuk memperbaiki pendukung keputusan yang disediakan bagi manajer dan praktisi bisnis. Teknologi kecerdasan artifisial (artificial intelligence-AI) digunakan dalam berbagai cara untuk memperbaiki pendukung keputusan yang disediakan bagi manajer dan praktisi bisnis.

13 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI13 Gambaran Umum Kecerdasan Artifisial Kecerdasan artifisial adalah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasari oleh ilmu dengan tujuan untuk mengembangkan komputer yang dapat berfikir serta melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan sesuatu seperti manusia. Kecerdasan artifisial adalah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasari oleh ilmu dengan tujuan untuk mengembangkan komputer yang dapat berfikir serta melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan sesuatu seperti manusia.

14 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI14 Gambaran Umum Kecerdasan Artifisial Atribut Perilaku Cerdas Berpikir dan bernalar Berpikir dan bernalar Menggunakan penalaran untuk menyelesaikan masalah Menggunakan penalaran untuk menyelesaikan masalah Belajar dan paham dari pengalaman Belajar dan paham dari pengalaman Memperoleh dan menerapkan pengetahuan Memperoleh dan menerapkan pengetahuan Menampilkan kreativitas dan imijinasi Menampilkan kreativitas dan imijinasi Mengatasi situasi yang rumit dan membingungkan Mengatasi situasi yang rumit dan membingungkan Menanggapi situasi baru dengan cepat dan dengan berhasil Menanggapi situasi baru dengan cepat dan dengan berhasil Mengenali elemen-elemen yang penting dalam suatu situasi Mengenali elemen-elemen yang penting dalam suatu situasi Mengatasi informasi yang ambigu (ganda), tidak lengkap, dan salah Mengatasi informasi yang ambigu (ganda), tidak lengkap, dan salah Contoh beberapa atribut perilaku cerdas yang dimiliki AI

15 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI15 Gambaran Umum Kecerdasan Artifisial Sistem pakar Sistem belajar Logika yang kabur Algoritma genetis Jaringan syaraf Agen yang cerdas Persepsi visual Indera : peraba Ketangkasan Daya penggerak Navigasi Bahasa alami Pengenalan wicara Interface multisensor Realitas virtual Bidang Aplikasi Utama Dari Kecerdasan Artifisial


Download ppt "Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Sistem Pendukung Keputusan Lecture Note : Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google