Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Mengembangkan Solusi Bisnis / TI Lecture Note : Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Mengembangkan Solusi Bisnis / TI Lecture Note : Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Mengembangkan Solusi Bisnis / TI Lecture Note : Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom

2 Pengantar SI2 Pengembangan Sistem Informasi Cara sistematis yang digunakan untuk penyelesaian masalah dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan disebut pendekatan sistem (the systems approach). Pendekatan sistem diterapkan untuk pengembangan solusi sistem informasi terhadap masalah bisnis disebut pengembangan sistem informasi (information systems development).

3 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI3 Pendekatan Sistem Dalam menganalisis masalah dan menformulasi solusi pada pendekatan sistem melibatkan aktivitas yang saling berhubungan di bawah ini : 1. Kenali dan rumuskan masalah atau peluang dengan menggunakan pemikiran sistem. 2. Kembangkan dan evaluasi alternatif solusi sistem. 3. Pilih solusi sistem yang memenuhi persyaratan. 4. Desain solusi sistem yang terpilih. 5. Implementasikan dan evaluasi kesuksesan sistem yang telah didesain.

4 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI4 Pendekatan Sistem Menggunakan pemikiran sistem (system thinking) untuk memahami masalah adalah salah satu aspek yang paling penting dari pendekatan sistem karena : 1. Pendekatan sistem melihat hubungan internal antarsistem. 2. Pendekatan sistem melihat proses perubahan antarsistem. Alat yang digunakan dalam pemikiran sistem seperti konteks sistem, dll.

5 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI5 Siklus Pengembangan Sistem Investigasi Sistem Analisis Sistem Desain Sistem Implementasi Sistem Pemeliharaan Sistem Pahami masalah / Peluang Bisnis Kembangkan Solusi SI Implementasikan Solusi SI Tentukan bagaimana menghadapi peluang Lakukan studi kelayakan Kembangkan rencana manajemen proyek dengan persetujuan manajemen Analisis kebutuhan informasi pemakai Kembangkan persyaratan fungsional sistem Kembangkan spesifikasi sistem Kembangakan h/w atau s/w Uji sistem dan pelatihan pemakai Ubah ke sistem bisnis baru Kelola pengaruh perubahansistem terhadap pemakai akhir Gunakan proses tinjauan pasca implementasi

6 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI6 Pembuatan Prototipe (RAD) Pembuatan prototipe adalah pengembangan yang cepat dan pengujian terhadap model kerja (prototipe) dari aplikasi baru dalam proses yang interaktif dan berulang-ulang. Pembuatan prototipe membuat proses pengembangan sistem menjadi lebih cepat dan mudah khususnya untuk proyek dimana persyaratan pemakai akhir sulit dirumuskan.

7 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI7 Pembuatan Prototipe Identifikasi Kebutuhan Bisnis Pemakai Akhir Kembangkan Prototipe Sistem Bisnis Revisi Prototipe Memenuhi Kebutuhan Para Pemakai Akhir Dengan Lebih Baik Gunakan dan Pelihara Sistem Bisnis yang diterima Siklus Pembuatan Prototipe Siklus Pemeliharaan Analisis/ Penyelidikan Para pemakai akhir mengidentifikasi kebutuhan bisnis mereka dan menilai kelayakan beberapa alternetif solusi SI. Analisis / Desain Para pemakai akhir dan/atau pakar SI menggunakan alat pengembangan aplikasi secara interaktif mendesain dan menguji prototipe berbagai komponen SI yang memenuhi kebutuhan para pemakai akhir. Desain / Implementasi Prototipe sistem bisnis diuji, dievaluasi, dan dimodifikasi berulang-ulang hingga para pemakai akhir dapat menerimannya. Implementasi / Pemeliharaan Sistem bisnis yang dapat diterima dapat dimodifikasi dengan mudah karena sebagai besar dokumentasi sistem disimpan dalam disk

8 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI8 Memulai Proses Pengembangan Sistem Proses pengembangan sistem dimulai dari tahap investigasi sistem, dimana tahap ini diusulkan untuk memenuhi prioritas bisnis perusahaan dan peluang seperti yang diidentifikasi dalam proses perencanaan. Sehingga apabila hasil investigasi sistem belum memenuhi prioritas bisnis tidak dapat dilakukan pengembangan sistem yang lebih lanjut.

9 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI9 Memulai Proses Pengembangan Sistem Proposal TI untuk Memenuhi Prioritas Bisnis Strategis Kasus Bisnis Untuk Investasi Proyek e-Bussiness Perencanaan Untuk Pengembangan Aplikasi dan Implementasi Tujuan Utama Rencana Kegiatan Tanggapan Proposal TI adalah Laporan tertulis yang berisi informasi kebutuhan sumber daya, biaya, manfaat, & kelayakan proyek dari ahli SI atas temuan studi kelayakan

10 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI10 Memulai Proses Pengembangan Sistem Yang termasuk dalam studi kelayakan seperti kelayakan proyek dan analisis biaya dan manfaat. Kelayakan proyek dievaluasi dalam 4 kategori, yaitu : 1. Kelayakan organisasional 2. Kelayakan teknis 3. Kelayakan ekonomi 4. Kelayakan operasional Sedangkan analisis biaya dan manfaat dibagi menjadi biaya/manfaat berwujud (dapat dihitung) dan biaya / manfaat tidak berwujud (sulit diukur).

11 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI11 Analisis Sistem Analisis sistem merupakan studi mendalam mengenai informasi yang dibutuhkan oleh pemakai akhir yang menghasilkan persyaratan fungsional yang digunakan sebagai dasar untuk desain sistem informasi yang baru. Aktivitas yang dilakukan dalam tahap analisis sistem meliputi analisis organisasional, analisis sistem yang ada, analisis persyaratan fungsional.

12 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI12 Analisis Sistem 1. Analisis Organisasional Tim pengembangan harus mengetahui mengenai organisasi, struktur manajemen, karyawan, aktivitas bisnis, sistem lingkungan terkait, dan sistem informasi terbaru peluang/prioritas bisnis yang akan dikembangkan di perusahaan. 2. Analisis Sistem yang Ada Mempelajari sistem yang akan ditingkatkan (seperti penggunaan h/w, s/w, jaringan, SDM dalam pengolahan data), dan dokumentasi aktivitas sistem.

13 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI13 Analisis Sistem 3. Analisis Persyaratan Fungsional Menentukan kebutuhan informasi bisnis khusus seperti format, volume, frekuensi, waktu respon dalam menghasilkan informasi/laporan untuk setiap aktivitas sistem.

14 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI14 Desain Sistem Desain sistem menentukan bagaimana sistem akan memenuhi persyaratan fungsional yang terdiri dari aktivitas desain yang dikembangkan dari proses analisis sistem. Desain sistem terdiri dari desain interface pemakai, desain data, dan desain proses.

15 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI15 Desain Sistem 1. Desain Interface Pemakai Aktivitas desain interface pemakai berfokus pada dukungan interaksi antara pemakai akhir dan aplikasi berbasis komputer, seperti desain menarik dan efisien untuk layar tampilan input/output. 2. Spesifikasi Sistem Menformulasikan desain metode interface pemakai dan produk aplikasi, struktur database, serta pemrosesan dan prosedur pengendalian.

16 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI16 Pengembangan Pemakai Akhir Tidak seperti pengembangan sistem informasi pada umunya, pengembangan pemakai akhir lebih melibatkan pemakai akhir melakukan pengembangan aplikasi sendiri dan praktisi SI sebagai konsultan.

17 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI17 Pengembangan Pemakai Akhir Pengembangan pemakai terakhir harus berfokus pada aktivitas dasar dari sistem informasi, yaitu input, pemrosesan, output, penyimpanan, dan pengendalian. Pengedalian Pemrosesan Penyimpanan InputOutput

18 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI18 Pengembangan Pemakai Akhir Kemampuan pengembangan aplikasi yang dibangun pada berbagai paket software pemakai akhir telah menjadikannya lebih mudah digunakan bagi banyak pemakai untuk mengembangkan solusi berbasis komputer. Tips bagi perusahaan untuk mendorong dan mengelola pengembangan akhir, yakni: 1. Cari alat yang masuk akal 2. Pacu kreativitas 3. Tentukan beberapa batasan 4. Beri tanggung jawab pada manajer 5. Buat para pemakai merasa nyaman

19 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI19 Implementasi Setelah sistem informasi dirancang, sistem tersebut diimplementasikan sebagai sistem kerja.

20 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI20 Implementasi Aktivitas Implementasi Pembelian Hardware, Software, dan Layanan Pengembangan atau Modifikasi Software Konversi Data Pelatihan Pemakai Akhir Konversi Paralel Pencontohan (pilot) Bertahap Langsung

21 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI21 Mengevaluasi Hardware, Software, dan Layanan Untuk keperluan pengembangan sistem yang meliputi hardware, software, dan layanan, perusahaan dapat meminta pemasok untuk menyajikan tawaran dan proposal berdasarkan spesifikasi sistem menggunakan permintaan proposal. Perusahaan dapat menggunakan sistem evaluasi dengan memberi skor berdasarkan faktor evaluasi yang digunakan sebagai pembanding (kekuatan dan kelemahan) untuk setiap proposal.

22 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI22 Mengevaluasi Hardware, Software, dan Layanan HardwareSoftwareLayananNilai KinerjaKualitasKinerja BiayaEfisiensiPengembangan sistem KeadalanFleksibilitasPemeliharaan KompatibilitasKeamananKonversi TeknologiKonektivitasPelatihan ErgonomiPemeliharaanCadangan (backup) KonektivitasDokumentasiKemampuan akses KeluasanHardwarePosisi bisnis SoftwareFaktor-faktor lainnyaHardware DukunganSoftware Nilai Keseluruhan Faktor evaluasi dalam pemberian skor untuk hardware, software, dan layanan


Download ppt "Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Mengembangkan Solusi Bisnis / TI Lecture Note : Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google