Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Bab VI. Telekomunikasi dan Jaringan Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Bab VI. Telekomunikasi dan Jaringan Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Bab VI. Telekomunikasi dan Jaringan Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom

2 Pengantar SI2 Membentuk Jaringan Perusahaan Telekomunikasi dan teknologi jaringan bekerja dengan menggunakan internet dan merevolusi bisnis dan masyarakat dalam mengelola sumber daya dan opersioanal bisnis menjadi lebih efektif sehingga disebut perusahaan berjaringan (Networked Enterprises).

3 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI3 Tren Telekomunikasi Telekomunikasi adalah pertukaran informasi dalam bentuk apapun (suara, data, teks, gambar, audio, video) melalui jaringan berbasis komputer. Tren dalam bidang telekomunikasi mempengaruhi dalam pengambilan keputusan manajemen. Tren utama dalam telekomunikasi bisnis meliputi tren industri, tren teknologi dan tren aplikasi

4 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI4 Tren Telekomunikasi - Industri Pertumbuhan pesat dari internet menyebabkan jumlah pemasok dan jasa yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi perusaaah meningkat, demikian juga pengambilan keputusan bisnis para manajer Contoh spektrum jasa berbasis telekomunikasi : siaran TV, telepon, dll

5 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI5 Tren Telekomunikasi - Teknologi Lebih mengintensifkan penggunaan internet, optik serat digital dan teknolgi nirakabel untuk menciptakan kerja internet lokal dan global dengan kecepatan tinggi.

6 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI6 Tren Telekomunikasi – Aplikasi Bisnis Jaringan telekomunikasi memainkan peranan penting dan meluas dalam proses e-business berbasis web, e-commerce, kerja sama perusahaan, dan aplikasi bisnis lainnya yang mendukung tujuan strategis manajemen.

7 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI7 Jenis Jaringan Telekomunikasi 1.Jaringan Area Luas (Wide Area Network) 2.Jaringan Area Lokal (Local Area Network) 3.Jaringan Privat Virtual (Virtual Private Networks) 4.Jaringan Klien / Server (Client / Server) 5.Komputasi Jaringan (Network Centric) 6.Jaringan Rekan-ke-Rekan (Peer to Peer)

8 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI8 Jenis Jaringan Telekomunikasi – 1. Jaringan Area Luas (WAN) Jaringan WAN mencakupi area geografis yang luas seperti kota.

9 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI9 Jenis Jaringan Telekomunikasi – 2. Jaringan Area Lokal (LAN) LAN menghubungkan komputer dan alat pemrosesan informasi lainnya pada area fisik yang terbatas, misal kantor, kelas.

10 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI10 Jenis Jaringan Telekomunikasi – 3. Jaringan Privat Virtual (VPN) VPN adalah jaringan aman yang menggunakan internet namun menggunakan fitur pengamana untuk koneksi internet dan intranet.

11 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI11 Jenis Jaringan Telekomunikasi – 4. Jaringan Klien / Server Tempat kerja pemakai akhir disebut klien. Klien dihubungkan dnegan jaringan lokal dan berbagi pemrosesan aplikasi dengan server jaringan, yang juga mengelola jaringan. Sistem Klien Fungsi : menyediakan interface pengguna melakukan beberapa / kebanyakan pemrosesan suatu aplikasi Server Fungsi : komputasi bersama, pengendalian aplikasi, database yang didistribusikan Fungsi : Pengedalian database pusat, keamanan, manajemen direktori, pemrosesan berat Server Besar Mainframe LAN

12 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI12 Jenis Jaringan Telekomunikasi – 5. Komputasi Jaringan Komputasi jaringan memandang jaringan sebagai sumber komputasi jaringan dari semua lingkungan komputasi. Interface Pengguna Software Aplikasi Dan Sistem Database dan Manajemen Database Komputer jaringan dan klien yang lain menyediakan interface pemakai berbasis browser untuk pemrosesan applet Server aplikasi untuk sistem operasional multipemakai, software server web, dan apllet software aplikasi Server database untuk database web internet / intranet, database operasional, dan software manajemen database

13 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI13 Jenis Jaringan Telekomunikasi – 6. Jaringan Rekan-Rekan Munculnya aplikasi dan teknologi jaringan rekan ke rekan (peer to peer) untuk internet dianggap sebagai pengembangan yang akan memiliki dampak yang besar terhadap e-bussiness, e-commerce, dan internet sendiri.

14 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI14 Media Telekomunikasi Saluran telekomunikasi menggunakan berbagai media telekomunikasi mencakup : 1.Kabel Kabel berpasangan, kabel koaksial, kabel serat optik 2.Teknologi Nirkabel Setiap teknologi menggunakan jangkuan tertentu dalam spekturm elektromagnetik dari frekuensi elektromagnetik untuk mengurangi gangguan dan mendorong telekomunikasi yang efisien. Gelombang mikro teristerial Satelit komunikasi Sistem PCS dan selular LAN nirkabel Web nirkabel

15 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI15 Media Telekomunikasi - Kabel Kabel berpasangan Dua kawat tembaga yg diisolasi. Biasanya dgn ketebalan 1 mm/. Digunakan untuk kabel telepon. Kabel Koaksial Kabel yang terdiri dari kawat tembaga keras sebagai intinya yang terselubungi oleh suatu bahan isolasi. Kabel Serat Optik Kabel yang terbuat dari serabut- serabut kaca (optical fibers) yang tipis dengan diameter sebesar rambut manusia. Kecepatan kabel ini 10x lebih cepat dari Coaxial dan memiliki panjang maksimum 2000 – 3000m.

16 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI16 Media Telekomunikasi – Teknologi Nirkabel Gelombang mikro teristerial Gelombang ini melibatkan sistem gelombang mikro yang terikat pada bumi yang mengirim sinyal radio kecepatan tinggi dengan jalur antarstasiun penerima yang terletak 30 mil. Satelit komunikasi Satelit berfungsi sebagai stasiun peniar untuk sinyal komunikasi yang dikirim. Sistem PCS dan selular Menggunakan teknologi komunikasi radio yang terbagi berdasarkan area geografis yang kecil (sel).

17 Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI17 Media Telekomunikasi – Teknologi Nirkabel LAN nirkabel Digunakan sebagai solusi atas pemasangan dan perbaikan jaringan LAN menggunakan kabel yang sulit dan mahal. Contoh : bluetooth, Wi-Fi Web Nirkabel Contoh : 3G (untuk meningkatkan kecepatan transmisi nirkabel untuk aplikasi multimedia dan video)


Download ppt "Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom Pengantar SI1 Bab VI. Telekomunikasi dan Jaringan Lecture Note: Trisnadi Wijaya, SE, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google