Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Sebutkan 3 elemen komunikasi data? Serta gambarkan skemanya! 2. Jelaskan apa yang dimaksud media transmisi guided dan unguided? 3. Gambarkan skema.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Sebutkan 3 elemen komunikasi data? Serta gambarkan skemanya! 2. Jelaskan apa yang dimaksud media transmisi guided dan unguided? 3. Gambarkan skema."— Transcript presentasi:

1

2 1. Sebutkan 3 elemen komunikasi data? Serta gambarkan skemanya! 2. Jelaskan apa yang dimaksud media transmisi guided dan unguided? 3. Gambarkan skema komunikasi data? 4. Sebutkan dan jelaskan sistem komunikasi data berdasarkan bentuk penerapannya? 5. Jelaskan mengenai Realtime system, Batch processing system, Timesharing system, dan Distributed data processing system?

3 Secara umum, media transmisi untuk komunikasi data dibagi menjadi dua yaitu : 1. Media transmisi guided 2. Media transmisi unguided

4 Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data). Karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

5 Terdapat tiga jenis kabel yang digunakan sebagai media transmisi : 1. Twisted pair (kabel dua kawat) 2. Coaxial cable 3. Optic fibre (kabel serat optik)

6 Kabel Twisted Pair adalah salah satu dari beberapa tipe kabel yang dapat digunakan untuk membangun sebuahJaringan Komputer, khususnya pada Jaringan LAN.Kabel Twisted Pair merupakan kabel yang terdiri dari kabel yang saling melilit dan warna yang berbeda. Kabel Twisted Pair ini terdiri dari 2 jenis yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dan Unshielded Twisted Pair (UTP).Pada kedua jenis Kabel Twisted Pair ini tidak ada perbedaan yang spesifik bedanya kedua kabel ini adalah Shield dan Unshielded.

7 Kabel koaksial adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel ini banyak digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas. Karena kemampuannya dalam menyalurkan frekuensi tinggi tersebut, maka sistem transmisi dengan menggunakan kabel koaksial memiliki kapasitas kanal yang cukup besar. Ada beberapa jenis kabel koaksial, yaitu thick coaxial cab le (mempunyai diameter besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diameter lebih kecil).

8 Keunggulan kabel koaksial adalah dapat digunakan untuk menyalurkan informasi sampai dengan 900 kanal telepon, dapat ditanam di dalam tanah sehingga biaya perawatan lebih rendah, karena menggunakan penutup isolasi maka kecil kemungkinan terjadi interferensi dengan sistem lain. Kelemahan kabel koaksial adalah mempunyai redaman yang relatif besar sehingga untuk hubungan jarak jauh harus dipasang repeater-repeater, jika kabel dipasang diatas tanah, rawan terhadap gangguan-gangguan fisik yang dapat berakibat putusnya hubungan.

9 Fiber optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyalcahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED.

10 Kabel fiber optik modern dapat membawa sinyal digital dengan jarak kurang lebih 60 mil (sekitar 100 Km). Pada jalur distribusi jarak jauh biasanya terdapat peralatan tambahan (equipment hut) setiap mil,yang berfungsi pick-up equipment yang akan menampung, menguatkan sinyal, dan kemudian me- retransmit-kan sinyal ke equipment selanjutnya.

11 Terdiri : 1. Jaringan telepon kabel 2. Local area network

12

13

14

15 Jaringan nirkabel (Inggris: wireless network) adalah bidang yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer dan beberapa macam peralatan telekomunikasi tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dikenal sebagai jaringan telekomunikasi, dan banyak dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit).

16 Terdiri : 1. Jaringan radio paket amatir 2. Telepon selular 3.Protokol aplikasi nirkabel (WAP) 4. Data bergerak kecepatan tinggi 5. Satelit TELKOM

17 Radio paket adalah metoda komunikasi data paket melalui media transmisi gelombang radio. Kata “Radio Paket” berasal dari bahasa Inggris “Packet Radio”. Paket radio sendiri terdiri dari dua konsep komunikasi, yaitu “Packet Switching” dan “Radio Communication”. Radio Communication adalah sistem komunikasi radio, seperti yang kita kenal selama ini. Sedangkan “Packet Switching” adalah konsep dalam komunikasi data, dimana data / file komputer yang panjang akan dikirim dalam penggalan-penggalan paket yang pendek-pendek. Paket data yang pendek ini dikirim melalui peralatan switch berupa sebuah komputer kecil yang akan mengatur berbagai hal tentang pengiriman paket-paket tersebut.

18 mekanisme panggilan suara a. suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone b. microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian dipancarkan oleh pnsel ke BTS terdekat c. sinyal tersebut diterima oleh BTS dan sinyaL tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasi d. dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada BTS terdekat kemudian diteruskan ke si penerima e. setelaH sampai kepada penerima, maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.

19

20

21

22 Terdiri : 1. Transmisi data seri dan paralel 2. Transmisi data sinkron dan tak sinkron 3. Transmisi data full duplex dan half duplex

23 “SELAMAT BELAJAR”


Download ppt "1. Sebutkan 3 elemen komunikasi data? Serta gambarkan skemanya! 2. Jelaskan apa yang dimaksud media transmisi guided dan unguided? 3. Gambarkan skema."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google