Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 7 Jaringan Komputer. Konsep Jaringan komputer adalah hubungan dua buah komputer atau lebih yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data, bagipakai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 7 Jaringan Komputer. Konsep Jaringan komputer adalah hubungan dua buah komputer atau lebih yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data, bagipakai."— Transcript presentasi:

1 Bab 7 Jaringan Komputer

2 Konsep Jaringan komputer adalah hubungan dua buah komputer atau lebih yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data, bagipakai (sharing) perangkat lunak dan keras.

3 Klasifikasi  Berdasarkan Luas Area : Local Area Network, Metropolitan Area Network dan Wide Area Network.  Berdasarkan Protokol : Close dan Open.  Berdasarkan Media Transmisi (Layer Fisik) : Berkabel dan Tanpa Kabel.

4 Berdasarkan Luas Area  Local Area Network (LAN): untuk satu lingkungan kecil misal perkantoran dan kampus. Kira-kira 100 komputer.  Metropolitan Area Network (MAN): Untuk satu kota atau distrik. Kira-kira 1000 komputer.  Wide Area Network (WAN): Berlaku di seluruh dunia.

5 Protokol Komunikasi  Protokol adalah cara 2 komputer berkomunikasi untuk membentuk jaringan komputer dan berbagi sumberdaya.  Protokol dipecah menjadi berbagai layer untuk membuat pembagian tugas. Misal ada yang membuat layer fisik dan ada yang membuat layer network dll.  Protocol yang terkenal adalah Internet untuk menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia.

6 Klasifikasi Protokol  Close: Komunikasi hanya bisa dilakukan oleh 2 sistem yang sama misal Windows Network. Sesama Windows bisa sharing file dan printer, tapi tidak dengan Linux.  Open: Komunikasi bisa dilakukan untuk semua sistem komputer, misal Internet.

7 Media Transmisi  Berkabel (Wired): Menggunakan kabel untuk megirimkan data. Misal Fiber Optik dan UTP.  Tanpa Kabel (Wireless): menggunakan media tanpa kabel untuk mengirimkan data. Misal dengan gelombang mikro dan infra red.

8 Media Transmisi Berkabel  Jenis Kabel: UTP, Koaxial dan Fiber Optik.  Topologi : Mesh, Star, Bus, Ring dan Pohon.  Perangkat Pendukung: Repeater, Bridge, Router, Gateway dan Brouter.

9 Kabel UTP pasangan kabel tembaga yang berlilitan supaya kuat. 100 MB/sec Jarak pendek sampai 100 meter Tidak mahal, mudah dalam perawatannya Terpengaruh gangguan elektronik atau suara

10 Kabel Koaxial Silinder utama dikelilingi oleh kabel- kabel lainnya 10 MB/sec Dibawah tanah, dibawah laut dengan jarak maxi 185 meter Kualitas lebih bagus dari UTP, lebih tangguh Lebih mahal dari UTP

11 Kabel Koaxial

12 Kabel Fibre optic denyut cahaya lewat semacam tabung bening dan flexible seukuran ½ kali ketebalan rambut manusia 100 MB/sec sampai 10 GB/sec Selama jarak / kecepatan dan sedikitnya gangguan lebih diutamakan daripada harganya (100 km) Sangat dapat diandalkan, tanpa terpengaruh gangguan elektronik sebab signal ditransmisikan dengan impulse cahaya Harganya termahal dibandingkan kabel sebelumnya

13 Kabel Fibre optic

14 Topologi Jaringan Kabel

15 Media Transmisi Tanpa Kabel  Gelombang Mikro.  Satelit.  Gelombang Radio.  Infra Red.


Download ppt "Bab 7 Jaringan Komputer. Konsep Jaringan komputer adalah hubungan dua buah komputer atau lebih yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data, bagipakai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google