Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN JARINGAN DASAR JARINGAN KOMPUTER Oleh: Nur Hasib.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN JARINGAN DASAR JARINGAN KOMPUTER Oleh: Nur Hasib."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN JARINGAN DASAR JARINGAN KOMPUTER Oleh: Nur Hasib

2 Mengenal Jaringan Jaringan Komputer merupakan sistem yang terdiri dari gabungan beberapa perangkat komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (Printer, CPU), berkomunikasi dan akses informasi dari berbagai tempat.antar komputer yang satu dengan komputer yang lain Salah satu contoh model jaringan komputer

3 Manfaat Jaringan Komputer 1.Berbagi sumber daya / pertukaran data 2.Mempermudah berkomunikasi / bertransaksi 3.Membantu akses informasi 4.Mampu memberikan akses informasi dengan cepat dan up-to-date

4 Jenis Jaringan Komputer Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Area 1. LAN (Local Area Network) LAN adalah suatu kumpulan komputer dimana dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat salingbertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit- unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.

5 2. MAN (Metropolitan Area Network) MAN adalah Sesuai dengan namanya maka jenis jaringan ini memberikan layanan hingga wilayah yang luas dan kemampuan transfer datapun berkecepatan sangat tinggi. Wilayah yang dapat menjadi cakupannya berkisar hingga 50 KM. MAN ini merupakan rangkaian LAN yang berukuran dan berjarak lebih besar.

6 3. WAN (Wide Area Network) WAN adalah Jenis jaringan ini memberikan layanan lebih luas lagi dibanding MAN yaitu dapat menghubungkan suatu wilayah bahkan negara lain. WAN pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa LAN yang ada di beberapa lokasi sehingga dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkannya dan device itu kita sebut router.

7 Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Media 1.Jaringan Berkabel (Wired Network) Jaringan ini mengunakan media kabel dalam menghubungkan setiap komputer dalam jaringan 2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network) Jaringan ini tidak menggunakan media kabel sebagai alat pengbungnya, tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik dalam setiap kiriman sinyal informasinya.

8 Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Topologi 1.Topologi Bus Jenis topologi bus ini menggunakan kabel tunggal, seluruh komputer saling berhubungan secara langsung hanya menggunakan satu kabel saja. Kabel yang menghubungkan jaringan ini adalah kabel koaksial dan dilekatkan menggunakan T- Connector. Untuk memaksimalkan penggunaan jaringan ini sebaiknya menggunakan kabel Fiber Optic karena kestabilan resistensi sehingga dapat mengirimkan data lebih baik.

9 2. Topologi Star Pada topologi jenis star ini, setiap komputer langsung dihubungkan menggunakan Hub, dimana fungsi dari Hub ini adalah sebagai pengatur lalu lintas seluruh komputer yang terhubung. Karena menggunakan proses pengiriman dan penerimaan informasi secara langsung inilah yang menyebabkan biaya pemasangannya juga tinggi.

10 3. Topologi Ring Jenis topologi ring ini, seluruh komputer dihubungkan menjadi satu membentuk lingkaran (ring) yang tertutup dan dibantu oleh Token, Token berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi tersebut digunakan oleh titik yang bersangkutan, jika ada maka token akan memberikan data yang diminta oleh titik jaringan dan menuju ke titik berikutnya. seluruh komputer akan menerima setiap signal informasi yang mengalir, informasi akan diterima jika memang sudah sesuai dengan alamat yang dituju, dan signal informasi akan diabaikan jika bukan merupakan alamatnya sendiri. Dengan kata lain proses ini akan berlanjut terus hingga sinyal data diterima ditujuan.

11 4. Topologi Mesh Topologi Mesh merupakan rangkaian jaringan yang saling terhubung secara mutlak dimana setiap perangkat komputer akan terhubung secara langsung ke setiap titik perangkat lainnya. Setiap titik komputer akan mempunyai titik yang siap untuk berkomunikasi secara langsung dengan titik perangkat komputer lain yang menjadi tujuannya.

12 Jaringan Komputer berdasarkan Fungsi/Kontrol 1.Client Server Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer komputer lain di dalam jaringan -client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Merupakan jaringan yang di dalamnya terdapat sebuah komputer yang menjadi server dan komputer yang lain menjadi client. Berarti bahwa terdapat pembagian kerja dalam pengelolaan data antara client dan server.Umumnya digunakan dalam jaringan besar yang mengutamakan keamanan dan keandalan seperti universitas, instansi pemerintah dan perusahaan besar.

13 2. Peer to peer Merupakan suatu jaringan di mana tiap host komputer dapat berperansebagai client maupun server. Umumnya digunakan dalam perusahaan berskala kecil dan untuk kebutuhan pribadi.

14 TERIMA KASIH


Download ppt "PENGENALAN JARINGAN DASAR JARINGAN KOMPUTER Oleh: Nur Hasib."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google