Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DASAR-DASAR JARINGAN INTERNET/INTRANET Oleh : Endra Dwi Putra.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DASAR-DASAR JARINGAN INTERNET/INTRANET Oleh : Endra Dwi Putra."— Transcript presentasi:

1 DASAR-DASAR JARINGAN INTERNET/INTRANET Oleh : Endra Dwi Putra

2 DAFTAR ISI 1. Standar Kompetensi Standar Kompetensi Standar Kompetensi 2. Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar 3. Indikator Indikator 4. Tujuan Pembelajaran Tujuan Pembelajaran Tujuan Pembelajaran 5. Pengertian Jaringan Pengertian Jaringan Pengertian Jaringan 6. Manfaat Jaringan Manfaat Jaringan Manfaat Jaringan 7. Jenis-Jenis Jaringan Jenis-Jenis Jaringan Jenis-Jenis Jaringan

3 Standar Kompetensi 1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/ intranet Daftar Isi Daftar Isi

4 Kompetensi Dasar 1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan internet/ intranet. Daftar Isi Daftar Isi

5 Indikator 1. Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet/ intranet 2. Menjelaskan peralatan jaringan. 3. Menjelaskan jenis-jenis jaringan. 4. Menjelaskan jenis-jenis topologi jaringan Daftar Isi Daftar Isi

6 Tujuan Pembelajaran Siswa diharapkan dapat :  Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet  Menjelaskan peralatan jaringan komputer  Menjelaskan jenis-jenis jaringan komputer  Menjelaskan jenis-jenis topologi jaringan komputer Daftar Isi Daftar Isi

7 Pengertian Jaringan Internet  Pengertian Jaringan Sekelompok komputer yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain sehingga dapat saling berbagi dan bertukar informasi.

8 Gambar : Komputer dan berbagai peralatan yang tersambung dalam sebuah jaringan komputer Daftar Isi Daftar Isi

9 Manfaat Jaringan A.Sharing Resource/ Berbagi Sumber Daya dan Data Dalam sebuah jaringan komputer, data dan peralatan dapat dipakai secara bersama- sama, termasuk internet.

10 B.High Reliability/Kehandalan Tinggi Dengan jaringan komputer, akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.

11 C.Menghemat waktu dan biaya Dalam jaringan komputer, satu alat dapat dipakai bersama-sama. D.Menghubungkan berbagai jenis dan merek komputer Jaringan komputer dapat menghubungkan berbagai jenis dan merek komputer.

12 E.Media komunikasi Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya Daftar Isi Daftar Isi

13 Jenis-Jenis Jaringan A.LAN (Local Area Network) Jaringan komputer dengan ruang lingkup terbatas (area lokal). 1.Berdasarkan jarak dan area kerjanya

14 Gambar : Local Area Network

15 B.MAN (Metropolitan Area Network) Pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN

16 Gambar : Metropolitan Area Network

17 C.WAN (Wide Area Network) Jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua

18 Gambar : Wide Area Network

19 2. Berdasarkan Hubungan Fungsional A.Jaringan Client Server Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan.

20 Client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. B.Jaringan Peer to Peer Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah sama.

21 3. Berdasarkan Metode Koneksi nya A.Jaringan Berkabel (Wire Network) Jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota anggota jaringan.

22 B.Jaringan Nirkabel Jaringan yang menggunakan gelombang elektromagnetik untuk koneksi antar anggota jaringannya. Daftar Isi Daftar Isi

23 Topologi Jaringan Pengertian topologi jaringan adalah s uatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan.

24 Jenis-Jenis Topologi Jaringan A. Topologi Star (Bintang) Merupakan bentuk topologi jaringan berupa percabangan (konvergensi) dari node atau titik tengah ke setiap node atau pengguna.

25 Gambar : Topologi Star

26 Keuntungan : 1. Lebih fleksibel dan tidak mudah mengalami error. 2. Pengubahan atau perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu jaringan yang lain. 3. Kontrol terpusat pada suatu node khusus yang bisa berupa server atau HUB. 4. Dapat meningkatkan unjuk kerja jaringan. 5. Memiliki bandwidth (lebar jaluran komunikasi) yang lancar karena setiap komputer mempunyai kabel tersendiri. 6. Bila terjadi gangguan pada salah satu kabel, maka workstation yang bersangkutan saja yang mengalami gangguan.

27 Kelemahan : 1. Boros kabel. 2. Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.

28 B. Topologi BUS Topologi BUS menggunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat dimana seluruh workstation dan server dihubungkan.

29 Gambar : Topologi BUS

30 Keuntungan : 1. Mudah dalam menambah workstation baru tanpa mengganggu workstation yang lain. 2. Hemat kabel karena hanya memiliki satu jalur utama. 3. Mudah di kembangkan.

31 Kelemahan : 1. Bila terjadi gangguan kabel pusat, maka seluruh jaringan dalam workstation akan terganggu. 2. Kepadatan pengiriman data menghambat kecepatan akses. 3. Sering terjadi tabrakan data dan jika salah satu node terputus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan. 4. Diperlukan repeater pada jaringan yang berjarak jauh.

32 C. Topologi Ring (Cincin) Setiap komputer akan terhubung seolah- olah membentuk lingkaran.

33 Gambar : Topologi Ring

34 Keuntungan : 1. Hemat kabel. 2. Tidak terjadi tabrakan pengiriman data. 3. Tingkat kerumitan jaringan rendah. Kelemahan 1. Jika koneksi terputus dalam dua arah, maka seluruh koneksi server akan putus. 2. Pengembangan jaringan kaku. 3. Setiap node yang terdapat dalam jaringan akan ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan.

35 Perangkat Keras Jaringan A. Modem Device yang mampu membuat terkoneksi dengan internet melalui jalur telepon standar.

36 B. Kabel Penghubung dan Konektor Peralatan yang berfungsi untuk menghubungkan server dengan workstation

37 C. NIC (Network Interface Card) atau kartu jaringan Perangkat yang menjadi media penghubung antara komputer dalam suatu jaringan.

38 D. HUB Sebuah perangkat yang menyatukan kabel- kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain.

39 E. Repeater Perangkat yang dipasang pada titik-titik tertentu dalam sebuah jaringan untuk memperkuat sinyal-sinyal yang masuk

40 F. Bridges Peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan

41 G. Reuters Perangkat yang berfungsi menghubungkan suatu LAN ke suatu internetworking (WAN) dan mengelola penyaluran lalu lintas data di dalamnya


Download ppt "DASAR-DASAR JARINGAN INTERNET/INTRANET Oleh : Endra Dwi Putra."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google