Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KD 1.2. Mendeskripsikan dasar- dasar sistem jaringan internet/intranet • Siswa dapat menggambarkan sistem jaringan intranet di sekolah • Siswa dapat menggambar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KD 1.2. Mendeskripsikan dasar- dasar sistem jaringan internet/intranet • Siswa dapat menggambarkan sistem jaringan intranet di sekolah • Siswa dapat menggambar."— Transcript presentasi:

1 KD 1.2. Mendeskripsikan dasar- dasar sistem jaringan internet/intranet • Siswa dapat menggambarkan sistem jaringan intranet di sekolah • Siswa dapat menggambar sistem jaringan internet • Siswa dapat menyebutkan macam-macam jaringan komputer • Siswa dapat menyebutkan manfaat sistem jaringan komputer

2 A. Pengertian Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung dan memungkinkan terjadinya pemakaian bersama sumberdaya dan komunikasi data secara langsung. Pemakaian bersama di kenal dengan istilah Sharing. Sumber daya yang dipakai adalah hardisk, printer, scaner, CD Room, Drive, dll. Server

3 B. Jenis-jenis jaringan komputer 1. Penggolongan jaringan berdasarkan metode distribusi data Penggolongan distribusi data terdiri dari dua macam, yaitu : - Jaringan terpusat : terdiri dari beberapa komputer yang terhubung ke komputer induk. Komputer induk berisi data dan aplikasi untuk melaksanakan semua pengolahan data.

4 - Jaringan terdistribusi : terdiri dari beberapa komputer induk yang terhubung. (Induk lebih dari satu)

5 2. Penggolongan jaringan berdasarkan hubungan fungsional komputer dalam pemrosesan data Digolongkan menjadi 2 yaitu Client Server dan peer to peer -Jaringan client server terdiri dari sebuah server atau lebih yang terhubung dengan beberapa komputer client.

6 Jaringan peer to peer terdiri dari beberapa terminal yang saling terhubung, tidak ada komputer pusat (server) yang dijadikan sentral jaringan

7 3. Penggolongan jaringan berdasarkan wilayahnya Penggolongan jaringan berdasarkan wilayahnya dibagi menjadi LAN, MAN, WAN, CAN, dan Intranet. - LAN : jaringan lokal yang wilayahnya cakupannya relatif sempit

8 - MAN : (Metropolitan Area Network) jaringan yang menghubungkan dua atau lebih LAN

9 - WAN : (Wide Area Network) jaringan komunikasi yang mencakup wilayah geografis yang luas, biasanya memanfaatkan jaringan komunikasi, misalnya saluran telepon. Contoh ATM Bank diseluruh indonesia

10 - Intranet = jaringan informasi suatu perusahaan atau organisasi, penggunaannya terbatas. Can : Campus Area Network Jaringan komputer yang menghubungkan 2 atau lebih LAN dalam wilayah tertentu. Jaringan ini dipergunakan pada kampus untuk menghubungkan berbagai bangunan dalam komplek kampus tersebut.

11 4. Penggolongan jaringan berdasarkan Metode Koneksinya : Dibedakan menjadi jaringan berkabel (Wired/ Wireline network) dan Tanpa kabel/nirkabel Wireless Network) 5. Penggolongan jaringan berdasarkan Topologinya: Topologi merupakan bentuk fisik jaringan komputer, di antaranya adalah : - Bus : Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.

12 -Star (Bintang) : Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (HUB). Bila setiap paket data yang masuk ke consentrator (HUB) kemudian di broadcast keseluruh node yang terhubung sangat banyak (misalnya memakai hub 32 port), maka kinerja jaringan akan semakin turun. Sangat mudah dikembangka. Jika salah satu ethernet card rusak, atau salah satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhhan jaringan masih tetap bisa berkomunikasi atau tidak terjadi down pada jaringan keseluruhan tersebut. Tipe kabel yang digunakan biasanya jenis UTP.

13 -Mesh : Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).

14 -Ring (Cincin) : Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time- sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak. -Node-node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran. Sangat sederhana dalam layout seperti jenis topologi bus. Paket- paket data dapat mengalir dalam satu arah (kekiri atau kekanan) sehingga collision dapat dihindarkan. Problem yang dihadapi sama dengan topologi bus, yaitu: jika salah satu node rusak maka seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut. (Node : titik simpul )

15 C. Protocol Jaringan komputer Adalah aturan main yang mengatur komunikasi beberapa komputer dalam sebuah jaringan, aturan tersebut meliputi : Cara akses jaringan, topologi fisik jaringan, tipe kabel, dan kecepatan akses. Beberapa protocl jaringan -Ethernet = protocol yang banyak dipergunakan untuk membuat jaringan LAN berkabel -Apple talk = merupakan protocol khusus diciptakan oleh perusahaan Apple Computer -Token Ring = merupakan protocol yang banyak digunakan setelah token ring, token ring memungkinkan kecepatan transmisi data 4 s/d 16 Mbps -FDDI merupakan protocol standart untuk transmisi data menggunakan serat optik pada jaringan local -ATM (Asyinchronous Transfer Mode) protocol jaringan kecepatan tinggi hingga 155 MBps, banyak digunakan oleh penyelanggara jasa internet (ISP). D. Manfaat Jaringan Komputer Dua buah komputer atau lebih membentuk suatu network (jaringan) bila dapat saling bertukar data. -Jaringan komputer memungkinkan percepatan proses berbagi data -Jaringan memungkinkan kelompok berkomunikasi dengan lebih efisien (pesan e- mail) -Jaringan komputer membantu usah melayani klien lebih efektif, akses informasi dilapangan mudah dan cepat,


Download ppt "KD 1.2. Mendeskripsikan dasar- dasar sistem jaringan internet/intranet • Siswa dapat menggambarkan sistem jaringan intranet di sekolah • Siswa dapat menggambar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google