Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi Pertemuan Ke-11. Sub Pokok Bahasan:  Konsep Jaringan  Penggolongan Jaringan Komputer  Hardware Jaringan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi Pertemuan Ke-11. Sub Pokok Bahasan:  Konsep Jaringan  Penggolongan Jaringan Komputer  Hardware Jaringan."— Transcript presentasi:

1 Materi Pertemuan Ke-11

2 Sub Pokok Bahasan:  Konsep Jaringan  Penggolongan Jaringan Komputer  Hardware Jaringan

3 Konsep Jaringan Komputer  Definisi Jaringan Komputer Kumpulan dua atau lebih komputer yang dihubungkan melalui media fisik dan software yang memfasilitasi untuk melakukan komunikasi data (berupa teks, gambar, video, dan suara).

4  Model Jaringan Komputer Sederhana : Media fisik/penghubung Komputer 1Komputer 2 Model koneksi antar komputer dapat dibedakan menjadi 2 bagian : 1.Point ti Point : koneksi yang dilakukan secara langsung antara dua komputer dengan jarak pendek maupun jauh.. 2.Multipoint : koneksi yang dilakukan dengan banyak komputer dengan pemakaian saluran secara bersama.

5  Keuntungan Penggunaan Jaringan Komputer : Dapat saling berbagi (sharing) sumber daya peralatan (devices) secara bersama, seperti hard disk, printer, modem, dan lain sebagainya tanpa harus memindahkan peralatan tersebut kepada yang membutuhkan sehingga menghemat biaya pembelian hardware Sharing penggunaan file atau data yang ada pada server atau pada masing-masing workstation sehingga mempercepat perolehan informasi Aplikasi dapat digunakan bersama-sama (multiuser) Tidak tergantung pada orang yang menyimpan data karena data tersentralisasi

6 Penggolongan Jaringan Komputer Dibedakan Menurut :  Fungsi Komputer dalam Jaringan  Jangkauan Area Jaringan  Topologi Jaringan  Media Transmisi

7  Fungsi Komputer Dalam Jaringan Client Pengguna membuat permintaan data kepada server melalui penggunaan software klien Server Digunakan untuk pemrosesan, penyimpanan, dan manajemen data. server bertugas menerima request dari klien, mengolahnya, dan mengirimkan kembali hasilnya ke klien. Server membutuhkan komputer khusus dengan spesifikasi hardware yang lebih baik dibandingkan dengan hardware untuk klien, serta OS yang berbasis jaringan.

8 Komputer Server terbagi menjadi dua :  Non Dedicated server server yang selain berfungsi sebagai server itu sendiri, juga berfungsi sebagai klien.  Dedicated Server server yang memang tugasnya hanya melakukan pelayanan.

9  Jangkauan Area Jaringan Berdasarkan luas wilayah, atau letak geografisnya, dibedakan menjadi : Local Area Network (LAN) Jaringan area terbatas, misalya satu kantor, satu gedung, jaraknya kurang lebih 10 km. Metropolitan Area Network (MAN) Dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas satu kota dengan jarak kurang lebih 80 km. Wide Area Network (WAN) Jaringan dengan jangkauan area ggeografik paling luas, antarpulau, negara, benua, bahkan bisa ke luar angkasa. Contoh terbaik dari WAN adalah Internet.

10  Topologi Jaringan Topologi Bus (linear) Menggunakan media fisik berupa kabel koaksial Digunakan untuk jaringan komputer sederhana

11 Topologi Ring (Cincin) Jaringan Bus yang ujungnya dipertemukan kembali sehingga membentuk lingkaran Topologi Star (Bintang) Setiap komputer atau perangkat lain dihubungkan kejaringan melalui sebuah Hub

12 Topologi Tree (Pohon) Perpaduan antara topologi Bus dan Star Terdiri dari kumpulan workstation dengan konfigurasi Star, yang terhubung ke kable utama dengan topologi Bus. Topologi Mesh (Web) Setiap komputer akan terhubung pada komputer-komputer lain yang tersambung.

13  Media Transmisi Kabel UTP / STP Koaksial Fiber optic Wireless I nframerah Frekuensi radio satelit

14 Hardware yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer a.l. :  Komputer Server  Klien  Hub atau Switch  NIC (Network Interface Card)  Jack RJ 45  Kabel UTP  Modem  Sambungan Telepon  Repeater Hardware Jaringan


Download ppt "Materi Pertemuan Ke-11. Sub Pokok Bahasan:  Konsep Jaringan  Penggolongan Jaringan Komputer  Hardware Jaringan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google