Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perusahaan Berjaringan. Pendahuluan  Telekomunikasi dan teknologi jaringan bekerja dengan menggunakan internet dan merevolusi bisnis dan masyarakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perusahaan Berjaringan. Pendahuluan  Telekomunikasi dan teknologi jaringan bekerja dengan menggunakan internet dan merevolusi bisnis dan masyarakat."— Transcript presentasi:

1 Perusahaan Berjaringan

2 Pendahuluan  Telekomunikasi dan teknologi jaringan bekerja dengan menggunakan internet dan merevolusi bisnis dan masyarakat.  Bisnis telah menjadi perusahaan berjaringan (networked enterprises).  Internet, web, intranet dan ekstranet membentuk jaringan proses bisnis dan karyawan secara bersamaan, dan menghubungkan mereka dengan pelanggan, pemasok dan pihak-pihak terkait lainnya.

3 Tren dalam Telekomunikasi  Definisi :  Telekomunikasi adalah pertukaran informasi dalam bentuk apa pun (suara, data, teks, gambar, audio, video) melalui jaringan berbasis komputer.

4 Tren Utama dalam Telekomunikasi Bisnis •Ke arah pemasok, pembawa,aliansi, dan jasa jaringan yang lebih kompetitif, dipercepat oleh deregulasi dan pertumbuhan internet dan world wide web. Tren Industri •Ke arah penggunaan yang lebih intensif dari internet, optik-serat digital, teknologi nirkabel untuk menciptakan kerja-internet lokal dan global yang berkecepatan tinggi untuk suara, data, gambar, audio dan video. Tren Teknologi •Ke arah penyebaran penggunaan internet, intranet perusahaan, dan ekstranet antarperusahaan untuk mendukung perdagangan dan bisnis secara elektronik, kerja sama perusahaan dan keuntungan strategis di pasar lokal dan global. Tren Aplikasi

5 Tren Industri  Industri telekomunikasi telah berubah dari monopoli yang diatur oleh pemerintah ke pasar yang telah mengalami deregulasi dengan pemasok yang bersaing ketat dalam jasa telekomunikasi.  Berbagai perusahaan menawarkan kepada perusahaan dan berbagai pilihan, e.g:jasa telepon lokal dan global, hingga saluran satelit telekomunikasi, TV kabel, jasa telepon seluler dan akses internet.  Pertumbuhan yang pesat dari internet dan world wide web telah menimbulkan berbagai produk, jasa dan penyedia telekomunikasi. Untuk menanggapi pertumbuhan ini, perusahaan-perusahaan telah meningkatkan penggunaan internet dan web untuk kerja sama dan perdagangan secara elektronik.

6 Tren Teknologi  Sistem terbuka dengan konektivitas yang tak terbatas, yang menggunakan teknologi jaringan internet sebagai dasar teknologinya, saat ini merupakan penggerak teknologi telekomunikasi yang utama.  Sistem terbuka adalah sistem informasi yang menggunakan standar umum untuk hardware, software, aplikasi dan jaringan. Sistem ini dapat diakses dengan mudah oleh pemakai akhir dan sistem komputer berjaringan.  Telekomunikasi juga mengalami revolusi melalui perubahan yang cepat dari teknologi analog ke teknologi jaringan digital.

7 Tren teknologi  Keuntungan teknologi jaringan digital : (1) kecepatan transmisi yang secara signifikan lebih besar; (2) pergerakan informasi dalam jumlah yang lebih besar; (3) ekonomi yang lebih besar, dan (4) tingkat kesalahan yang lebih rendah daripada sistem analog.  Tren utama lainnya adalah perubahan dari ketergantungan pada media berbasis kawat tembaga dan sistem penerimaan gelombang pendek berbasis tanah ke jalur serat-optik dan teknologi nirkabel

8 Tren Aplikasi Bisnis  Tren ke arah lebih banyak pemasok, jasa, teknologi internet, dan sistem terbuka, serta pertumbuhan yang sangat pesat dari internet, world wide web, serta ekstranet dan intranet perusahaan secara dramatis meningkatkan jumlah aplikasi telekomunikasi yang dapat digunakan.  Saat ini jaringan telekomunikasi memainkan peran penting dan meluas dalam proses e-business berbasis web, e-commerce, kerja sama perusahaan dan aplikasi bisnis lainnya yang mendukung tujuan strategis, manajemen, dan operasional, baik di perusahaan besar maupun di perusahaan kecil.

9 Nilai Bisnis Jaringan Telekomunikasi  Nilai bisnis apa yang diperoleh ketika perusahaan menggunakan tren telekomunikasi yang telah kita identifikasi?  Penggunaan internet, intranet, ekstranet dan jaringan telekomunikasi lainnya dapat mengurangi biaya, mempersingkat waktu pemrosesan bisnis, mendukung e-commerce, memperbaiki kerja sam kelompok kerja, mengembangkan proses operasional online, berbagai sumber daya, mengunci pelanggan dan pemasok, serta mengembangkan jasa dan produk baru.

10 Nilai Bisnis dari Aplikasi Bisnis Jaringan Telekomunikasi Kemampuan StrategisContoh E-BusinessNilai Bisnis Mengatasi halangan geografis: Menangkap informasi mengenai transaksi bisnis dari lokasi yang jauh Menggunakan internet dan ekstranet untuk mengirim pesanan pelanggan Menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik dengan mengurangi penundaan dalam pemenuhan pesanan Mengatasi halangan waktu:Menyediakan informasi ke lokasi yang jauh segera setelah diminta Otorisasi kredit pada saat penjualan Permintaan kredit dapat dilakukan dan dijawab dalam beberapa detik Mengatasi halangan biaya:Mengurangi biaya dari sarana komunikasi yang lebih tradisional Konferensi video desktop antara perusahaan dengan mitra bisnisnya Mengurangi perjalanan bisnis yang mahal Mengatasi halangan struktural:Mendukung keunggulan kompetitif Situs web e-commerce bisnis-ke-bisnis untuk transaksi dengan pemasok dan pelanggan Layanan yang cepat dan nyaman dapat mengunci pelanggan dan pemasok

11 Revolusi Internet  Internet telah menjadi jaringan yang terbesar dan terpenting dari jaringan saat ini, dan telah berevolusi menjadi jalan tol informasi global. Internet semakin meluas seiring dengan semakin banyaknya bisnis, organisasi, komputer, dan jaringan ynag bergabung dengan web global ini.  Ribuan jaringan bisnis, pendidikan, dan penelitian saat ini saling menghubungkan jutaan sistem komputer dan pemakai di lebih dari 200 negara. Contohnya pemakai internet thn 2002 : juta orang, thn 2004 : juta.  Internet tidak memiliki sistem komputer pusat atau pusat telekomunikasi, setiap pesna yang dikirim memiliki kode alamat yang unik sehingga setiap server internet dapat mengirimkannya ke tujuannya.

12 Aplikasi Internet  Aplikasi yang paling populer di internet adalah , pesan instan, menjelajah situs di world wide web (ie dan netscape navigator), dan berpartisipasi dalam news groups dan ruang bincang (chat rooms).  Situs web menawarkan informasi dan hiburan, serta transaksi e-commerce antara bisnis, pemasok dan pelanggan.  Aplikasi popular lainnya mencakup download software dan file informasi serta mengakses database yang disediakan oleh ribuan bisnis, pemerintah dan organisasi lainnya.  Pencarian informasi secara online dengan search engine : Yahoo!, Google dan Fast Search

13 Bisnis Menggunakan Internet  Aplikasi seperti kerja sama antara mitra bisnis, penyediaan dukungan pelanggan dan pemasok serta e- commerce telah menjadi penggunaan bisnis utama dari internet.  Perusahaan menggunakan teknologi internet untuk pemasaran, penjualan, dan aplikasi manajemen hubungan pelanggan, serta aplikasi bisnis lintas fungsi, dan aplikasi dalam bidang teknik, manufaktur, sumber daya dan akuntansi.

14 Nilai Bisnis dari Internet  Kebanyakan perusahaan membangun situs web e-business dan e-commerce untuk mencapai 6 nilai bisnis utama: 1. Menghasilkan pendapatan baru dari penjualan online. 2. Mengurangi biaya transaksi melalui penjualan online dan dukungan pelanggan. 3. Menarik pelanggan baru melalui iklan dan pemasaran web serta penjualan online. 4. Meningkatkan loyalitas pelanggan saat ini melalui perbaikan dukungan dan layanan pelanggan web. 5. Mengembangkan pasar baru berbasis web dan saluran distribusi untuk produk yang ada saat ini. 6. Mengembangkan produk baru berbasis informasi yang dapat diakses di web.

15 Intranet  Definisi :  Intranet adalah jaringan di dalam organisasi yang menggunakan teknologi internet (seperti server dan browser web, protokol jaringan TCP/IP, database dan publikasi dokumen hipermedia HTML dll) untuk menyediakan lingkungan yang mirip dengan internet di dalam perusahaan untuk memungkinkan saling berbagi informasi, komunikasi,kerja sama dan dukungan bagi proses bisnis.  Intranet dilindungi oleh ukuran keamanan seperti password, enkripsi dan firewall sehingga hanya dapat diakses melalui internet oleh pemakai yang memiliki otorisasi.

16 Intranet  Intranet memberikan akses yang mudah bagi karyawan untuk memperoleh informasi perusahaan.  Intranet merupakan media yang efektif untuk mengirim aplikasi mengenai informasi perusahaan seperti kebijakan,prosedur, dan bentuk SDM, direktori telepon organisasi,program pelatihan, search engines, basis data pelanggan, katalog produk dan manual kerja, groupware, bagan organisasi, berita terbaru mengenai organisasi, peringatan akan krisis serta gudang data dan akses pendukung.

17 Peran Intranet  Peran intranet antara lain: 1. Untuk memperbaiki komunikasi dan kerja sama antar individu dan tim di dalam perusahaan. 2. Untuk mempublikasikan dan berbagi informasi bisnis yang berharga dengan lebih mudah, tidak mahal, dan efektif melalui portal informasi perusahaan dan situs web intranet serta layanan intranet lainnya. 3. Untuk mengembangkan dan menyebarkan aplikasi kritis untuk mendukung operasional bisnis dan pengambilan keputusan.

18 Ekstranet  Definisi :  Ekstranet adalah hubungan jaringan yang menggunakan teknologi internet untuk saling menghubungkan intranet suatu bisnis dengan intranet pelanggannya, pemasok, dan mitra bisnis lainnya.  Perusahaan dapat menetapkan hubungan privat langsung antar mereka atau menciptakan hubungan internet yang aman antar mereka yang disebut jaringan private virtual.  Atau perusahaan dapat menggunakan internet tanpa pengaman sebagai hubungan ekstranet antara intranet perusahaan dan pelanggan serta pihak lain, namun menerapkan enkripsi untuk data yang sensitif dan sistem firewall sendiri untuk memberikan keamanan yang memadai.

19 Nilai Bisnis Ekstranet  Faktor-faktor yang mempengaruhi : 1. Teknologi browser web ekstranet membuat pelanggan dan pemasok mengakses sumber daya intranet dengan lebih mudah dan lebih cepat daripada metode bisnis yang lama. 2. Ekstranet memungkinkan perusahaan menawarkan layanan web baru yang interaktif bagi mitra bisnis mereka. Sehingga dapat diperoleh nilai bisnis dari ekstranet: 1. Cara lain dari bisnis untuk membangun dan memperkuat hubungan strategisnya dengan pelanggan dan pemasok 2. Ekstranet memfasilitasi pengembangan produk, pemasaran, dan proses berfokus pada pelanggan secara interaktif dan online, yang dapat menghasilkan produk yang dirancang dengan lebih baik dan dapat dipasarkan dengan lebih cepat.

20 Soal Diskusi Kelompok 1. Internet adalah tenaga penggerak di balik perkembangan telekomunikasi, jaringan dan teknologi informasi lainnya. Apakah anda setuju atau tidak setujua? Mengapa? 2. Bagaimana jasa dan peralatan informasi nirkabel mempengaruhi penggunaan bisnis dari internet dan web? Jelaskan! 3. Apa saja manfaat bisnis dan tantangan manajemen dari jairngan klien/server? 4. Apa nilai bisnis yang mendorong begitu banyak perusahaan untuk secara cepat menginstal dan memperluas intranet di organisasi mereka?


Download ppt "Perusahaan Berjaringan. Pendahuluan  Telekomunikasi dan teknologi jaringan bekerja dengan menggunakan internet dan merevolusi bisnis dan masyarakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google