Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-Commerce Oleh : Dian Meithasari (0810220068) Dianing Sandya (0710220068) Dandi Ramadhan (0810220062) Didin Budi C. (0810220070) Dimaz Yogi F. (0810220074)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-Commerce Oleh : Dian Meithasari (0810220068) Dianing Sandya (0710220068) Dandi Ramadhan (0810220062) Didin Budi C. (0810220070) Dimaz Yogi F. (0810220074)"— Transcript presentasi:

1 E-Commerce Oleh : Dian Meithasari ( ) Dianing Sandya ( ) Dandi Ramadhan ( ) Didin Budi C. ( ) Dimaz Yogi F. ( )

2 Tentang E- Commerce Tentang IOS Tentang Business Intelligence END

3 Tentang E-Commerce B2B Definisi Manfaat dan Kelemahan Kendala B2C

4 Definisi Transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan sistem berbasis komputer dan interface web browser. E-Commerce adalah bagian dari E-Business.

5 E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

6 Industri teknologi informasi melihat kegiatan e- dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e- bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e- pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

7 Faktor yang mendorong perusahaan menerapkan E-Commerce -Ingin mengakses pasar global -Untuk mempromosikan produk -Untuk membangun merk -Agar lebih dekat dengan pelanggan -Untuk mempercepat komunikasi dengan pelanggan -Untuk lebih memuaskan pelanggan

8 Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce * dan Messaging * Content Management Systems * Dokumen, spreadsheet, database * Akunting dan sistem keuangan * Informasi pengiriman dan pemesanan

9 * Pelaporan informasi dari klien dan enterprise * Sistem pembayaran domestik dan internasional * Newsgroup * On-line Shopping * Conferencing * Online Banking

10 B2B B2B merupakan transaksi antar dua bisnis di mana keduanya bukan merupakan konsumen akhir.

11 Transaksi B2B relatif tidak melibatkan banyak orang. Jumlah transaksi B2B relatif kecil, tetapi melibatkan nilai uang yang sangat tinggi.

12 B2C B2C merupakan transaksi yang dilakukan antara suatu bisnis dengan konsumen akhir dari suatu produk.

13 Situs suatu perusahaan harus dilengkapi instruksi – instruksi yang jelas sehingga dapat membantu konsumen, karena tidak semua konsumen memiliki keahlian teknologi informasi. Dalam B2C diperlukan adanya pengaturan sistem pembayaran.

14 Ada 2 alasan mengapa strategi bisnis B2C harus tetap dipahami walaupun nilai uang yang dihasilkan B2C jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan B2B. Pertama, sudah lebih banyak produk dan pelayanan yang tersedia secara digital. Kedua, makin banyak konsumen yang merasa yakin untuk melakukan pembelian melalui web.

15 Macam – macam strategi B2C dalam E-Commerce Hybrid sales VS Virtual sales Produk FisikProduk Digital

16 Manfaat Peningkatan pelayanan kepada pelanggan sebelum, selama, dan sesudah transaksi. Peningkatan hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan. Peningkatan keuntungan bagi para pemegang saham dan pemilik investasi.

17 Manfaat E-Commerce lainnya -Revenue stream baru -Market exposure, melebarkan jangkauan -Menurunkan biaya -Memperpendek waktu product cycle -Meningkatkan customer loyality -Meningkatkan value chain -Kepuasan konsumen -Keunggulan bersaing

18 Kelemahan · isu security · rawan tindakan kriminal · ketidaksesuaian produk · no cash payment · belum ada kepastian hukum · masalah kultural

19 Kendala Biaya tinggi Ketidaktersediaan software Masalah keamanan

20 Kendala E-Commerce lainnya -Internet bust -Infrastruktur telekomunikasi -Delivery channel -Kultur dan kepercayaan -Security -Munculnya kejahatan baru -Ketidakjelasan hukum

21 Tentang Business Intelligence Definisi Database Eksternal Search Engine

22 Definisi BI adalah aktivitas pengumpulan informasi tentang elemen – elemen lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.

23 Database Eksternal Database eksternal menyediakan informasi tentang berbagai subjek secara virtual. Mengakses database eksternal sifatnya lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan mencoba meneliti sumber informasi yang luas.

24 Search Engine Program komputer khusus yang meminta pengguna menuliskan satu atau sekelompok kata yang ingin ditemukan, kemudian mencari isi situs web pada internet untuk melihat apa kata atau kelompok kata tadi ada di situs web tersebut

25 Tentang IOS EkstranetEDIEFT DefinisiManfaat Mitra bisnis

26 Definisi Hubungan antarperusahaan secara elektronik sehingga perusahaan – perusahaan tersebut dapat bekerja sama seperti unit yang terkoordinasi untuk mendapatkan keuntungan yang tidak dapat dicapai sendiri.

27 Manfaat Efisiensi komparatif Kekuatan tawar - menawar

28 Efisiensi komparatif Efisiensi internal Efisiensi antar organisasi

29 Kekuatan tawar - menawar Peningkatan biaya perpindahan Penurunan biaya pencarian Keistimewaan produk

30 Manfaat tidak langsung Mengurangi kesalahan Mengurangi biaya Meningkatkan efisiensi operasional

31 Meningkatkan kemampuan bersaing Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang Meningkatkan pelayanan terhadap konsumen

32 EDI EDI adalah transmisi data dalam format yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari satu komputer ke komputer lain dalam beberapa perusahaan.

33 Ekstranet Ekstranet mengizinkan pemakaian bersama informasi – informasi penting berbasis komputer dengan perusahaan lain, dengan memanfaatkan teknologi informasi yang biasa diasosiasikan dengan internet.

34 EFT EFT adalah data yang menyangkut uang yang ditransmisikan melalui jaringan komputer.

35 Mitra Bisnis Perusahaan – perusahaan yang berpartisipasi dalam IOS dinamakan mitra bisnis. Selain itu dapat juga disebut dengan partner dagang, partner bisnis, atau aliansi bisnis.

36 Dalam menggunakan IOS, ada 2 pendekatan yang biasa dilakukan perusahaan, yaitu pendekatan proaktif dan reaktif.

37 4 faktor yang mempengaruhi apakah perusahaan akan bersikap proaktif atau reaktif Tekanan persaingan Penerapan kekuasaan Kebutuhan intern Dukungan manajemen puncak


Download ppt "E-Commerce Oleh : Dian Meithasari (0810220068) Dianing Sandya (0710220068) Dandi Ramadhan (0810220062) Didin Budi C. (0810220070) Dimaz Yogi F. (0810220074)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google